50+ Kumpulan Kata-kata Promosi Terbukti Ampuh Dongkrak Penjualan

Sharing is caring!

Promosi merupakan ujung tombak dari penjualan, apalagi bagi yang berkecimpung dalam bisnis online. Nah, kumpulan kata-kata promosi paling unik dan ter target berikut ini diharapkan mampu mendongkrak nilai penjualan produk bisnis anda.

Di era serba digital seperti sekarang ini, promosi sangat diperlukan sebagai salah satu strategi marketing bagi setiap pelaku bisnis. Apalagi banyak platform media sosial yang bisa dimanfaatkan secara gratis untuk mendukung usaha yang kita jalankan.

Namun sebelum menentukan bagaimana cara membuat kata-kata promosi jualan yang paling efektif, mari kita bahas dulu secara singkat tentang pengertian, jenis dan tujuan promosi.

Pengertian, Jenis dan Tujuan Promosi

Menurut Wikipedia, Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsi nya. Sedangkan menurut ahli pemasaran Harper Boyd : promosi diartikan sebagai upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep dan gagasan.

Artinya, dengan adanya promosi, produsen atau distributor mengharapkan agar si calon konsumen tersebut pada akhirnya dapat melakukan pembelian. Sehingga terjadi peningkatan penjualan.

Baca : Mengenal Strategi Pemasaran 4P: Pengertian dan Contoh Aplikasinya

Adapun tujuan promosi berdasarkan rangkuman dari berbagai sumber antara lain :

  • Untuk menyebarkan informasi suatu produk kepada calon konsumen yang potensial
  • Mendapatkan konsumen baru dan menjaga loyalitas konsumen
  • Menaikkan penjualan, laba/keuntungan
  • Menginformasikan keunggulan produk dibanding pesaing
  • Branding atau membentuk citra produk
  • Serta riset pendapat konsumen tentang suatu produk.

Jenis promosi sendiri bisa dibagi dari jenis produk, cara dan media yang digunakan, antara lain:

  • Promosi fisik secara langsung di tempat tertentu seperti pameran, bazar, festival, konser, dan semacamnya.
  • promosi melalui media konvensional seperti media cetak, media elektronik serta media di luar ruangan seperti iklan banner atau papan reklame dan semacamnya.
  • Lalu promosi melalui media digital yang mencangkup media internet seperti sosial media dan semacamnya.

Dari beberapa jenis promosi diatas, promosi melalui media digital berbasis internet yang sering disebut sebagai e-bussines, khususnya platform sosial media menjadi yang paling menarik saat ini, karena faktor efisiensi waktu dan biaya. Selain itu, lebih mudah di jangkau banyak orang dan cepat viral.

Kumpulan Kata-Kata Promosi Jualan yang Unik dan Menarik

Teknik penulisan materi/teks promosi yang dalam istilah ilmu pemasaran sering disebut sebagai copywriting ini menjadi salah satu penentu keberhasilan dalam promosi suatu produk. Anda tidak bisa membuatnya asal-asalan karena copywriting itu seperti seni dalam promosi, bukan cuma sekedar teori merangkai kata.

Dibutuhkan keahlian khusus untuk membuat copywriting. Ada tahapan yang harus dipelajari sebelum menentukan materi promosi yang memikat agar anda tidak menemui kegagalan.

Mulai dari mengenali sebuah produk atau layanan yang kita jual, manfaat, kelebihan dan kekurangan dibanding produk lain yang sejenis, memahami kebutuhan calon pembeli dan masih banyak lagi.

Untuk menyingkat waktu, berikut adalah kumpulan kata-kata promosi jualan paling unik dan menarik yang kami rangkum dari berbagai sumber. Caption, teks, kata-kata dan kalimat promosi atau materi tulisan promosi jualan ini sudah terbukti berhasil mendongkrak penjualan dan banyak digunakan oleh pelaku bisnis online berbasis media digital.

Promosi Makanan di Sosial media

Kata-kata promosi jualan makanan ini umumnya disertakan sebagai caption/teks dalam foto yang di unggah di sosial media seperti Whatsapp, facebook, twitter, dan instagram. Jangan lupa selain kata-kata yang menarik, foto yang disertakan juga harus mampu mencuri perhatian.

