Jualan Makanan Apa yang Laris Setiap Hari? Berikut Jawabannya!

Sharing is caring!

Jualan Makanan Apa yang Laris ~ Jualan makanan apa yang laris setiap hari? Berikut ini adalah 20 makanan terlaris yang cocok untuk anda yang baru memulai usaha jualan makanan.

Tidak bisa dipungkiri, bisnis kuliner masih menjadi salah satu usaha yang banyak diminati karena potensi suksesnya yang sangat tinggi. Apalagi kalau bisa memilih jenis kuliner yang tepat untuk usaha, bukan tidak mungkin usaha anda akan langsung melejit seketika seperti yang sudah dialami banyak pengusaha kuliner sukses saat ini.

Meskipun saat ini usaha kuliner atau berjualan makanan sudah sangat tinggi persaingannya, namun jika kita bisa memilih jenis makanan yang tepat untuk dijual, dengan strategi pemasaran yang baik, dan passion yang tinggi, bukan tidak mungkin usaha tersebut akan cepat sukses.

Lalu seperti apa jenus usaha kuliner yang tepat untuk saat ini? Anda bisa memulainya dengan jualan makanan yang laris setiap harinya. Dengan demikian potensi kerugian dari usaha ini juga rendah dan pastinya perputaran uang akan jadi cepat sehingga potensi suksesnya juga tinggi.

Jualan Makanan Apa yang Laris Setiap Hari?

Berikut ini adalah 20 makanan yang laris setiap hari untuk ide jualan makanan anda.

1. Jualan Aneka Gorengan

makanan paling laris untuk dijual

Jika anda bertanya jualan makanan apa yang laris di kaki lima? Gorengan bisa jadi masuk dalam daftar teratas.

Siapa yang bisa menolak sepiring gorengan renyah dengan ditemani oleh segelas kopi hangat pada sore hari?

Ya, gorengan sudah menjadi salah satu makanan paling laris untuk dijual dan sangat mudah ditemukan di berbagai sudut jalan yang ada di kota hingga luar kota.

Dengan modal yang tidak begitu besar (Rp. 1 hingga 3 juta), anda sudah bisa memiliki gerobak gorengan dan peralatan masak untuk memulai usaha satu ini.

Beberapa macam gorengan yang bisa dijual antara lain, tempe goreng, bakwan, tahu isi, cireng, risolles, singkong goreng, pisang goreng, combro, dan masih banyak lagi.

2. Jualan Roti Bakar

jualan yang laku setiap hari

Roti bakar dengan aneka toping yang menggugah selera juga menjadi makanan laris yang patut anda masukkan ke dalam daftar jualan makanan yang laris.

Untuk memulai usaha ini anda perlu mempersiapkan gerobak dan peralatan roti bakar dengan kisaran modal Rp 2 hingga 4 juta.

Untuk roti bakarnya sendiri anda perlu menyajikan dengan ane rasa pada toppingnya untuk menarik minat para pembeli, mulai dari susu, coklat butir, keju, aneka macam selai, choco chips dan sebagainya.

Jangan lupa juga untuk mencari lokasi strategis yang kira-kira banyak dilalui orang namun lumayan jauh dari usaha sejenis.

Asalkan anda bisa menemukan lokasi yang bagus dan membuatnya dengan rasa yang enak, roti bakar bisa menjadi salah satu menu jualan yang laku setiap hari dan sangat menguntungkan pada saat ini.

3. Jualan Tahu Bulat

resep jajanan 1000an untuk jualan

Jualan makanan apa yang laris saat ini? Jangan lupakan dengan tahu bulat digoreng dadakan satu ini.

Usaha satu ini laris manis berkat strategi penjualannya yang tidak biasa.

Jika pada umumnya pedangan kaki lima cenderung berdiri di satu tempat menunggu pelanggan yang datang, penjual tahu bulat justru mendatangi pembeli dengan menggunakan mobil bak terbuka.

Belum lagi teriakan pedagang yang menggunakan pengeras suara menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli makanan kekinian yang mudah dibuat dengan modal kecil satu ini. Pastinya akan laris manis.

