7 Jenis Bunga Keladi Mahal untuk Peluang Usaha Tanaman Hias Kekinian

Sharing is caring!

Jenis Bunga Keladi Mahal ~ Tanaman bunga keladi atau caladium memang sedang naik daun dan harganya sangat mahal. Beberapa jenis ada yang harganya mencapai jutaan sehingga akan menjadi usaha yang sangat menjanjikan.

BisnisHandal.com, Tanaman keladi adalah tanaman tropis yang berasal dari genus caladium atau suku talas-talasan.

Tanaman ini tumbuh dengan baik pada habitat iklim tropis dengan kelembaban sedang hingga tinggi. Ciri khas tanaman ini adalah daunnya yang berbentuk seperti jantung dan memiliki akar umbi.

Sebetulnya keladi mulai dilirik sebagai tanaman hias sejak akhir abad ke-18 oleh masyarakat Eropa yang kebetulan singgah ke daerah beriklim tropis.

Beberapa jenis tanaman keladi juga memang sudah menjadi tanaman hias sejak dulu di Indonesia. Akan tetapi, dari dulu tanaman keladi atau caladium memang tidak begitu dilirik. Harganya juga sangat murah.

Popularitas tanaman keladi ini sebagai bunga hias baru melonjak drastis sejak pertengahan hingga menjelang akhir tahun 2020.

Hingga pada saat artikel ini dibuat, popularitas keladi atau caladium sebagai tanaman hias masih terus melonjak di Indonesia. Ada yang jenis caladium yang dihargai ratusan ribu rupiah per daunnya, bahkan ada yang seharga Rp 4 jutaan per pohonnya.

Dengan harganya yang sangat tinggi ini, tanaman keladi sangat layak untuk anda pertimbangkan sebagai ide bisnis kreatif dan unik yang sangat menguntungkan.

Lalu seperti apakah jenis atau varietas bunga keladi yang harganya mahal di Indonesia?

7 Jenis Bunga Keladi atau Caladium Mahal untuk Ide Usaha yang Menjanjikan Saat Ini

Berikut ini adalah beberapa jenis varietas bunga keladi yang harganya sangat mahal dan cocok untuk anda jadikan bisnis budidaya unik yang menguntungkan.

1. Keladi Hibrida/Hybrid Caladium  (Rp 4,3 Juta)

bunga keladi paling mahal

Bunga keladi hibrida atau hybrid caladium ini adalah jenis caladium yang sangat mahal karena merupakan hasil kawin silang dengan beberapa jenis caladium langka.

Keladi hibrida memiliki daun berwarna hijau cerah dan agak mengkilap dengan ujung daun yang mengerucut dan pangkalnya seperti kuping.

Untuk satu potnya, keladi hibrida bisa dihargai senilai Rp 4,3 jutaan rupiah dan menjadikannya sebagai bunga keladi paling mahal yang pernah dijual di online shop.

2. Keladi Red Kujang (Rp 950 ribu – Rp 3 Juta)

harga bunga keladi termahal

Sesuai dengan namanya, jenis bunga keladi mahal ini memang berbentuk persis seperti senjata kujang dari Jawa Barat.

Warnanya yang merah cerah semakin menambah daya tarik jenis buga keladi merah ini dan menjadikannya tampak elegan dan tidak biasa.

Berbeda dengan jenis caladium lain yang tangkai daunnya kurus, caladium jenis red kujang memiliki tangkai daun yang kokoh dengan daun yang tebal dan memiliki daun ganda.

Harga untuk caladium red kujang ini adalah berkisar antara Rp 950 ribu hingga Rp 3 Jutaan.

Baca: 7 Rekomendasi Usaha Unik di Desa yang Potensial dan Menjanjikan

3. Keladi Thailand (Rp 1 juta)

macam macam bunga keladi dan gambarnya

Salah satu jenis bunga keladi mahal berikutnya adalah keladi Thailand. Sesuai dengan namanya, jenis caladium ini memang merupakan produk impor dari Thailand.

