20+ Ide Jualan yang Menguntungkan untuk Pemula dengan Modal Kecil

Sharing is caring!

Jualan yang Menguntungkan ~ Ide jualan apa saja yang menguntungkan bagi pedagang pemula yang memulai usahanya dengan modal yang tidak terlalu besar? Berikut jawabannya!

BisnisHandal.com, Jualan atau berdagang adalah salah satu kegiatan bisnis yang pertama kali terpikirkan begitu anda mulai memasuki dunia bisnis. Setelah itu, anda akan dihadapkan banyak sekali pilihan-pilihan yang tersedia ketika memutuskan mau berdagang apa.

Ya, anda tentunya tidak boleh menentukan mau berjualan apa secara gambling. Karena bagaimanapun yang namanya berbisnis pastilah setiap orang akan menginginkan hasil yang maksimal apalagi kalau tidak ditunjang dengan modal yang besar.

Kesalahan dalam menentukan pilihan bisnis tentu saja akan mengakibatkan penyesalan di masa yang akan datang. Apalagi yang namanya waktu tentu tidak bisa diputar kembali.

Oleh karena itu, ada baiknya kita terlebih dahulu mendata dan meneliti ide-ide jualan yang menguntungkan sebelum akhirnya betul-betul memilih mau berbisnis apa.

Ide Jualan yang Menguntungkan dengan Modal Kecil bagi Pedagang Pemula

Berikut ini adalah beberapa ide jualan yang menguntungkan yang bisa anda coba dengan modal yang kecil dan potensi kerugian yang cukup rendah.

A. Jualan di Bidang Kuliner

Ide jualan yang menguntungkan pertama yang bisa anda coba dengan modal kecil adalah jualan di bidang kuliner atau makanan.

usaha modal 1 juta

Berdagang makanan adalah salah satu contoh usaha modal kecil untung besar yang sangat direkomendasikan untuk anda yang baru memulai usaha dagang dengan modal yang terbatas.

Bukan hanya karena usaha makanan adalah produk yang laris dan banyak dicari oleh orang, tetapi juga karena tersedia banyak sekali pilihan usaha jualan di bidang kuliner yang tersedia dan bisa disesuaikan dengan keadaan modal yang anda miliki.

Selain itu, tempat usaha untuk jualan di bidang kuliner juga bisa dimana saja, mulai dari di depan rumah, gerobak pinggir jalan, dalam mall, sampai di restoran mewah, tergantung pada modal dan strategi usaha anda.

Jenis jualan di bidang kuliner ini ada banyak sekali yang bisa menjadi pilihan anda, antara lain sebagai berikut.

  • Jualan jajanan kaki lima (bakso, soto, mie ayam, siomay, nasi goreng, seblak, dan lain-lain)
  • Usaha katering (katering untuk anak-anak, katering untuk karyawan atau mahasiswa, katering makanan sehat, dan lain-lain)
  • Usaha restoran sederhana atau warteg
  • Usaha café
  • Food truck, dan lain-lain

B. Jualan Online

Jualan yang menguntungkan berikutnya yang bisa anda coba pada saat sekarang ini adalah jualan online. Jualan online adalah salah satu contoh usaha kecil-kecilan yang bisa menjadi usaha sampingan.

Meski demikian, jualan online bisa memberikan hasil yang sangat memuaskan apabila dikelola dengan tepat.

Untuk berjualan online, terlebih dahulu anda harus menentukan platform yang tepat untuk berjualan, apa itu melaui media sosial, situs marketplace, berjualan lewat blog, dan sebagainya.

Kemudian anda juga harus menentukan jenis bisnis online yang paling sesuai, apa itu sistem dropship, reseller, membuka toko online sekaligus offline, dan sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa ide jualan online yang bisa menjadi pilihan bisnis anda.

  • Jualan reseller baju di situs jual beli online (marketplace)
  • Jualan dropship aksesoris ponsel via blog
  • Jualan snack via sosial media
  • Jualan tas, sepatu, dan aksesoris di ecommerce, dan lain-lain.

C. Jualan Makanan Ringan Kekinian

Ide jualan yang menguntungkan untuk anda yang baru memulai usaha berkutnya adalah jualan makanan ringan.

