Bingung Memilih Investasi? Pahami Keuntungan Investasi Emas Berikut

Sharing is caring!

Keuntungan Investasi Emas ~ Apakah emas adalah investasi yang terbaik untuk masa depan? Temukan jawabannya di bawah ini!

Apa yang akan anda lakukan jika memiliki uang lebih dari yang dibelanjakan secara rutin? Jawabannya mungkin ditabung atau disisihkan dalam bentuk investasi.

Bicara soal tabungan atau investasi, tentu saja ada banyak jenisnya. Mulai dari tabungan biasa, deposito berjangka, tabungan mata uang asing, saham, bitcoin, reksadana, atau emas.

Anda bebas menyisihkan pendapatan anda untuk ditabung atau diinvestasikan dalam bentuk apa saja. Tetapi sangat dianjurkan untuk anda, diantara semua instrumen investasi yang anda pilih, minimal anda memiliki investasi dalam bentuk emas.

Selain sudah menjadi produk investasi yang dikenal berabad-abad lalu tanpa lekang oleh waktu, emas juga memiliki banyak keuntungan dibanding dengan produk investasi lainnya.

8 Keuntungan Investasi Emas Pilihan Terbaik unutk Masa Depan

Berikut ini adalah 8 keuntungan investasi emas yang akan menyadarkan anda betapa pentingnya untuk investasi emas mulai dari saat ini.

1. Nilainya Cenderung Stabil (Tidak Tergerus Inflasi)

Salah satu keuntungan investasi emas yang menjadikannya sebagai primadona adalah nilainya yang cenderung stabil untuk jangka panjang.

keuntungan investasi emas di pegadaian

Hal ini karena harga emas yang cenderung mengalami kenaikan yang sangat pesat seiring berjalannya waktu, sehingga tidak akan pernah tergerus oleh inflasi.

Sebagai contoh, jika anda menabung uang senilai Rp 10 juta pada saat ini, maka 10 tahun mendatang, uang Rp 10 juta anda akan berkurang jauh nilainya. Hal ini karena harga barang-barang yang akan mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

Bandingkna jika Rp 10 juta tersebut anda belikan emas untuk diinvestasikan. Ketika 10 tahun mendatang dan emas tersebut jika dijual lagi, maka harganya mungkin bisa senilai Rp 50 juta.

Inilah mengapa nilai emas cenderung stabil meskipun terjadi inflasi. Karena pengalaman berinvestasi emas untuk jangka panjang adalah cenderung menguntungkan.

2. Bebas Pajak

Bebas pajak bisa menjadi keuntungan investasi emas berikutnya yang bisa menjadi pertimbangan anda untuk mulai berinvestasi emas.

Berbanding terbalik dengan uang tabungan atau deposito yang terkena pajak dan nilainya akan tergerus inflasi dalam jangka panjang, emas tidak dikenakan pajak sepeser pun.

Meskipun anda memiliki jumlah emas dengan nilai yang sangat banyak dan sudah menabungnya dalam jangka waktu yang sangat lama, anda tidak perlu khawatir emas tersebut akan dikenakan pajak.

Pasalnya, emas adalah salah satu investasi yang bebas dari pajak berapa pun besarnya emas yang anda miliki.

3. Mudah untuk Dicairkan

Keuntungan investasi emas berikutnya adalah mudah untuk dicairkan.

Berbeda dengan investasi lain yang cenderung kaku dalam prosedur pencairannya, emas sangat fleksibel untuk dicairkan.

Anda bisa mencairkan emas kapan saja dan di mana saja sesuai dengan keinginan anda. Di samping itu, proses pencairan emas juga sangat cepat.

4. Bisa Dimulai dengan Modal yang Kecil

Salah satu keuntungan investasi emas di pegadaian adalah bisa dimulai dengan modal yang sangat kecil. Karena sistemnya adalah tabungan emas.

