8 Ide Jualan Makanan dengan Modal 20 Ribu Saja, Bisa Bikin Sukses?

Sharing is caring!

Jualan Makanan dengan Modal 20 Ribu ~ Uang Rp 20 ribu saat sekarang paling hanya cukup untuk beli camilan atau isi bensin. Mungkinkah bisa dijadikan modal dagang makanan?

BisnisHandal.com, Salah satu jenis usaha yang cukup diminati adalah usaha kuliner atau bisnis jualan makanan. Usaha ini kian menjadi primadona lantaran tidak hanya modal yang dibutuhkan cukup kecil. Tetapi dengan ide dan eksekusi yang baik, usaha jualanan makanan bisa memberikan keuntungan yang cukup besar.

Meski demikian, selain pemilihan usaha yang tepat dan keberadaan lokasi usaha yang strategis, yang jadi pertimbangan utamanya adalah modal usaha. Banyak sekali orang yang akhirnya urung terjun ke bisnis makanan hanya karena keterbatasan modal.

Benarkan usaha makanan harus membutuhkan modal yang berjuta-juta rupiah? Ataukah ada usaha makanan yang bisa dijalankan dengan modal yang sangat kecil, misalnya dengan modal Rp 20 ribuan.

8 Ide Jualan Makanan dengan Modal 20 Ribu, Untung Besar dan Anti Gagal

Berikut ini adalah beberapa ide jualan makanan yang pasti laris dan diminati dengan modal hanya Rp 20 ribuan saja.

1. Jualan Makanan Ringan Keripik Bayam

Ide jualan makanan dengan modal 20 ribu rupiah pertama yang bisa dicoba adalah jualan keripik bayam.

jualan makanan apa yang laris

Sayur bayam bisa anda dapatkan di pasar-pasar terdekat dengan harga yang sangat terjangkau. Hanya dengan modal Rp 5 – 7 ribu saja anda sudah bisa mendapatkan beberapa ikat bayam yang cukup untuk dibuat keripik.

Kemudian sisa uangnya bisa anda belikan tepung, bumbu-bumbu, dan minyak goreng. Jadi tidak sampai Rp 20 ribu anda sudah bisa membuat keripik bayam yang siap untuk anda jual sendiri atau dititipkan di warung.

Dengan rasanya yang lezat dan harganya yang murah meriah, keripik bayam bisa menjadi salah satu ide jualan makanan yang laris di kampung hingga di perkotaan.

2. Jualan Mie Gelas di Sekolahan

Jualan Mie Gelas di sekolahan bisa menjadi   ide jualan makanan dengan modal 20 ribu rupiah berikutnya.

Mengapa Mie Gelas? Selain banyak disukai oleh anak-anak, usaha dagang Mie Gelas hanya membutuhkan modal yang cukup minim. Harga 1 bungkusnya hanya berkisar antara Rp 900 – Rp 1.000 saja.

Dengan tambahan bawang goreng, sayuran, bakso, atau telur puyuh, anda bisa menjualnya lagi seharga Rp 2.000 – Rp 5.000 sesuai dengan topping yang diinginkan oleh pembeli. Maka margin keuntungan yang akan anda dapatkan juga cukup tinggi.

Jadi, jika ditanya mau jualan makanan apa yang laris dengan modal hanya seharga Rp 20 ribu, jangan ragu untuk memulainya dari Mie Gelas.

3. Jualan Makanan Ringan Jamur Enoki Krispi

Jamur enoki goreng krispi bisa dijadikan ide jualan makanan dengan modal 20 ribu rupiah karena harganya yang murah meriah.

resep kue dengan modal 20 ribu

Anda bisa mendapatkan 1 bungkus jamur enoki ukuran 100 gram hanya seharga Rp 6 – 7 ribuan di pasaran.

Untuk membuat jamur enoki goreng krispi, anda membutuhkan tepung terigu, tepung tapioka, telur, dan bumbu-bumbu yang harganya juga tersedia cukup murah di pasaran.

Berikutnya, anda tinggal meraciknya dengan membalurinya dengan tepung dan menggorengnya hingga garing.

Dengan modal satu bungkus jamur enoki, anda sudah bisa mendapatkan sekitar 5 sampai 6 bungkus jamur enoki krispi umuran sedang yang bisa dijadikan ide jualan makanan online. Atau bisa juga anda jual sendiri secara langsung atau dititipkan ke warung-warung.

