6 Kiat Sukses Usaha Dagang Agar Laku Setiap Hari dan Anti Gagal

Sharing is caring!

Kiat Sukses Usaha Dagang ~ Seperti apa trik rahasia agar dagangan selalu laku dan anti gagal meskipun banyak pesaing? Temukan jawabannya berikut ini!

BisnisHandal.com, Menjalankan usaha dagang terkadang memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dalam menjalankannya, tidak hanya skill dan pengalaman yang diperlukan. Tetapi juga intuisi bisnis dan keinginan untuk berkembang sangat berpengaruh.

Ketika sudah menjalankan usaha dagang, anda akan dihadapkan dengan berbagai macam persoalan, misalnya usaha yang sepi pembeli atau kompetitor usaha yang sangat kuat.

Dalam menghadapi persoalan yang muncul, anda tidak bisa hanya diam tanpa melakukan terobosan-terobosan dalam meningkatkan penjualan atau memaksimalkan keuntungan.

Pengusaha yang sukses akan terus berinovasi dengan menerapkan beberapa kiat sukses dalam usaha dagang agar mereka tetap bertahan dalam persaingan pasar yang sangat sengit.

6 Kiat Sukses Usaha Dagang Agar Jualan Selalu Laris

Berikut ini adalah 6 kiat sukses dalam usaha dagang yang menjadi rahasia pada pengusaha sukses yang telah mencetak penjualan yang luar biasa. Cara ini juga akan sangat efektif agar dagangan laris banyak pembeli.

1. Membuat Varian Produk Baru yang Memiliki Nilai Tambah

usaha dagang yang laku tiap hari

Dalam usaha dagang, anda dituntut harus serba dinamis agar tetap bisa bertahan. Terlalu nyaman berlama-lama berada di comfort zone adalah kebiasaan yang merugikan bagi kelangsungan usaha di masa yang akan datang.

Oleh karena itu, anda tidak boleh terlalu terpaku pada produk yang selama ini anda jual, meskipun tingkat penjualannya masih stabil. Karena masa depan bisnis tidak ada yang pasti, jadi bisa saja konsumen merasa bosan atas produk yang anda jual.

Selain itu, hadirnya kompetitor usaha sejenis yang menawarkan produk serupa dengan nilai lebih atau harga yang lebih kompetitif tentu saja akan merugikan penjualan anda.

Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi para pelaku bisnis untuk membuat varian produk baru yang memiliki nilai tambah dan meluncurkannya ke pasaran secara berkala.

Kiat sukses usaha dagang satu ini telah diterapkan oleh bahnyak usaha dan sangat efektif untuk membuat usaha tersebut tetap survive di tengah gempuran para kompetitor.

Baca: Bukan Mantra atau Penglaris, Inilah 7 Cara agar Dagangan Laris Terus

2. Membuat Paket Penjualan ++ (Teknik Penjualan Bundling)

Tidak semua pemilik usaha dagang sanggup menciptakan varian produk baru yang memiliki nilai tambah. Karena menciptakan produk baru adalah ibarat pisau bermata dua.

Di satu sisi, jika usaha tersebut berhasil, maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang luar biasa. Tetapi jika gagal, maka akan ada banyak waktu, tenaga, dan biaya yang harus dikorbankan.

Untuk menyiasati hal tersebut, anda bisa membuat paket penjualan ++ atau istilahnya teknik penjualan bundling sebagai salah satu kiat sukses usaha dagang anda.

Teknik penjualan bundling adalah salah satu strategi penjualan dengan menjual dua atau lebih produk yang digabung menjadi satu kemasan dan satu harga. Misalnya adalah menjual paket odol dan pasta gigi dalam satu kemasan sekaligus.

Sebagai salah satu kiat sukses usaha dagang pada masa sekarang, teknik penjualan bundling bisa memberikan banyak keuntungan. Selain bisa mendongkrak penjualan secara signifikan, teknik bundling juga bisa membantu penjualan produk-produk yang slow moving atau produk yang sudah mendekati masa kadaluarsa.

3. Mengeluarkan Produk dengan Kemasan Ekonomis

peluang usaha dagang di desa

Kiat sukses usaha dagang berikutnya adalah mengeluarkan produk baru dengan kemasan yang lebih ekonomis.

Trik penjualan satu ini pada dasarnya adalah bertujuan untuk mendongkrak penjualan dan membuat bisnis lebih sustainable untuk jangka panjang.

