Makanan Paling Laris untuk Dijual pada Bisnis Jualan Makanan Online

Sharing is caring!

Makanan Paling Laris untuk Dijual ~ Makanan apa yang laris dan cocok untuk dijual jika ingin menjalankan bisnis jualan makanan via online? Berikut jawabannya!

BisnisHandal.com, Makanan adalah salah satu jenis usaha yang paling banyak peminatnya. Hal ini tidak lepas dari fakta bahwa bisnis makanan adalah salah satu jenis bisnis yang tidak ada matinya.

Usaha makanan adalah salah satu jenis usaha yang cukup mampu bertahan dalam berbagai kondisi ekonomi dan dalam kondisi pasar apapun. Usaha makanan juga memiliki banyak varian usaha yang bisa dipilih oleh para enterpreneur sesuai dengan kondisi pasar, jumlah modal, dan jenis usaha yang diinginkan.

Meski demikian, kerasnya persaingan pasar dalam bisnis makanan membuat para pengusaha makanan harus pintar-pintar mencari celah usaha agar tetap bisa diterima dan bersaing di pasaran. Salah satu celah usaha dalam bisnis makanan adalah dengan berbisnis makanan via online.

Bisnis Makanan untuk Dijual Via Online

Berbeda dengan bisnis makanan secara langsung yang mempertemukan penjual dan pembeli, bisnis makanan via online cenderung lebih riskan. Hal ini dikarenakan makanan adalah produk yang memiliki masa kadaluarsa yang terbilang cepat.

Belum lagi dari pengemasan hingga pengantaran yang harus ditangani dengan penuh kehati-hatian agar bisa sampai ke tangan konsumen dalam kondisi yang layak untuk dikonsumsi.

Oleh karena ini, bisnis makanan via online harus melalui beberapa perlakuan khusus, seperti memilih jenis makanan yang cocok untuk dipasarkan via online, memilih pengemasan terbaik agar makanan sampai ke konsumen dalam kondisi yang layak, dan memilih metode kurir yang paling tepat agar bisa diterima konsumen tepat waktu.

Meski demikian, dibalik tidak mudahnya bisnis makanan via online ternyata bisnis ini semakin menunjukkan perkembangan di dunia maya. Hal ini dikarenakan bisnis makanan via online akan menjangkau pasar yang lebih luas dengan target konsumen yang jitu.

Lalu, makanan seperti apa yang laris dan tepat untuk dijual via online?

5 Varian Produk Makanan Paling Laris dan Tepat untuk Dijual Via Online

Berikut ini adalah produk makanan atau kuliner paling laris untuk dijual sebagai ide jualan makanan online anda.

1. Makanan Ringan

resep jajanan 1000an untuk jualan

Makanan ringan adalah pilihan terbaik untuk makanan paling laris untuk dijual via online yang bisa menjadi ide usaha anda. Ditambah lagi dengan makanan ringan yang memiliki banyak sekali varian produk, kemasan, dan kreasi yang bisa anda pasarkan sesuai dengan terget pasar  yang dituju.

Untuk pasar via online, saat ini produk makanan ringan memang menjadi produk yang cukup kompetitif. Oleh karena itu, anda harus cermat mencari produk makanan ringan yang tepat untuk masuk di pasaran.

Carilah keunikan atau pembeda produk makanan ringan yang anda jual dari produk makanan ringan kompetitor, baik itu dari segi rasa, kemasan, maupun jenis makanan ringan yang dipilih. Misalnya dengan menjual makanan ringan unik yang masih jarang di pasaran.

Beberapa contoh usaha makanan ringan unik yang bisa dijadikan ide usaha anda seperti keripik jengkol, keripik buah naga, keripik talas, keripik apel, peyek teri pedas, rengginang balado, dan lain-lain.

Selain tersedia produk yang cukup beragam, bisnis makanan ringan juga cocok untuk bisnis online karena memiliki masa kadaluarsa yang lebih lama dibandingkan dengan produk makanan lainnya.

2. Makanan Beku (Frozen Food)

resep makanan ringan untuk dijual di sekolah

Pilihan makanan paling laris untuk dijual via online berikutnya adalah makanan beku atau frozen food. Berbisnis makanan beku sebagai bisnis online memang susah-susah gampang dan lumayan tricky.