Selain margin keuntungannya yang cukup tinggi, resep makanan unik dan kreatif untuk dijual satu ini juga cukup mudah dibuat. Bahkan untuk anda yang jarang turun ke dapur sekalipun.

4. Jualan Tahu Bulat

Siapa yang tidak mengenal tahu. Makanan sumber protein yang banyak dikonsumsi oleh rakyat Indonesia satu ini memang bisa diandalkan untuk dimasak apa saja.

Untuk jualan makanan dengan modal 20 ribu rupiah saja, olahan tahu juga bisa harus masuk list. Salah satu idenya adalah dengan jualan tahu bulat.

Dengan modal yang sangat kecil dan mudah untuk dibuat, ide jualan makanan satu ini bisa menjadi bisnis yang menjanjikan bagi siapa saja. Apalagi margin keuntungan yang akan didapat juga cukup tinggi dan produknya disukai oleh setiap kalangan.

5.  Jualan Cilok

Jika anda ingin mencari ide jualan makanan dengan modal 20 ribuan rupiah, jangan lupa untuk memasukkan cilok ke dalam daftar. Pasalnya cilok mudah sekali dibuat dengan modal yang sangat kecil.

Bahkan untuk uang Rp 20 ribuan, anda sudah bisa menghasilkan cukup banyak cilok untuk diperdagangkan dalam satu hari.

Cilok bukan hanya bisa menjadi ide jualan makanan yang laris di kampung atau di kota, tetapi juga akan menghasilkan keuntungan yang cukup tinggi jika bisa dijajakan di lokasi yang tepat.

Beberapa tempat yang sangat cocok untuk jualan cilok adalah di pusat-pusat keramaian, seperti pasar, sekolah, dan lain-lain.

6. Jualan Makanan Ringan Keripik Kulit Lumpia

Ide jualan makanan dengan modal 20 ribu berikutnya yang layak untuk anda pertimbangkan adalah jualan keripik kulit lumpia.

ide jualan makanan

Kulit lumpia bisa anda dapatkan di pasar-pasar tradisional ataupun di pusat produksinya dengan harga yang sangat murah.

Hanya dengan uang Rp 20 ribu rupah saja anda sudah bisa membeli kulit lumpia, minyak goreng, bumbu penyedap, dan plastik pembungkusnya.

Karena kulit lumpia akan dipotong dalam potongan-potongan kecil sebelum digoreng, maka hasilnya akan cukup banyak dan bisa menjadi dagangan yang cukup untuk satu hari.

Berikutnya ada tinggal menjajakan keripik kulit lumpia ini secara online ataupun dititipkan di warung.

7. Jualan Es Lilin

Jualan es lilin juga bisa menjadi ide jualan makanan dengan modal 20 ribu rupiah.

Ada banyak sekali jenis es lilin yang bisa anda buat tergantung pada ketersediaan modal yang ada. Misalnya es lilin kacang hijau, jelly, jeruk, susu, dan lain-lain.

Anda bisa menjualnya untuk anak-anak di sekolahan ataupun dititipkan di warung makan.

Ide jualan makanan satu ini tidak hanya membutuhkan modal yang relatif kecil, tetapi juga pasti laris dan disukai oleh banyak orang.

8. Jualan Kacang Goreng untuk Dititipkan di Warung

Ide jualan makanan dengan modal 20 ribu yang terakhir adalah jualan kacang goreng yang dititipkan di warung.

resep kue modal murah

Untuk membuat kacang goreng ini tidaklah sulit karena sudah banyak resep yang dibagikan diberbagai media online.

Anda cukup memilih mana resep kacang goreng yang paling enak, sederhana, atau yang membutuhkan modal yang lebih kecil.

Yang jelas dengan modal Rp 20 ribuan, anda sudah bisa memproduksi kacang goreng yang cukup untuk diperdagangkan dalam satu hari.

Jadi tunggu apa lagi, segera coba untuk membuatnya dulu sebelum anda perdagangkan ya!

Baca Juga:

Semoga salah satu dari 8 ide jualan makanan dengan modal kecil dan untung besar tersebut bisa mejadi masukan bagi anda yang hendak memulai bisnis makanan dengan modal pas-pasan.

Yang perlu anda ingat adalah bahwa keberhasilan dalam berbisnis tidak tergantung pada seberapa besar modal yang anda keluarkan. Tetapi bagaimana konsistensi anda dalam mencintai bisnis itu sendiri dan mengembangkannya sesuai dengan mimpi besar anda. [BH/CS]

Tinggalkan komentar