Ingin Sukses dan Jago Jualan Online, Pelajari 5 Kunci Sukses Reseller Ini

Sharing is caring!

Kunci Sukses Reseller ~ Apakah anda merasa sulit dalam menjalankan bisnis online atau toko online anda selalu sepi pembeli? Mungkin anda belum mengetahui 5 rahasia kunci sukses bisnis online berikut ini.

BisnisHandal.com, Menjadi reseller adalah salah satu pilihan bisnis yang cukup banyak digemari bagi kaum milenial karena selain memiliki fleksibilitas waktu kerja yang baik, juga modal yang dibutuhkan relatif kecil.

Tidak hanya itu, dengan menjadi reseller dan memasarkan produk secara online, anda bisa menjangkau calon pembeli yang jauh lebih luas dengan memanfaatkan teknologi internet.

Untuk memulai bisnis reseller juga sebetulnya cukup mudah, tinggal temukan supplier (pemasok), pasarkan di sosial media, dan transaksi (closing).

Namun, kenyataan di lapangan memang tidak semudah itu. Ada banyak sekali para pebisnis muda atau calon pebisnis handal yang setelah menjalani bisnis reseller merasa, “ternyata jadi reseller kok sulit ya!

Berbagai kesulitan dalam bisnis reseller seperti susahnya pecah telur alias mendapat pembeli pertama, calon pembeli yang cuma “numpang tanya doang”, hingga penjualannya tidak berkembang seringkali dialami oleh para reseller yang baru.

Nah, jika anda mengalami kendala seperti di atas, jangan buru-buru down dulu apalagi sampai banting setir. Barang kali anda memang belum mengetahui kunci sukses reseller atau karena pengalaman anda di bidang bisnis reseller yang masih minim.

5 Rahasia Kunci Sukses Reseller Bisnis Online

Berikut ini adalah 5 kunci sukes reseller yang bisa anda coba dalam mengembangkan bisnis online anda. Kunci sukses reseller ini dirangkum berdasarkan pengalaman para pebisnis reseller yang telah sukses sebelum anda dan mereka dengan senang hati membagikan rahasia sukses terbesar mereka.

1. Menguasai Produk yang Dijual

syarat menjadi reseller

Kunci sukses reseller yang pertama adalah menguasai produk yang anda jual. Ini adalah keharusan yang mutlak dan tidak dapat ditawar-tawar.

Bagaimana anda bisa menjual sedangkan tidak menguasai produk yang anda jual?

Tanpa penguasaan produk yang anda jual, anda akan kesulitan menanggapi pertanyaan dari para pembeli. Dan keraguan anda dalam menjawab pertanyaan para pembeli ini cukup memberikan impresi kepada mereka untuk segera meninggalkan anda dan beralih ke penjual lain, meskipun harga yang anda tawarkan bisa jadi lebih miring.

Maka dari itu, para reseller sukses biasanya tidak hanya menguasai produk yang mereka jual, tetapi juga bahkan sudah mencobanya sendiri.

Dengan demikian mereka akan memahami produknya tersebut dan siap memberikan testimoni terbaik. Mereka juga akan menceritakan pengalaman mereka kepada calon prospek dari sudut pandang seorang konsumen.

2. Membuat Target Jualan Bulanan

Membuat target jualan bulanan adalah kunci sukses reseller berikutnya.

Anda bisa melihat sales dan marketing di perusahaan sukses manapun pasti memiliki target penjualan dari bulanan hingga tahunan yang harus mereka capai. Bahkan nyaris tidak ada perusahaan besar yang tidak memiliki target jualan.

Mengapa demikian?

Dengan adanya target penjualan, anda akan memiliki tantangan dan tujuan yang harus dikejar dalam periode tertentu. Target penjualan ini juga akan menstimulasi alam bawah sadar anda dan mengubahnya menjadi semangat untuk meraih target yang anda buat.

Selain itu, dengan adanya target jualan bulanan, anda akan menjadi lebih disiplin dan konsisten dalam berbisnis reseller.

Seperti yang kita ketahui, bisnis reseller adalah bisnis yang fleksibel, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Jadi tanpa adanya target yang pasti, anda akan cenderung cuek dan tidak disiplin dalam menjalankan bisnis ini.