Makanan ringan kekinian adalah salah satu jenis usaha modal kecil untung besar yang patut anda pertimbangkan dalam memulai sebuah bisnis. Hal ini dikarenakan pola hidup masyarakat Indonesia yang suka “ngemil” makanan ringan, sehingga usaha ini tidak pernah kehilangan pasar.

Selain pangsa pasarnya yang luas, jenis makanan ringan kekinian juga semakin bervariasi, baik dari segi tampilan, tekstur, maupun rentang harga.

usaha yang menguntungkan di desa

Jadi anda memiliki banyak sekali pilihan jika ingin memiliki jualan makanan ringan kekinian.

Berikut ini adalah beberapa makanan ringan kekinian yang bisa menjadi ide pilihan anda dalam jualan makanan ringan kekinian.

  • Jualan makaroni goreng
  • Jualan keripik singkong super pedas
  • Jualan keripik tempe
  • Jualan keripik talas
  • Jualan keripik nangka
  • Jualan kerupuk seblak, dan lain-lain.

D. Jualan Bidang Jasa

Jualan yang menguntungkan berikutnya yang bisa anda coba untuk usaha baru dengan modal kecil adalah jualan di bidang jasa.

Ada banyak sekali jualan bidang jasa yang bisa disesuaikan dengan keadaan di sekitar tempat tinggal anda.

Usaha bidang jasa nantinya akan menyesuaikan dengan kebutuhan dan pola hidup masyarakat di sekitar tempat usaha anda. Tentunya akan sangat berbeda antara usaha di bidang jasa yang buka di daerah perkotaan dengan usaha di bidang jasa di daerah pedesaan.

Karena pola hidup masyarakat yang berbeda akan mengakibatkan perbedaan terhadap kebutuhan pasar di bidang jasa. Jadi sebelum memulai usaha bidang jasa, ada baiknya anda melakukan survei terlebih dahulu untuk mengetahui usaha apa yang cocok di daerah anda.

Berikut ini adalah beberapa contoh usaha bidang jasa yang bisa jadi ide jualan anda di bidang jasa.

  • Usaha salon kecantikan atau barbershop
  • Usaha jasa les privat
  • Usaha jasa penerjemah
  • Usaha laundry, dan lain-lain

E. Jualan Barang Kreatif Daur Ulang

Jualan barang kreatif daur ulang juga bisa masuk daftar ide jualan yang menguntungkan dengan modal kecil. Bagaimana tidak, dengan berbekal kretivitas dari berbagai bahan baku di sekitar, anda bisa menyulapnya menjadi barang yang bernilai jual.

Usaha barang kreatif daur ulang bisa menjadi usaha kecil yang menjanjikan untuk skala usaha rumahan karena memiliki pasar yang cukup luas dengan tingkat persaingan yang relatif kecil.

usaha rumahan yang lagi trend

Usaha ini hanya bermodalkan bahan baku murah yang bisa berasal dari apa saja, mulai dari tumbuhan, bebatuan, koran atau majalah bekas, plastik bekas, hasil laut, dan lain-lain. Dengan tangan-tangan kreatif, bahan baku murah tersebut akan disulap menjadi barang apa saja yang bernilai jauh lebih tinggi sesuai dengan kreativitas yang ada.

Untuk pemasarannya sendiri, anda bisa memasarkan dengan memitipkan di toko-toko khusus souvenir atau memasarkannya sendiri secara online.

Berikut ini adalah beberapa ide usaha barang kreatif daur ulang yang bisa menjadi ide jualan yang menguntungkan saat ini.

  • Usaha tas dari plastik bekas
  • Usaha bunga artifisial dari kertas dan koran bekas
  • Usaha lampu hias dari stik es krim
  • Usaha meja dan kursi dari rotan
  • Usaha tempat tisu dari botol daur ulang, dan sebagainya.

Baca Juga:

Semoga salah satu ide jualan yang menguntungkan di atas bisa menjadi ide usaha anda yang baru mencoba berbisnis dengan modal yang tidak terlalu besar. [BH/CS]

Tinggalkan komentar