Pusing Terlilit Hutang? Inilah Orang yang Bisa Membantu Melunasi Hutang

Sharing is caring!

Orang yang Bisa Membantu Melunasi Hutang ~ Anda sedang terlilit hutang dan mencari orang yang bisa membantu melunasi hutang? Silahkan baca sampai habis!

BisnisHandal.com, Hutang adalah suatu hal yang lazim terjadi dalam kehidupan masyarakat. Banyak orang pernah berhutang kepada orang atau pihak lain karena tujuan tertentu.

Misalnya ada orang tua yang terdesak karena anaknya sakit, sementara gajinya belum cair, maka ia harus berhutang untuk memenuhi biaya pengobatan anaknya tersebut. Ada lagi pedagang yang berhutang kepada supplier karena supplier tersebut memberikan tempo pembayaran mundur selama satu bulan dari tanggal transaksi.

Apapun jenis hutang yang ada dalam masyarakat, tidak semua hutang itu buruk. Meskipun terkadang ada saja orang yang berhutang demi memenuhi gaya hidup mereka.

Pertimbangan Sebelum Meminjam Uang

Entah untuk alasan apapun dan kepada siapapun seseorang berhutang, ia berkewajiban melunasi atau membayar hutang tersebut sesuai dengan tempo yang telah disepakati.

yayasan melunasi hutang riba

Maka dari itu, perlu ada pertimbangan yang matang sebelum kita memutuskan untuk berhutang atau tidak. Sebaiknya yakinkan diri terlebih dahulu sebelum berhutang, apakah kita mampu untuk melunasi hutang tersebut sesuai dengan tempo yang telah disepakati.

Meskipun sudah dengan pertimbangan yang matang, tidak sedikit dari kita yang sudah terlanjur terlilit hutang, entah karena ketidaktahuan atau karena musibah tertentu.

Yang menjadi masalah adalah jika sudah terlilit hutang dan kita tidak memiliki harta atau aset yang bisa diuangkan untuk membayar hutang tersebut. Apalagi jika hutang tersebut adalah hutang berbunga yang mana semakin lama akan semakin bertambah jika tidak dilunasi.

Baca: Cara Pinjam Uang 20 Juta Tanpa Jaminan dan Syarat Serta Bunga Ringan

Orang yang Bisa Membantu Melunasi Hutang

Kebanyakan akan menjadi sangat stress apabila sudah terlilit hutang dan sudah melakukan segala upaya tetapi belum mampu untuk melunasinya. Apalagi jika pihak yang memberi hutang tersebut akan terus menerus menagih uang mereka.

Ada yang kepikiran untuk menjual aset apa saja yang ada di rumah. Tetapi jika aset sudah tidak ada, maka tidak sedikit yang mencari apakah ada orang yang bisa membantu melunasi hutang mereka.

Sebetulnya apakah ada orang bisa membantu kita melunasi hutang? Mungkin saudara atau keluarga terdekat bisa membantu apabila kondisinya memungkinkan. Tetapi sebetulnya hanya anda sendirilah orang yang bisa membantu melunasi hutang tersebut.

Bagaimana caranya?

Cara Melunasi Hutang yang Menumpuk

Untuk bisa membantu melunasi hutang yang menumpuk, pertama-tama anda harus membuat daftar hutang terlebih dahulu secara lengkap dan terperinci.

Dari daftar hutang ini, berikutnya anda bisa membuat daftar prioritas yang harus dilakukan untuk melunasinya, entah dengan cara mencicil dengan gaji, meminta bantuan keluarga, menjual atau menggadaikan aset.

Sangat tidak dianjurkan bagi siapa saja yang terlilit hutang untuk meminjam uang atau berhutang pada pihak lain guna melunasi hutang yang lama. Karena jika anda melakukan hal tersebut, bukannya membantu mengatasi solusi, hutang anda justru akan semakin menumpuk.

Lalu bagaimana jika anda sudah tidak memiliki jalan keluar lagi untuk melunasi hutang. Karena tidak ada orang yang bisa membantu untuk melunasi hutang tersebut dan karena anda sudah tidak memiliki aset lagi.

Jika terjadi seperti itu, cobalah untuk menghubungi beberapa lembaga non profit yang bisa membantu memberi solusi atas permasalahan hutang anda.

Lembaga yang Bisa Membantu Mencari Solusi Atas Hutang

penolong orang terlilit hutang

Berikut ini adalah beberapa lembaga non profit yang siap membantu anda apabila mendapatkan masalah terkait hutang.

1. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI)

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia organisasi non pemerintah nirlaba yang berdiri sejak tahun 1973. YLKI bertugas membantu usaha meningkatkan kepedulian kritis konsumen atas hak dan kewajibannya.

Anda bisa meminta bantuan YLKI dengan mendatangi kantornya yang beralamat di Jalan Pancoran Barat VII/1, RT 08/RW 06, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12760.

Adapun nomor telepon yang bisa dihubungi adalah 021 7981858.

2. Pusat Mediasi Nasional (PMN)

Pusat Mediasi Nasional (PMN) adalah lembaga non profit yang beranggotakan mediator-mediator yang berpengalaman dari berbagai latar belakang hukum, perbankan, dan bisnis. PMN bisa menawarkan mediator yang cocok untuk berbagai permasalahan, termasuk permasalahan hutang dengan riba yang tinggi.

Untuk mendapatkan bantuan PMN, anda bisa mendatangi langsung di Gedung Adi Puri, Wisma Subud R.S. No 52. Yang beralamat di Jalan RS Fatmawati, RT 07/RW 03, Cilandak, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12430. Atau nomor telepon 021 7691466.

3. Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Indonesia (PBHI)

Ada banyak sekali kasus orang terjerat hutang rentenir atau pinjaman online ilegal hingga mendapatkan ancaman atau tindak kekerasan, baik fisik maupun psikis.

Jika anda menghadapi kasus seperti itu, maka bisa menghubungi Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Indonesia (PBHI).

Anda bisa mendatangi langsung kantor PBHI yang beralamat di Perkantoran Mitra Matraman Blok A2/18, Jalan Matraman Raya No . 148, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13150. Atau menghubungi nomor telepon 021 85918064/021 8519675.

Baca: Syarat dan Cara Mudah Melakukan Pinjaman Pribadi dengan Koperasi

Jika anda memiliki hutang, maka jangan langsung mencari pinjaman dari pihak lain untuk melunasi hutang tersebut. Tetapi cobalah dulu untuk berpikir jernih dan mencari alternatif atau solusi lainnya untuk menyelesaikan hutang tersebut. [BH/CS]

Satu pemikiran pada “Pusing Terlilit Hutang? Inilah Orang yang Bisa Membantu Melunasi Hutang”

  1. Ass say Mohon bantuan nya sy lg terlilit utang sy pusing…buat mkn aja susah bgt kerja lg ga normal semenjak ada covid barang2 sy pin hbis terjualkan karna buat biaya hidup d perantauan sedih rasa nya

    Balas

Tinggalkan komentar