4. Jualan Makanan Seblak

usaha makanan ringan serba 2000

Makanan khas asal Bandung satu ini kini menjadi salah satu makanan paling laris untuk dijual di Indonesia karena rasanya yang enak dan sukses membuat lidah bergoyang.

Bukan hanya itu, dari semula seblak hanya menjadi jajanan kaki lima, kini juga bisa dijumpai bahkan di restoran mewah dan sudah menjangkau semua lapisan masyarakat.

Varian seblak sendiri dari yang awalnya simple seperti seblak Jawa Barat pada umumnya, saat ini sudah dimodifikasi dengan banyak varian. Ada seblak yang berisi tambahan ceker, makaroni, jeroan hingga seafood dengan berbagai pilihan level pedas yang bisa disesuaikan dengan keinginan pelanggan.

Anda yang sedang mencari inspirasi jualan makanan apa yang laris tidak perlu ragu untuk berinvestasi di usaha kuliner yang satu ini.

5. Jualan Banana Nugget

usaha makanan unik dan kreatif

Pisang adalah buah yang sangat disukai oleh sebagian besar masyarakat karena rasanya yang enak dan kaya akan gizi.

Pisang juga mudah untuk diolah menjadi berbagai aneka makanan, salah satunya adalah pisang goreng.

Kini seiring dengan perkembangan zaman, olahan pisang goreng telah banyak mengalami perkembangan, misalnya banana nugget yang sangat disukai karena teksturnya yang krispi dann lembut di dalam dengan berbagai topping manis yang khas.

Dengan tambahan berbagai topping tersebut, makanan kekinian yang mudah dibuat ini bisa dijual dengan harga yang jauh lebih tinggi daripada pisang goreng biasa.

Jika bertanya jualan makanan apa yang laris untuk saat ini, tidak ada salahnya anda mencoba jualan banana nugget.

6. Jualan Martabak Manis Aneka Rasa

makanan kekinian yang mudah dibuat

Martabak manis atau martabak terang bulan sudah dikenal selama puluhan tahun dan menjadi jajanan favorit street food di Indonesia hingga saat ini.

Awalnya martabak manis dibuat dengan tambahan topping seperti kacang tanah, coklat meises dan keju.

Kini seiring berjalannya waktu, anda bisa menikmati banyak sekali rasa lain dalam seporsi martabak seperti selai kacang, nutella, ovomaltine, green tea, oreo, dan masih banyak lagi rasa lain.

Untuk memulai usaha ini, anda harus mempertimbangkan tempat usaha dan ketersediaan modal.

Karena usaha satu ini cukup fleksibel, anda bisa menjualnya di gerai sendiri ataupun di pinggir jalan tentunya dengan pertimbangan modal usaha.

7. Jualan Siomay

jualan makanan online

Jajanan kaki lima satu ini sangat cocok untuk melengkapi daftar salah satu ide makanan paling laris untuk dijual saat ini..

Kelezatan seporsi siomay ikan dengan tambahan sayur kol, kentang, telur dan pare yang disiram dengan kuah kacang yang lezat yang disukai semua kalangan bisa menjadi salah satu inspirasi usaha anda.

Usaha satu ini juga tidak memerlukan modal usaha yang relatif besar. Hanya dengan modal Rp 2 juta hingga Rp 5 juta anda sudah bisa mendapatkan gerobak dan peralatan masak untuk memulai usaha satu ini.

Anda bisa menjajakan siomay di area perkantoran, pasar, sekolah, kampus atau komplek perumahan yang padat penduduk.

8. Jualan Bakso

contoh usaha makanan ringan unik

Jualan makanan apa yang laris saat ini? Jangan lupa untuk memasukkan bakso ke dalam daftar. Karena bakso adalah makanan favorit sepanjang zaman yang bakal terus ada meskipun sudah banyak bermunculan jenis makanan baru yang lebih hits.

Bakso juga merupakan makanan yang bisa mejangkau semua lapisan masyarakat, mulai dari bakso di gerobak kaki lima sampai restoran mewah yang ada di kawasan elit.