  • Awas, mengunyah Keripik Balado Cap kutil badak ini akan menyebabkan ketagihan, susah berhenti makan, dan membuat anda mengabaikan pacar!
  • Putus cinta emang bikin galau. Katakan “bye mantan” dengan belut pedas dan bikin happy di Ice Town Corner.
  • Keripik singkong cap Ketela adalah keripik singkong pertama yang bebas kolesterol karena menggunakan oven.
  • Promo special minggu, dapatkan gratis ongkir setiap pembelian lebih dari Rp 100.000,-
  • Cobain yuk Seblak Bu Susi, yang tidak beli siap-siap di tenggelamkan!
  • “Saya sampai nggak nyangka bisa mendapat harga semurah ini dengan kualitas yang sangat wow. Rate 9/10 dari saya” – testimoni Ibu Ajeng (Jakarta).

Baca : 30 Contoh Kata-kata Promosi Makanan di Instagram paling Efektif

Caption unik sebagai kata-kata promosi makanan di Instragram, Facebook, WhatsApp, maupun di media sosial lain ini bisa anda modifikasi sesuai kebutuhan. Lebih lengkapnya silahkan kunjungi tautan yang kami sertakan diatas.

Promosi Jualan Produk Minuman

Selain menjelaskan keunggulan produk yang kita jual, ada beragam teknik dalam mempromosikan produk minuman. Seperti menggunakan psikologi harga, diskon dan elemen daya tarik lain yang unik dan tidak dimiliki pesaing.

kata kata promosi makanan di instagram
  • Baru, Es Kopi Jessica Kumalasari, kini lebih enak tanpa sianida!
  • Minuman yang kami produksi tanpa mengandung bahan pewarna sintesis. Semua dijamin menggunakan pewarna alami
  • Jus kami mengandung 100℅ gula murni tanpa pemanis tambahan. Tapi ada tambahan diskon 15℅ untuk pembelian di atas 4 gelas.
  • Coffee cap Mangkok kami hanya menggunakan susu murni tanpa kental manis atau susu bubuk. Gratis ucapan selamat ulang tahun untuk setiap orang mau merayakan!
  • Tea kami memiliki keunikan karena mengandung madu asli di dalamnya, Beli 3 gratis 1 all varian tea ukuran medium.
  • Kopi yang kami sajikan hanya dari biji kopi yang sudah matang dan merah, bayar 10.000 rupiah untuk 10 pelanggan pertama hari ini!

Baca : 10 Peluang Usaha Minuman Unik dan Kekinian Ini Untungnya bikin Seger!

Kata-kata Promosi Produk Kecantikan

Teknik mempromosikan produk kecantikan memang sedikit berbeda dengan produk lain seperti makanan atau minuman. Anda harus bisa memastikan jika produk yang kita jual benar-benar aman dan memberi manfaat.

  • Cream malam paling aman untuk kulit wajah, tersedia hanya 100 paket saja, segera hubungi kami untuk pemesanan sebelum kehabisan!
  • 100 paket sudah kami kirim hari ini, tinggal 200an pcs. Buruan order sebelum kehabisan. Muraaaah cuma 55.000 gratis ongkir.
  • Produk kecantikan aman BPOM, Ada yang minat gartis ongkir full produk kecantikan wajah? Langsung komen gaesss.
  • Produk pemutih wajah secara alami, aman karena sudah memiliki BPOM. Stok terbatas siapa cepat dia dapat, Apalagi Gratis Ongkir!
  • Produk perawatan wajah alami aman tanpa merkuri, wajah putih berseri hanya dengan sebotol produk terbaru kami.
  • Krim pemutih wajah ini aman digunakan untuk ibu hamil, apalagi yang tidak hamil. Siap kirim, gratis ongkir dan bisa COD

Baca : 7 Cara Memulai Bisnis Kosmetik Online dengan Modal yang Terbatas

Penting juga melampirkan tangkapan layar testimoni pelanggan untuk mengusir keraguan dari calon pembeli. Boleh menggunakana kata-kata “magis” namun jangan lupa untuk tetap memilih kata yang jujur dan masuk akal, memberikan solusi yang tepat untuk masalah dan sesuai dengan obyek sasaran.

Kata-Kata promosi jualan Baju (Produk Fashion)

Berjualan baju atau pakaian merupakan salah satu usaha komersial yang tidak akan pernah ada matinya. Namun menjual produk fashion secara online membutuhkan komunikasi visual secara mumpuni agar ampuh mendongkrak penjualan.

Strategi paling efektif promosi jualan baju diantaranya adalah mempengaruhi psikologi calon pembeli. Misalnya penggunaan angka seperti potongan harga tertentu, menampilkan harga baju, beli 3 gratis 1 dan sebagainya.

