Biografi Nick Vujicic, Motivator Dunia Luar Biasa Tanpa Lengan dan Kaki

Sharing is caring!

Nick Vujicic ~ Bagaimana seorang Nick Vujicic yang terlahir tanpa lengan dan kaki bisa bertahan dan sukses seperti saat sekarang ini? Berikut biografi Nick Vujicic yang penuh inspirasi.

BisnisHandal.com, Nick Vujicic adalah seorang motivator ternama dunia, penulis buku best seller versi New York Times, dan enterpreneur yang sangat sukses.

Sebelum menjadi seperti sekarang ini, jalan hidup seorang Nick Vujicic sangat tidak mudah. Ada banyak sekali ujian mental hingga air mata harus ia hadapi. Seperti apa kisah hidupnya?

Kisah Hidup Nick Vujicic yang Penuh Inspirasi

Lahir dengan Sindrom Tetra Amelia

Nicholas James Vujicic lahir di Melbourne, Australia pada tanggal 4 Desember 1982. Kedua orang tua Nick adalah imigran dari negara Serbia bernama Dusana Vujicic dan Borislav Vujicic.

Ayah Nick adalah seorang pegawai di kantor administrasi dan akuntansil, sedangkan ibunya adalah seorang perawat. Boleh dibilang, keluarga Nick adalah kalangan sederhana.

Nick lahir dalam kondisi disabilitas yang jauh dari normal, bahkan untuk orang disabilitas sekalipun.

Ia tidak memiliki kedua lengan dan tungkai kaki atau disebut sindrom tetra amelia. Kondisi ini menyebabkan Nick hanya mengandalkan jari kaki yang tumbuh tidak sempurna sebagai alat gerak satu-satunya.

Kondisi fisik yang tidak sempurna ini membuat Nick harus beradaptasi. Ia harus belajar bergerak seperti menggulingkan badan, menendang, memakai celana, dan aktivitas ringan lainnya dengan jari kakinya itu.

Baca: Kisah Christine Ha, Tunanetra yang Menjuarai MasterChef Amerika

Mendapat Perundungan Setiap Hari

Meskipun tahu kondisi fisik Nick tidak sempurna, ibu Nick tetap memperlakukannya seperti anak-anak normal pada umumnya agar ia tidak berkecil hati. Bahkan ketika memasuki usia sekolah, sang ibu ngotot memasukkan Nick ke sekolah normal daripada sekolah khusus anak-anak penyandang disabilitas.

Sang ibu berharap dengan masuk ke sekolah normal, Nick bisa bersosialisasi dan bermain dengan anak-anak normal.

Namun keinginan sang ibu justru berbanding terbalik dengan kenyataan yang harus dihadapi oleh Nick.

Berbagai cercaan, hinaan, bahkan tindakan perundungan harus dihadapi oleh Nick setiap harinya baik di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya.

Berulang Kali Mencoba Bunuh Diri

Serangan mental yang bertubi-tubi dialamatkan kepada Nick setiap harinya ini membuatnya semakin lama semakin depresi. Hingga pada umur 10 tahun, Nick mencoba untuk bunuh diri dengan menenggelamkan dirinya ke dalam bathtub, namun gagal.

Setelah itu, tidak terhitung berapa banyak Nick telah mencoba bunuh diri karena tidak kuat menghadapi berbagai perundungan karena kondisi fisiknya ini.

Meski demikian, tidak satupun percobaan bunuh dirinya yang berhasil karena selalu saja ada yang datang tepat waktu untuk menyelamatkannya.

Pada akhirnya Nick mulai sadar kalau ternyata ia belum ditakdirkan untuk meninggal karena mungkin ia bisa melakukan sesuatu yang bermanfaat kelak.

Saya punya dua pilihan untuk mengutuk atau bersyukur karena tidak punya tangan dan tungkai. Tetapi pada akhirnya saya memutuskan untuk memilih bersyukur.

Nick Vujicic

Menemukan Tujuan Hidup

Nick mulai belajar cuek atas semua perundungan yang ia alami dari teman-temannya dan mulai fokus untuk belajar. Meskipun terlahir dengan fisik yang tidak sempurna, Nick ternyata memiliki kecerdasan yang sangat tinggi.