Saat ini bakso juga telah berkembang jadi banyak sekali varian yang bisa dijadikan inspirasi bisnis anda. Ada bakso beranak yang isinya bakso-bakso kecil di dalamnya, bakso isi cabe, bakso yang ukurannya sebesar mangkok dan masih banyak varian bakso lain yang bisa jadi keunikan sendiri untuk menarik konsumen.

9. Jualan Mie Ayam

jualan apa yang laku di kampung

Serupa dengan bakso, mie ayam juga merupakan makanan favorit sepanjang zaman yang belum tergeser dengan banyaknya perkembangan varian makanan saat ini.

Usaha satu ini cocok dijalankan dimana saja, mulai dari gerobak kaki lima, food court di mall, hingga restoran. Jadi jika anda ingin mencoba bisnis satu ini, jangan lupa untuk survei lokasi terlebih dahulu yang tentunya disesuaikan dengan besarnya modal yang ingin anda investasikan.

Saat ini sudah tersedia banyak sekali varian mie ayam enak yang bisa anda pilih untuk memulai usaha. Jika sudah ada banyak usaha sejenis, cobalah untuk berkreasi menciptakan varian mie ayam baru yang unik dan menarik.

10. Jualan Makanan Pempek Palembang

makanan kreatif dan inovatif

Awalnya pempek adalah makanan khas dari Palembang, Sumatera Selatan. Namu karena kelezatan rasanya yang mengundang selera, kini pempek sudah tersedia di berbagai daerah di Indonesia dan menjadi jajanan favorit hingga saat ini.

Selain pertimbangan akan modal dan tempat usaha, kualitas makanan yang anda sajikan juga merupakan hal terpenting dalam usaha satu ini.

Saat ini tersedia banyak sekali varian pempek di pasaran yang bisa menjadi inspirasi usaha anda seperti pempek lenjer, sapal selam, adaan, kulit, pistel, keriting dan panggang.

Selain menjadi ide jualan yang laku setiap hari, pempek juga mudah dibuat dengan modal yang tidak terlalu besar dan

11. Jualan Makanan Nasi Goreng

bisnis makanan yang menguntungkan

Nasi goreng tidak boleh keluar dari daftar jika anda mencari jualan makanan apa yang laris. Makanan satu ini telah menjadi hidangan utama terlaris di semua kalangan masyarakat, bahkan sangat disukai oleh mantan Presiden Obama.

Varian nasi goreng sendiri ada banyak sekali tergantung bahan pelengkap yang digunakan untuk membuat hidangan ini, mulai dari ayam, seafood, bakso, ikan asin, sayuran, hingga keju bisa menjadi pilihan menarik untuk usaha ini.

Bisnis jualan nasi goreng juga bisa dilakukan dimana saja, mulai dari kaki lima hingga restoran besar. Atau anda juga bisa memasarkan usaha ini secara online khusus pembeli yang berada di sekitar tempat anda.

Nasi goreng adalah bisnis yang fleksibel dan pastinya banyak dicari orang.

12. Jualan Aneka Jajanan Pasar

usaha makanan rumahan

Aneka jajanan pasar menjadi makanan sarapan favorit sebagian masyarakat Indonesia karena murah dan mudah ditemukan. Sebut saja kue putu ayu, klepon, onde-onde, lemper, dadar gulung, nagasari, talam, cucur, lapis, arem-arem, bikang, wajik, bika ambon, bolu, getuk dan masih banyak lagi varian kue lain yang banyak diburu orang setiap paginya.

Jika ingin usaha menjual aneka jajanan pasar, anda bisa melakukannya dengan 2 cara, yaitu membuat sendiri atau menerima titipan kue.

Jika anda memilih membuat sendiri kue yang akan dijual, biasanya keuntungan akan lebih besar, namun waktu produksinya juga tidak sebentar. Karena paling tidak anda harus membuat banyak varian kue yang akan diperdagangkan.

Lain halnya jika anda menerima titipan kue. Meskipun keuntungan anda kecil, namun anda tidak perlu membuat sendiri kuenya dan yang paling penting resiko kerugian juga hampir tidak ada karena kue yang tidak laku akan ditanggung oleh penitip.