Di Thailand sendiri, jenis keladi ini biasa disebut sebagai bon see atau Thai beauty. Julukan lain untuk tanaman hias yang cukup langka dan mahal ini adalah Angel Wings atau sayap malaikat.

Pemberian nama Angel Wings ini adalah karena bentuknya yang lebih menyerupai sayap alih-alaih menyerupai jantung seperti jenis caladium lainnya.

Warnanya yang merah menyala dengan aksen putih dan pink semakin menambah kesan elegan dari caladium yang dibanderol hingga Rp 1 juta ke atas ini.

4. Keladi Minyak/Red Stardust (Rp 100 ribu – Rp 750 ribu)

jenis bunga keladi merah

Keladi minyak atau red stardust memiliki karakteristik berwarna merah dengan daunnya yang mengkilap persis seperti terlapisi oleh minyak atau lilin.

Selain mengkilap, daun caladium red stardust berbentuk lebar seperti lambang cinta atau jantung yang sempurna sehingga menjadikannya tampak mahal.

Dengan bentuknya yang indah, harga bunga keladi merah satu ini adalah berkisar dari Rp 100 ribu hingga Rp 750 ribu sesuai dengan ukuran dan jumlah tangkai daun.

5. Keladi Tengkorak Silver (Rp 150 ribu – Rp 450 ribu)

tanaman hias langka dan mahal

Keladi tengkorak adalah salah satu enis caladium yang memiliki bentuk bentuk dan visual yang cukup berbeda dan unik dari caladium jenis lain.

Jenis keladi tengkorak memiliki warna yang sangat kontras antara helai daun dengan tulang daunnya sehingga menjadikannya mikip seperti tengkorak atau tulang. Bentuk daunya sendiri juga cukup berbeda dari caladium lain karena cenderung lonjong.

Jenis keladi tengkorak yang paling mahal adalah keladi tengkorak silver yang memiliki tulang daun berwarna hijau tua dengan helai daun berwarna putih silver.

Karena keunikannya ini, keladi tengkorak silver ini dibanderol dengan harga dari Rp 150 ribu hingga Rp 450 ribu.

6. Keladi Wayang (Rp 40 ribu – Rp 500 ribu)

keladi mahal 2020

Dinamakan keladi wayang karena jenis bunga keladi mahal ini memang berbentuk seperti kayon atau gunungan pada wayang kulit.

Daun keladi wayang ini terdiri dari 2 jenis warna, yaitu merah dan hijau yang menyatu dengan pola yang simetris. Semakin cantik perpaduan warna yang muncul dari keladi wayang, maka semakin tinggi pula harganya.

Untuk harga keladi wayang ini adalah berkisar dari Rp 40 ribu ketika masih anakan dan untuk pot yang besarnya bisa mencapai Rp 500 ribu sesuai dengan corak daunnya.

7. Keladi Baret (Rp 100 ribu – Rp 300 ribu)

harga bunga keladi merah

Jika keladi wayang memiliki campuran antara warna hijau dan merah yang sangat simetris, maka keladi baret ini memiliki perpaduan warna hijau dan merah yang tidak beraturan.

Akan tetapi, justru perpauan antara warna hijau dan merah yang tidak beraturan ini menjadikan keladi baret menjadi unik dan rustic.

Semakin cerah warna merah dan semakin unik campurannya dengan warna hijau pada keladi baret, maka harganya juga semakin tinggi.

Satu pot keladi baret bisa dijual seharga Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu tergantung warna dan ukurannya.

Baca: 15 Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa yang Menjanjikan

Dengan harga jualnya tinggl dan mudah dalam pengembangbiakkan, maka tanaman keladi hias atau caladium sangat cocok untuk ide bisnis anda. Apalagi bisa menjadi usaha sampingan ketika waktu senggang. [BH/CS]

Tinggalkan komentar