Berikut contoh kumpulan kata promosi baju yang efektif membuat pengunjung memutuskan membeli produk yang kita jual.

  • Dapatkan potongan harga 30% untuk pembelian ke-2. Menyediakan layanan return jika produk yang Anda beli tidak sesuai. *syarat dan ketentuan berlaku
  • Hanya di toko kami Anda bisa menemukan berbagai macam kaus branded asli dengan harga terjangkau. Hemat 25% untuk pembelian minimal 3 pieces.
  • Dapatkan masker gratis untuk setiap pembelian gamis hanya untuk followers Instagram kami!
  • Kami hanya menyediakan kemeja dari katun berkualitas impor. Jika tidak sesuai dengan deskripsi, silakan hubungi nomor 08xxx untuk mendapatkan refund
  • Tampil cantik dan modis hanya dengan Rp75.000, buruan sebelum kehabisan!
  • Dapatkan voucher Rp40.000 untuk pembelian setelan gamis seri Khadijah di bulan desember
  • Tambahan voucher diskon senilai Rp 15.000 untuk minimal order Rp 200.000. gratis ongkir dan bisa COD

Baca: Cara Jualan Baju Online di Facebook Tanpa Modal untuk Pemula

Selain menonjolkan jaminan kualitas produk yang kita jual, membuat calon pembeli merasa istimewa seperti menyelipkan kata “hanya”, “edisi terbatas” dan semacamnya juga penting dilakukan.

Promosi Jualan Produk Barang

Jualan produk barang memang tidak lepas dari yang namanya promosi. Dalam penjualan produk barang, promosi adalah bagian terpenting dalam memperkenalkan barang keluaran terbaru dan memberitahukan adanya potongan harga.

Lebih dari itu semua, tentu saja promosi adalah hal yang terpenting untuk mendongkrak penjualan produk barang.

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat promosi dalam membantu jualan produk barang.

  • Gunakan pisau cukur “Globe”, satu-satunya pisau cukur dengan mata stainless steel yang anti karat.
  • Setiap pembelian produk minimal Rp 100.000 di Toko buku “Airlangga” akan mendapatkan gratis ongkir untuk wilayah Jabodetabek.
  • Produk “Happy Mom”, menyediakan aneka produk teflon sehat tanpa PTFE, sehingga lebih sehat untuk keluarga.
  • Gunakan produk water heater “Ferrari” dengan tangki titanium dengan garansi bocor seumur hidup.
  • Baru, cat “Avitax” dengan teknologi Jerman yang mengunci warna tetap cerah meskipun terkena sinar matahari dan anti jamur.
  • Ingat ya Mom, hanya lunch box “Tupperwear” yang terbuat dari plastik food grade yang aman bagi anak kita! Jangan salah pilih ya.
  • Hot Promo! Dapatkan free liontin setiap pembelian 5 gram kalung emas USB Gold di butik emas terdekat.
  • Sambut Back to Normal dengan paket hand sanitizer dari “Nuvo” hanya seharga Rp 19.900 dan dapatkan gratis 1 buah masker kain.

Baca: Cara Menarik Pelanggan Agar Membeli Produk Kita dengan 7 Trik Mudah

Contoh Kata-Kata Promosi Olshop

Untuk anda yang membuka olshop atau online shop, tentu sudah paham bagaimana susahnya untuk mendapatkan penjualan pertama atau transaksi pertama. Memang benar, bagi seorang penjual online yang baru, reputasi toko dan historis transaksi akan sangat mempengaruhi untuk terjadinya transaksi.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan penjualan online adalah dengan memilih kata-kata atau kalimat promosi yang terbaik. Biasaya promosi tidak hanya terletak pada foto atau gambar yang kita unggah, tetapi juga pada caption atau keterangan produk.

Lewat beberapa kalimat promosi inilah, kita akan berusaha meyakinkan para pembeli untuk setidaknya melirik atau bertanya secara langsung mengenai produk yang kita jual.

Oleh karena itu, anda perlu membuat kalimat promosi ketika berjualan online agar membuat para pembeli yakin untuk berbelanja sekaligus menggoda mereka untuk mencoba.

Berikut ini adalah contoh kata-kata promosi yang biasa ada dalam olshop.