Caranya adalah dengan mengeluarkan produk kemasan ekonomis yang bisa menciptakan penetrasi pasar yang lebih luas.

Produk dengan kemasan ekonomis ini bisa berupa produk yang sama persis dengan kemasan yang lebih kecil dan lebih murah. Atau dapat juga berupa produk yang hampir sama dengan pengurangan pada kualitasnya.

Meskipun terdengar mudah, trik usaha dagang satu ini bukannya tanpa risiko. Penambahan produk dengan kemasan ekonomis bisa saja berpotensi membunuh penjualan dari produk yang sudah ada jika penerapan strategi penjualannya keliru.

Baca: Cara Mempertahankan Usaha Agar Survive di Tengah Pandemi Covid-19

4. Melakukan Teknik Cross-Selling

Teknik cross-selling adalah salah satu teknik penjualan dengan cara menawarkan produk pendamping kepada konsumen yang sebelumnya telah membeli satu produk tertentu.

Contoh sederhana dari teknik penjualan cross-selling adalah ketika anda membeli sebuah ponsel di counter, maka penjual otomatis akan menawarkan anda kartu perdana, anti gores, back cover, dan perlengkapan lain-lain yang diperlukan.

Cara ini sangat efektif untuk memaksimalkan penjualan banyak item barang hanya dalam satu transaksi saja.

Tidak hanya menjadi salah satu kiat sukses usaha dagang yang sangat efektif, teknik cross-selling juga terbukti sangat efektif dalam menciptakan multiple penjualan dari satu penjualan tunggal.

5. Membuat Konsumen Betah Berlama-Lama di Toko

cara dagang sukses dengan modal sedikit

Membuat konsumen agar betah berlama-lama di toko adalah salah satu kiat sukses usaha dagang yang paling banyak diterapkan oleh pengusaha ritel seperti swalayan atau supermarket.

Cara yang biasanya dipakai agar konsumen bisa berlama-lama di toko adalah dengan menata posisi barang-barang sedemikian rupa. Sehingga para pembeli cenderung harus berkeliling mencari barang kebutuhannya.

Dengan berkeliling tersebut, para konsumen biasanya akan tergoda untuk membeli barang-barang lain yang sebetulnya tidak terlalu mereka perlukan.

Trik lainnya agar konsumen betah berlama-lama di toko adalah dengan memutar musik dengan tempo lambat agar pembeli berlama-lama menghabiskan waktu mereka untuk berbelanja.

Selain itu, pemberian label diskon dan promosi akan dipasang di tempat- tempat strategis yang cenderung menarik minat para pengunjung.

Kuncinya adalah semakin lama pengunjung berada di toko, maka semakin banyak barang yang akan mereka masukkan ke keranjang belanja mereka dan semakin untung pula pemilik toko.

6. Mencari Produsen Lain yang Harganya Lebih Murah

Salah satu kiat sukses usaha dagang selain dengan memaksimalkan penjualan adalah dengan cara meningkatkan margin laba atau keuntungan.

Dalam meningkatkan margin laba atau keuntungan, anda bisa melakukannya dengan beberapa cara. Salah satunya adalah mencari produsen lain untuk mendapatkan penawaran harga yang lebih murah dan kompetitif.

Memang ada kalanya ketika sudah merasa cocok dengan produsen tertentu, para pedagang akan merasa nyaman untuk tetap menjual produk dari produsen tersebut. Apalagi jika produk tersebut adalah barang yang laris di pasaran.

Akan tetapi, kita juga tidak bisa menutup mata kalau di luar sana ada banyak produsen-produsen lain yang siap merebut pasar.

Anda tidak perlu takut untuk mencoba menjual barang dari produsen lain, apalagi jika produsen lain ini bisa memberikan anda harga yang lebih murah.

Dengan harga yang lebih murah tersebut, anda bisa saja menjual produk tersebut lebih murah untuk menarik lebih banyak pembeli. Atau anda bisa menjualnya dengan harga pasar dan mendapatkan lebih banyak margin keuntungan.

Baca: Tips Memulai Usaha Sembako Modal Rp 5 Juta Untung Berlipat Ganda

Keenam kiat sukses dalam usaha dagang tersebut adalah situasional. Artinya anda bisa menirunya atau mengembangkannya sesuai dengan kondisi toko atau produk yang anda jual nantinya. [BH/CS]

Tinggalkan komentar