3. Mempelajari Sosial Media untuk Jualan

cara menjadi reseller baju online tanpa modal

Saat ini sosial media punya kekuatan yang luar biasa dalam menyebarkan informasi ke seluruh pelosok bumi. Apalagi untuk berjualan online dengan sistem reseller. Media sosial adalah salah satu kunci sukses reseller apabila anda bisa memanfaatkannya dengan baik.

Bagaimana cara memanfaatkan media sosial dengan baik untuk berjualan? Maka pelajarilah sosial media terlebih dahulu.

Sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp, Telegram, dan sebagainya adalah media komuninasi yang sudah lumrah dan sangat dimengerti pada era sekarang ini. Tetapi, anda jangan kaget kalau mendapati kenyataan bahwa sebagian besar pengguna sosial media tidak bisa memanfaatkannya dengan baik untuk jualan.

Anda pasti sudah pernah mendapati trik jualan berupa promosi secara rutin dan berlebihan, entah itu di group Facebook, melalui kicauan Twitter, atau lewat kolom komentar pada unggahan Instagram seorang influencer. Bukankah itu sangat menyebalkan dan membuat kita ingin memblokir mereka?

Itulah cara jualan yang kurang tepat karena mereka tidak mempelajari caranya jualan lewat sosial media.

Cara jualan yang benar adalah jika kita ingin menjual obat pelangsing misalnya, buatlah dulu artikel informatif mengenai resiko kesehatan bagi orang gemuk dan tips-tips gaya hidup sehat. Maka orang juga akan lebih tertarik jika nantinya kita menawarkan produk obat pelangsing.

Simplenya adalah, kita akan lebih mudah memancing di kolam kecil yang sudah pasti ikannya meskipun di sebelah ada lautan luas dengan ikan yang tidak terbatas jumlahnya.

4. Mempelajari Copywriting

Kunci sukses reseller berikutnya adalah mempelajar copywriting. Apa itu copywriting?

Jadi copywriting adalah tulisan-tulisan di media mainstream yang digunakan untuk mempromosikan produk pada khalayak ramai supaya bisa meningkatkan omset penjualan.

Copywriting dibuat dengan tujuan untuk membuat penawaran lebih menarik agar bisa meyakinkan calon pembeli menjadi pembeli. Dengan demikian, omset juga akan meningkat dan target penjualan bisa tercapai.

Anda bisa mempelajari copywriting dari para pebisnis online sukses seperti Rico Huang, Farah Farce, atau Dea Valencia. Mereka adalah contoh pebisnis online sukses yang bisa anda jadi anda curi ilmu copywritingnya.

Sesekali intiplah media sosial mereka seperti Twitter dan Instagram agar anda bisa melihat contoh copywriting yang nantinya bisa anda terapkan untuk status Whatsapp atau sosial media anda.

5. Menguasai Teknik Closing

cara kerja reseller online shop

Menguasai teknik closing adalah kunci sukses reseller terakhir sekaligus paling penting. Karena dari closing yang baik inilah transaksi bisa dikatakan sukses dan mendapatkan keuntungan dari penjualan.

Ibarart permainan sepak bola, closing adalah gol-nya transaksi bisnis reseller.

Maka dari itu, closing sering disebut sebagai upaya dalam meyakinkan atau merubah calon pembeli menjadi pembeli atau bahkan pelanggan.

Berikut ini adalah beberapa teknik closing yang bisa anda terapkan sebagai kunci sukses bisnis reseller.

  • Memberikan bukti dari produk yang ditawarkan, bukan hanya janji.
  • Memberikan testimoni dari orang-orang  yang memang sudah mencoba produk yang dijual.
  • Memberikan penawaran menarik berupa diskon harga, penawaran terbatas (limited offer), voucher, promosi buy 1 get 1 free, atau cash back untuk paket penjualan atau paket produk tertentu.
  • Menerapkan teknik penjualan crossselling dan upselling.
  • Meyakinkan calon customer untuk mencoba terlebih dahulu produk yang ditawarkan.

Baca Juga:

Semoga anda bisa menjadi reseller bisnis online yang sukses setelah mengetahui kunci sukses di atas. [BH/RA]

Tinggalkan komentar