Misalnya anda cukup mengambil program tabungan yang dimulai dengan 0.01 gram saja. Sedikit demi sedikit, nanti lama-lama tabungan tersebut akan menjadi banyak asalkan anda konsistem menabung.

keuntungan investasi emas online

Jadi sekarang ini investasi emas tidak hanya berlaku untuk kalangan atas saja. Semua kalangan bisa juga menyimpan emas dalam bentuk tabungan yang bisa dimulai dengan modal yang sangat kecil.

5. Risiko Investasinya Nyaris Tidak Ada

Banyak beredar rumor di luar kalau yang namanya investasi akan memiliki risiko yang tinggi, entah itu akan kehilangan sebagian atau seluruh uang yang diinvestasikan ataupun karena penyusutan.

Namun yang menjadi keuntungan investasi emas adalah risiko investasinya hampir bisa dipastikan tidak akan ada.

Emas adalah produk investasi yang tidak mungkin tidak laku untuk dijual kembali. Selain itu, untuk jangka panjang, harga jual emas juga mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Jadi bisa dibilang tidak ada istilahnya menjual rugi emas sekali pun pada saat anda betul-betul sedang membutuhkan.

Ditambah lagi pada saat sekarang ini, anda bisa menyimpan emas jauh lebih aman dengan menggunakan deposit box di bank, investasi emas online, ataupun menyimpannya dalam bentuk tabungan emas.

6. Alat Jaminan yang Paling Efektif

Ketika anda sedang mengalami kesulitan keuangan secara mendadak, anda bisa menjadikan emas yang anda simpan tersebut sebagai jaminan untuk memperoleh pinjaman.

Baik itu bank, pegadaian, ataupun perorangan, tidak ada yang akan menolak jika anda menjadikan emas sebagai barang jaminan. Ini adalah keuntungan investasi emas yang jarang dimiliki oleh produk investasi lain.

Karena emas yang dijaminkan ini sekali pun disita karena si pengaju pinjaman tidak sanggup melunasi pinjaman, nilainya juga tidak akan menyusut.

Berbeda jika yang dijaminkan ini adalah kendaraan bermotor, gadget atau alat elektronik. Nilainya pasti akan menyusut jauh.

7. Banyak Pilihan Investasi

Keuntungan investasi emas berikutnya adalah banyaknya pilihan investasi yang ditawarkan.

Dari bentuknya, anda memiliki pilihan untuk investasi emas dalam bentuk emas batangan ataupun perhiasan sesuai dengan keinginan anda.

Pilihan lainnya adalah nilai yang diinvestasikan. Ada banyak pilihan, mulai dari yang terkecil dalam bentuk tabungan emas, ataupun anda bisa mulai dengan emas batangan yang besar sesuai dengan kemampuan keuangan anda.

Selanjutnya, pilihan plaftorm sekarang juga beragam. Anda bisa investasi emas secara konvensional ataupun lewat online.

Keuntungan investasi emas online adalah mudah dalam pemantauan dan bisa melalui transfer ke rekening. Selain itu, keamanan investasi emas online juga lebih terjamin karena anda tidak perlu menyimpannya secara fisik di rumah.

8. Pilihan Terbaik untuk Jaminan Hari Tua

keuntungan investasi emas di bukalapak

Pilihan terbaik untuk jaminan hari tua adalah keuntungan investasi emas yang mesti anda ingat.

Anda bisa saja memiliki banyak investasi sebagai jaminan hari tua. Tetapi yang nilainya benar-benar stabil dari waktu ke waktu dengan tingkat risiko yang paling minim hanyalah emas.

Oleh karena itu, tidak masalah jika anda merencanakan tabungan hari tua dengan uang tabungan, deposito, atau reksadana. Tetapi sisihkanlah dana tersebut untuk dibelikan emas juga.

Karena bagaimanapun juga emas akan menjadi penyelamat anda ketika hari tua maupun sewaktu-waktu anda mengalami masalah finansial.

Baca Juga:

Dengan mengetahui banyaknya keuntungan yang akan didapat jika anda investasi emas, rasanya belum terlambat bagi anda untuk segera memulainya dari hari ini juga. [BH/CS]

Tinggalkan komentar