  • Dapatkan gratis ongkir untuk pembelian minimal Rp 50.000 untuk pengiriman ke seluruh Indonesia.
  • Ingat, cuma belanja di Merry Olshop, kamu bisa COD dan dapat diskon up to 15%.
  • Nikmati promo buy 1 get 1 free untuk transaksi menggunakan GoPay, OVO, dan DANA. Khusus hari ini saja!
  • Belanja di “Butik ChaCha” dan dapatkan gratis ongkos kirim semua produk untuk anda yang menggunakan JNE atau J&T.
  • Hanya sampai tanggal 20, dapatkan bonus 50% untuk pembelian paket reseller hoodie all brand di “Jen&Al” Olshop. Grab it guys!
  • Hanya di bajubaru.com kamu bisa coba sendiri baju yang diantar langsung ke rumah kamu. Ingat belanja di bajubaru.com tidak hanya sekedar COD!
  • Tag produk “Honey and Bear” ke 5 orang teman kamu dan dapatkan free ongkir untuk pembelian selanjutnya.

Promosi Jualan HP dan Gadget

Handphone dan gadget adalah salah satu dari sekian banyak produk yang membutuhkan trik khusus dalam penjualannya.

Produk ini sebetulnya sangat laris di pasaran. Hanya saja untuk memasarkannya perlu strategi khusus karena kompetitor usaha sejenis juga sangat banyak.

Salah satu strategi penjualan yang paling banyak digunakan untuk memasarkan ponsel dan gadget adalah dengan melakukan cross selling.

Namun tidak hanya strategi penjualan yang dibutuhkan dalam memasarkan produk ini, tetapi kata-kata promosi yang tepat juga akan sangat berpengaruh.

Berikut ini adalah contoh promosi jualan HP dan gadget yang bisa anda terapkan untuk usaha anda.

  • Promo “Januari Serba Bonus”. Dapatkan bonus tempred glass secara cuma-cuma untuk pembelian semua tipe smartphone di Galaxy Cell selama bulan Januari.
  • Baru, Vivo S4 bisa kamu miliki hanya Rp 2.999.000. Untuk kredit bunga hanya 0,5%. Segera hubungi 0811******* atau segera kunjungi toko Kencana Cell.
  • Kredit iPhone 11 kini HANYA Rp 449.000/bulan + gratis flip cover hanya di Matahari Cell.
  • Flash sale Xiaomi MI 7 Pro garansi TAM hanya Rp 7.999.000. Gratis ongkir khusus pengiriman dengan GoJek dan Grab ke seluruh DKI.
  • Preorder Samsung Galaxy S15 Now dan dapatkan 1 buah smartwatch MI Band 5 khusus 20 pembeli pertama.
  • Mau streaming video tanpa buffer? Cuma Advan G7 y ang bisa dengan layar amoled 6.5 inch yang super jernih. Beli sekarang gratis 1 buah tongsis trendy.
  • Menyambut urang tahun Shopee yang ke-5, kamu bisa mendapatkan Samsung J5 hanya seharga 12 rupiah saja. Yuk ikuti caranya berikut!

Baca: 7 Ide Usaha Pendamping Konter Pulsa Sederhana yang Menguntungkan

Kata-Kata Promosi Jualan yang Lucu dan Unik

Terkadang kata-kata promosi yang terlalu biasa atau mainstream sudah tidak cukup lagi untuk mendongkrak penjualan.

Menyadari hal ini, tidak sedikit yang mulai menumpahkan kreativitas mereka dalam membuat kata-kata promosi jualan yang berbeda. Seperti kalimat yang lucu, menggoda, atau yang nyeleneh.

Meskipun terlihat anti maintream, tetapi ternyata kata-kata promosi jualan yang lucu dan unik ini justru membuatnya jadi mendapatkan perhatian. Contohnya berikut ini.

  • Budayakan malas mencuci dan segera bawa cucian kotor anda ke “Laundry Fanny” hanya Rp 6.000/kg.
  • Ayam Geprek “Mbak Wulan” bebas pilih DADA atau PAHA. Tidak tersedia ayam kampus, apalagi ayam hidup.
  • Nimati cuci mobil salju di “Aan Carwash” hanya Rp 65.000. Khusus jomblo kita temanin mabar free.
  • Buah jeruk buah kedondong. Tidak ada gading yang tak retak. Daripada bingung nerusin pantun, mending kita ngopi di warung “Bu Risma” sambil berWiFi ria.
  • Mau yang segar dan nikmat, mampir yuk ke warung “Janda” alias Jajanan Tenda.

Dalam banyak kasus, promosi yang tepat sering kali menjadi senjata utama dalam mendongkrak penjualan. Jadi pastikan anda menggunakan kata-kata atau kalimat promosi yang tepat untuk usaha anda. [BH]

Tinggalkan komentar