Ide Jualan Makanan yang Laris di Kampung buat Pemula Bermodal Kecil

Sharing is caring!

Jualan Makanan yang Laris ~ Ide bisnis makanan apa saja yang laku setiap hari sebagai ide jualan makanan yang laris di kampung? Temukan jawabannya di bawah ini!

BisnisHandal.com, Tidak banyak jenis usaha yang bisa dipilih ketika anda memutuskan untuk membangun bisnis di kampung atau desa. Meski demikian, itu bukan berarti anda tidak bisa membangun bisnis yang baik atau menjadi jutawan di kampung.

Kuncinya adalah kerja keras dan memilih jenis usaha yang tepat. Misalnya anda memulainya dengan berjualan makanan yang laris di kampung untuk memperbesar potensi laris usaha anda.

6 Ide Jualan Makanan yang Laris sebagai Ide Bisnis Makanan Rumahan di Kampung

Berikut ini adalah 6 ide brilian yang bisa anda jadikan ide untuk jualan makanan di kampung.

1. Aneka Kue Jajanan Pasar

jualan makanan yang laris di kampung

Ide jualan makanan yang laris di kampung yang pertama adalah aneka jajanan pasar.

Ada banyak sekali jenis jajanan pasar yang bisa dijadikan ide jualan untuk anda tergantung pada pilihan anda.

Contohnya adalah kue donat, cucur, lapis, apem, pastel, risol, talam, dadar gulung, lemper, arem-arem, dan lain-lain yang bisa anda jual.

Tinggal anda memilih dan menentukan item-item jajanan pasar mana yang menurut anda jualan yang laku setiap harinya.

Selain modalnya kecil, jualan aneka kue jajanan pasar juga cukup menguntungkan dengan risiko bisnis yang relatif kecil.

2. Jualan Makanan Kaki Lima

jualan makanan online

Makanan kaki lima bisa menjadi ide jualan makanan yang laris berikutnya jika anda berkeinginan membuka usaha di kampung.

Ada banyak pilihan ide jualan makanan kaki lima yang bisa dipilih tergantung pada tingkat persaingan di lokasi usaha anda nantinya.

Contohnya adalah bakso, nasi goreng, mie tek tek, siomay, cilok, mie ayam, seblak, martabak, sate, dan masih banyak pilihan lain tergantung lokasi tempat anda berjualan.

Selain mudah dan modalnya kecil, usaha makanan yang laris di pinggir jalan ini juga punya risiko yang relatif lebih kecil. Hal ini karena biasanya jajanan kaki lima akan sangat mudah dicari orang asalkan harganya cocok dan rasanya pas di lidah.

3. Usaha Warung Nasi Sederhana

jualan makanan yang laku setiap hari

Ide jualan makanan yang laris di kampung berikutnya adalah warung nasi sederhana.

Untuk memulai usaha warung nasi sederhana, anda tidak memerlukan modal yang relatif besar karena bisa memulainya dari warung sederhana di depan rumah. Atau anda bisa memulainya dari teras atau di samping rumah.

Setelah menentukan tempat, anda juga akan menentukan kira-kira makanan apa yang paling cocok untuk usaha warung nasi sederhana anda.

Anda bisa memulainya dengan survei kecil-kecilan untuk melihat jualan makanan yang laku setiap hari tetapi belum banyak pesaingnya di sekitar tempat anda.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan harga dari makanan yang anda jual agar jangan sampai lebih mahal dari kompetitor anda.

4. Aneka Kue Jajanan Kekinian

makanan yang laris di pinggir jalan

Selain jajanan pasar, aneka jajanan kekinian juga bisa menjadi ide jualan makanan di kampung, terutama jika anda menjualnya di tepi jalan utama atau di daerah sekolahan.

Ada banyak jenis kue jajanan kekinian yang bisa anda jadikan ide untuk jualan makanan yang paling laris di kantin sekolahan. Contohnya adalah es krim Chocolatos atau Beng Beng, sosis pedas, martabak mini, takoyaki, telur gulung, dan lain-lain.

Selain disukai oleh semua kalangan, aneka jajanan kekinian tersebut juga bisa dibuat dengan modal yang sangat terbatas dengan proses yang mudah pula.

5. Jualan Aneka Makanan Ringan

jualan yang laku setiap hari

Ide jualan makanan yang laris berikutnya yang mesti anda coba di kampung adalah jualan aneka makanan ringan.

Ada banyak cara untuk jualan makanan ringan di kampung. Bisa menjualnya dari rumah ke rumah, menitipkan di warung atau kanting, atau anda bisa menjualnya secara online untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

Selain mudah dipasarkan, makanan ringan juga tersedia dalam banyak sekali varian yang bisa anda jual. Contohnya adalah keripik singkong, keripik pisang, aneka kerupuk, rengginang, kacang-kacangan, aneka keripik pedas, dan lain-lain.

6. Usaha Makanan Oleh-Oleh Khas Daerah

bisnis makanan online rumahan

Setiap daerah biasanya memiliki makanan khas daerah yang bisa dijadikan oleh-oleh ketika sedang berkunjung ke daerah tersebut.

Nah, oleh-oleh makanan khas daerah ini bisa anda jadikan ide jualan makanan yang laris dan dipasarkan secara online.

Pertama-tama, pilihlah jenis oleh-oleh yang bisa dipasarkan secara online, yaitu minimal yang tahan paling tidak minimal 2 hari pengiriman. Contohnya seperti keripik, dodol, bakpia, makanan kalengan, sambal, abon, dan lain-lain.

Kemudian, pengemasan makanan juga harus menjadi perhatian karena pengiriman bisa ke daerah yang cukup jauh.

Dengan pemilihan produk dan pengemasan yang tepat, ide bisnis makanan online rumahan ini bisa menjadi bisnis yang cukup menjanjikan di masa depan.

Baca Juga:

Nah, dari sekian banyak ide jualan makanan yang laris di atas, anda tinggal memilih milah mana yang paling cocok untuk dipasarkan di lingkungan tempat tinggal anda berada. [BH/CS]

Tinggalkan komentar