Karena makanan beku ini sejatinya adalah makanan fresh atau makanan yang sudah dimasak (diolah) dan diawetkan dengan cara dibekukan.

Dengan proses pengiriman yang mengharuskan makanan akan berada dalam suhu ruangan, maka makanan tersebut harus dikirimkan kepada konsumen sesegera mungkin agar tetap bertahan sebagai makanan yang layak dikonsumsi.

Adapun lama waktu pengiriman makanan beku ini yang paling baik adalah dibawah 1 hari dan paling lambat adalah 3 hari tergantung pada jenis produk makanannya. Maka dari itu, anda harus betul-betul memahami jenis ekspedisi pengiriman yang anda pilih dan jarak antara lokasi pengiriman dengan lokasi customer agar makanan yang diterima oleh konsumen masih layak untuk dikonsumsi.

Pada dasarnya semua makanan olahan atau sudah dimasak dan bahan makanan segar yang dibekukan bisa menjadi ide usaha makanan via online asalkan anda betul-betul mengetahui daya tahan makanan yang anda jual ketika berada dalam proses pengiriman.

3. Makanan Kemasan Kalengan

22 resep jajanan pasar terpopuler

Makanan kemasan kalengan juga bisa menjadi ide makanan paling laris untuk ide jualan makanan online anda.

Tidak seperti makanan beku yang harus cepat sampai di tangan konsumen, makanan dalam kemasan kalengan umumnya memiliki daya tahan yang jauh lebih baik. Hal ini karena kemasannya yang rapat menyebabkan makanan tersebut tidak bisa terkontaminasi oleh bakteri di luar kemasan tersebut.

Ada banyak sekali makanan kemasan kalengan yang biasa dipasarkan secara online, mulai dari masakan olahan dari daging, ikan, ataupun ayam. Beberapa makanan tradisional seperti gudeg, opor, dan rendang dalam kemasan kalengan juga bisa dipasarkan secara online karena memiliki daya tahan yang cukup baik.

4. Makanan Awetan

aneka jajanan pasar kukus

Bila makanan beku atau frozen food memiliki daya tahan yang terbatas jika berada di suhu ruang, maka makanan awetan bisa bertahan lebih lama dari itu. Oleh karena itu, makanan awetan sangat cocok sebagai ide bisnis makanan paling laris untuk dijual via online.

Selain karena daya tahannya yang cukup baik jika berada di suhu ruang, makanan awetan juga masih menjadi primadona baik di pasar konvensional maupun pasar online. Hal ini tidak lepas dari kepraktisan dari makanan awetan ini sendiri sehingga sangat mudah dimasak dan disajikan dengan cepat.

Contoh makanan awetan yang bisa dijadikan ide usaha online adalah sosis, dendeng, abon, ikan asin, dan cumi asin.

5. Makanan dalam Kemasan Vacuum Sealer

contoh usaha makanan ringan unik

Jenis makanan paling laris untuk dijual secara online yang terakhir adalah makanan dalam kemasan vacuum sealer.

Tujuan pengemasan makanan dengan menggunakan vacuum sealer adalah untuk mencegah udara dari luar agar masuk ke dalam makanan. Dengan demikian dapat menghambat proses oksidasi dan menjadikan makanan lebih tahan lama.

Pengemasan makanan dengan menggunakan kemasan vacuum sealer adalah solusi yang baik terhadap pengiriman bahan makanan atau makanan olahan ke luar kota atau daerah agar bisa bertahan sedikit lebih lama.

Makanan yang dikemas dengan menggunakan vacuum sealer juga bisa dibekukan sebelum dikirim untuk memperpanjang daya tahan sebelum sampai ke konsumen.

Pada dasarnya semua bahan makanan dan makanan hasil olahan serta makanan awetan bisa dikemas dengan vacuum sealer dan dipasarkan secara online. Namun anda harus tetap memperhatikan jenis makanan dengan waktu proses pengiriman agar makanan yang diterima oleh konsumen tetap layak konsumsi.

Karena pada prinsipnya, kemasan vacuum sealer hanya memperlama proses oksidasi, bukan menghentikannya.

Baca Juga:

Demikianlah tadi 5 varian makanan paling laris dan cocok untuk dipasarkan dengan sistem pemasaran online sebagai ide bisnis makanan online bagi anda. [BH/CS]

Tinggalkan komentar