Tidak hanya pintar dalam akademis, Nick juga memiliki public speaking yang sangat baik.

nick vujicic kanae miyahara

Kemampuan speaking Nick ini pertama kali disadari oleh seorang office boy di sekolahnya ketika Nick berusia 17 tahun. OB tersebut berkata kepada Nick bahwa suatu hari kelak ia akan menjadi seorang pembicara yang hebat.

Kata-kata tersebut yang menjadi pembakar semangat Nick dan ia mulai menemukan tujuan hidupnya. Yaitu menjadi seorang pembicara untuk memberi semangat dan motivasi kepada orang lain.

Karir Menjadi Pembicara

Nick Vujicic lulus dari Universitas Griffith pada usia 21 tahun dengan prestasi yang cemerlang. Ia meraih 2 gelar sarjana sekaligus, yaitu Akuntansi dan Perencanaan Keuangan.

Pada tahun 2005 ketika Nick berumur 23 tahun, ia mendirikan sebuah organisasi bernama “Life Without Limbs”. Organisasi sosial ini bertujuan memberikan motivasi dan support material untuk orang-orang disabilitas.

Organisasi ini mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat dan donatur pun berdatangan.

Banyak sekali penderita disabilitas yang terbantu dan memiliki semangat setelah bergabung dengan organisasi ini dengan Nick sebagai pembicaranya.

Berkat kemampuan speaking dan motivasi Nick yang mengagumkan, lama kelamaan, tawaran untuk menjadi pembicara pun berdatangan dari satu tempat ke tempat lain.

Perlahan tapi pasti, Nick semakin dikenal dan tawaran menjadi pembicara pun berdatangan hingga ke luar negeri.

Saya akan terus mencoba dan mencoba lagi karena ketika saya berada dalam kondisi menyerah, pada saat itu juga saya akan gagal.

Nick Vujicic

Menjadi Penulis dan Enterpreneur

Pada tahun 2007, Nick menulis sebuah buku motivasi yang berjudul “Life Without Limits”. Buku tersebut berisi tentang bagaimana Nick yang bangkit dari kondisi ketidaksempurnaan fisik menjadi orang yang percaya diri dan berani.

Buku tersebut langsung menjadi best seller dan menembus angka penjualan lebih dari 1 juta copy di seluruh dunia. Buku-buku berikutnya dari Nick selalu sukses di pasaran dan menjadi best seller hampir di seluruh dunia.

Nick juga mendirikan sebuah perusahaan pada tahun 2007 yang bergerak dalam bidang motivational speaking bernama “Attitude is Altitude”.

Kehidupan Nick Vujacic Sekarang

Hingga saat ini, Nick masih terus berkeliling dunia dan memberikan motivasi kepada sekolah, universitas, organisasi nirlaba, dan berbagai forum internasional.

Nick bahkan pernah menjadi motivasi di Indonesia pada tahun 2013 silam karena mengisi acara untuk sebuah stasiun televisi.

Kegiatan Nick yang lain adalah menulis buku-buku motivasi dan menghabiskan waktu bersama istri dan keempat anaknya.

Nick menikah dengan seorang perempuan bernama Kanae Miyahara pada tanggal 12 Februari 2012 tidak lama setelah berkenalan ketika Nick mengisi acara di Texas.

Dari pernikahannya ini, Nick dan Kanae Vijicic memiliki empat orang anak, yaitu dua anak laki-laki dan dua anak kembar perempuan.

Baca: Kisah Hidup Chris Gardner, Seorang Gelandangan yang Menjadi Miliarder

Dari kisah hidup Nick Vujacic kita dapat belajar bahwa setiap orang yang lahir ke dunia selalu memiliki manfaat yang besar bagi orang banyak, bagaimapun rupa dan fisiknya.

Selama kita mau berusaha dan tidak menyerah pada keadaan, akan selalu ada jalan untuk mendapatkan keberhasilan. [BH/CS]

Tinggalkan komentar