13. Jualan Bubur Ayam

jualan yang laku setiap hari

Selain aneka jajanan pasar, bubur ayam juga menjadi menu wajib sarapan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Usaha satu ini juga memiliki prospek yang cukup menguntungkan karena modal usahanya yang relatif kecil dan keuntungan yang lumayan banyak apalagi jika usaha anda nantinya sudah didatangi banyak pembeli.

Untuk tahap awal usaha, anda perlu gerobak bubur dan aneka perlengkapan masak dengan modal berkisar antara 2 hingga 5 juta rupiah.

Selanjutnya anda tinggal menentukan mau berdagang bubur di daerah mana. Biasanya pedagang bubur, baik itu di jalanan, dekat pasar, daerah perumahan atau dekat sekolah selalu saja kebanjiran pelanggan asalkan tidak terlalu berdekatan dengan penjual yang sama.

14. Jualan Makanan Nasi Uduk

jajanan buka puasa paling laris

Melengkapi daftar jualan makanan apa yang laris, nasi uduk juga perlu diperhitungkan.

Sepiring nasi gurih dengan tambahan bihun, tempe orek, telur, ayam dan sebagainya bisa menjadi pihilan sarapan pagi yang sangat lezat untuk memulai aktivitas seharian.

Tidak heran jika tukang nasi uduk begitu diburu oleh pembeli terutama pada pagi hari.

Modal untuk usaha ini juga tidak terlalu besar. Jika anda memilih menjual nasi uduk dengan menggunakan gerobak, anda cukup mengeluarkan modal 3 hingga 5 juta rupiah untuk membeli gerobak dan perlengkapan masak.

Untuk jumlah porsi yang dijual nantinya bisa disesuaikan dari seberapa banyak pelanggan yang akan datang untuk membeli nasi uduk di tempat anda.

Dan hal lain yang perlu mendapat perhatian adalah kualitas manakanan yang anda sajikan, baik itu dari segi kebersihan maupun kualitas rasanya.

15. Jualan Makanan Pecel Lele/Ayam

makanan paling laris untuk dijual

Warung pecel lele dan ayam yang ada di pinggir jalan juga termasuk makanan laris terutama di malam hari yang tidak pernah sepi dari pengunjung.

Menu seperti lele atau ayam yang digoreng garing dengan aneka lalapan dan sambal pedas yang ditemani sepiring nasi hangat menjadi hidangan yang banyak dicari orang pada setiap malam.

Jadi tidak heran kalau warung pecel lele tidak pernah sepi dari pengunjung.

Usaha satu ini termasuk salah satu bisnis yang cukup memberikan keuntungan. Karena modal yang dikeluarkan untuk bisnis ini lumayan kecil dan keuntungan yang didapat bisa berlipat ganda jika dagangannya habis terjual.

16. Jualan Makanan Sate

jualan yang laku setiap hari

Sate adalah salah satu makanan terenak di dunia versi CNN. Jadi tidak mengherankan kalau makanan satu ini sangat disukai oleh berbagai macam masyarakat dari berbagai kalangan.

Bahkan sate juga menjadi salah satu makanan yang paling banyak diincar oleh para wisatawan.

Untuk memulai bisnis warung sate, terlebih dahulu anda harus mempertimbangkan lokasi dan ketersediaan modal. Pada dasarnya berjualan sate bisa di mana saja dan tempatnya juga fleksibel.

Mulai dari gerobak kaki lima hingga restoran di hotel berbintang kita bisa menjual sate. Ini berarti anda mau membuka usaha warung sate sebesar mana itu bisa saja tergantung pada modal yang tersedia.

Sate pada saat ini juga bisa ditemui dalam banyak varian. Untuk bahan dasarnya sekarang tidak hanya sapi, kambing dan ayam saja, namun daging yang tidak umum seperti ular, buaya, kelinci, kuda, dan kerbau juga sudah dijual sebagai sate.

Sate bisa anda sajikan dengan menggunakan saos kacang yang manis dan gurih. Namun saat ini sate taichan yang polos juga mulai banyak dicari orang.

17. Jualan Jus Buah

resep jajanan 1000an untuk jualan

Segelas jus dingin di siang hari yang panas bisa menjadi pilihan minuman yang terbaik bagi kebanyakan orang. Selain harganya yang pas di kantong, segelas jus juga kaya akan vitamin dan kalori yang diperlukan oleh tubuh.

Modal yang dikeluarkan untuk usaha ini terhitung relatif murah, yaitu Rp 1 juta hingga Rp 4 juta untuk membeli gerobak dan blender. Jika anda sulit mendapatkan buah-buahan segar setiap harinya, anda perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk mebeli kulkas atau freezer.

Usahakan buah-buahan yang anda gunakan untuk membuat jus adalah buah-buahan yang masih segar. Jus yang enak dengan kualitas baik akan membuat usaha satu ini semakin maju dan berkembang.

18. Jualan Makanan Mie Instan

Jajanan Populer untuk Usaha

Mie instan sudah menjadi makanan sejuta umat sampai ada yang mengatakan bahwa mie instan adalah penyelamat anak kos di akhir bulan.

Rasa yang enak dan harga yang murah menjadikan mie instan sebagai favorit banyak orang. Bahkan saat ini sudah banyak sekali warung yang khusus menjual mie instan kepada pelanggan.

Banyaknya warung mie instan tidak lain adalah karena anggapan bahwa mie instan yang dijual di warung rasanya lebih enak daripada yang dibuat sendiri di rumah.

Warung makan yang menyediakan mie instan juta menambahkan topping berupa sayuran, telur, ayam, bakso, dan sebagainya ke dalam mie.

Bahkan sekarang banyak sekali warung makan yang mengolah mie instan dengan sajian yang unik, seperti mie instan dengan cabe melimpah, burger mie instan, indomie donat, dan sebagainya.

Membuka warung mie instan sebagai usaha? Mengapa t idak?

19. Jualan Makanan Ayam Geprek

usaha makanan unik dan kreatif

Bermula dari coba-coba siapa sangka ayam goreng tepung yang digeprek di atas sambal cobek ala tradisional malah banyak digemari berbagai kalangan. Apalagi jika disajikan dengan sepiring nasi hangat.

Usaha satu ini memang lagi naik daun. Bahkan artis Ruben Onsu sekarang menjadi pebisnis yang cukup sukses berkat  usaha jualan ayam geprek ini.

Untuk memulai usaha satu ini sebetulnya tidak membutuhkan modal yang besar karena untuk tahap awal anda bisa berjualan dengan gerobak kaki lima dulu.

Modal yang anda keluarkan adalah berkisar antara Rp. 3 juta hingga Rp. 5 juta untuk membeli segala perlengkapan masak dan gerobak yang dibutuhkan untuk bisnis ini.

Namun jika anda yakin akan usaha ini dan kebetulan di daerah anda belum terdapat pesaing, anda juga bisa memulai bisnis ini dari warung makan atau restoran, yang tentunya membutuhkan modal sedikit lebih besar.

20. Jualan Nasi Padang

makanan kekinian yang mudah dibuat

Masih seputar topik jualan makanan apa yang laris. Jika anda kebetulan keturunan Minang atau bisa memasak makanan Padang, tidak ada salahnya mencoba usaha satu ini.

Masakan Padang adalah makanan paling laris untuk dijual kendati pada saat ini banyak sekali bermunculan warung makan di setiap sudut jalan.

Meskipun menu yang disajikan oleh warung makan Padang terkadang sama antara warung makan satu dengan yang lainnya, namun tetap saja selalu ada pembeli yang singgah ke warung makan Padang.

Masakan seperti rendang, ayam goreng, ayam bakar, gulai, kalio, balado, dan sebagainya yang dipadukan dengan sayuran seperti daun singkong dan nangka dengan sambal yang khas menjadi ciri khas masakan Padang yang selalu dicari pelanggan.

Baca Juga:

Demikianlah tadi 20 jenis makanan yang laris setiap hari dan cocok untuk anda yang baru memulai usaha di bidang kuliner. Semoga salah satunya bisa dijadikan inspirasi usaha anda. [BH/HT]

Tinggalkan komentar