8 Pekerjaan Freelance Online Paling Menjanjikan, Bisa Kerja dari Rumah

Sharing is caring!

Pekerjaan Freelance Online ~ Mau kerja online dari rumah dan tetapi bisa menghasilkan uang yang banyak? Coba salah satu pekerjaan berikut ini!

BisnisHandal.com, Freelance adalah pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang secara mandiri tanpa kontrak atau perjanjian jangka panjang yang mengikat dengan pihak pemberi kerja. Belakangan ini banyak yang tertarik menekuni pekerjaan menjadi freelance karena waktu kerja yang fleksibel dan tidak terikat aturan baku perusahaan.

Ada jenis pekerjaan freelance yang mana dalam tempo waktu tertentu seorang freelancer harus menemui sang pemberi kerja untuk menunjukkan hasil kerjanya. Ada pula jenis pekerjaan freelance yang sama sekali tidak membutuhkan pertemuan dengan pemberi kerja alias semuanya bisa secara online.

Karena pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung, freelance dengan sistem online tentu saja terdengar sangat menggiurkan. Apalagi kalau pekerjaan freelance tersebut selain bisa dikerjakan dari rumah, juga bisa memberikan income yang cukup besar.

Baca: 11 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Saat Ini

8 Pekerjaan Freelance Online Paling Menjanjikan Tahun 2021

Beberapa pekerjaan freelance berikut ini tidak hanya bisa dikerjakan secara online, tetapi juga mampu menghasilkan pendapatan yang sangat tinggi, bahkan sebagian sangat cocok untuk pemula.

1. Fotografer Online

Dengan menjadi fotografer online, anda bisa menciptakan foto apa saja dan menjualnya secara online. Anda bahkan tidak membutuhkan kamera digital profesional untuk mengambil pekerjaan freelance online satu ini.

Dengan mengandalkan smartphone canggih, anda bisa memperoleh foto yang berkualitas. Apalagi dengan berbagai aplikasi editing foto yang ada di dalamnya.

Untuk penjualannya sendiri, anda bisa memanfaatkan media online seperti Instagram atau berbagai situs penjualan foto dengan harga yang cukup tinggi.

Beberapa situs online yang bisa membayar foto dengan harga yang tinggi antara lain adalah Alamy, Fotolia, Free Digital Photos, dan StockFresh.

2. Menjadi Blogger

Untuk anda yang mencari pekerjaan freelance online yang memiliki banyak waktu luang dan penghasilan yang lumayan, maka bisa memilih untuk menjadi seorang blogger.

Pasalnya profesi sebagai blogger tidak hanya memiliki potensi untuk meraih pendapatan yang besar, tetapi jam kerja juga sangat fleksibel.

kerja online input data

Untuk bisa mendapatkan uang dari blog, pertama-tama anda harus memilih platform untuk memulainya. Untuk platform gratis, anda bisa memanfaatkan situs Blogger atau WordPress.

Kemudian tulislah konten artikel sesuai dengan topik atau niche yang anda inginkan. Anda bisa menghasilkan uang setelah mendaftarkan Adsense ke Google untuk iklan.

3. Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile

Ide pekerjaan freelance online berikutnya adalah menjadi creator atau jasa pembuatan aplikasi mobile.

Cara ini banyak dilakukan oleh para mahasiswa ataupun lulusan dalam bidang IT. Atau yang memiliki kemampuan dalam membuat program untuk aplikasi mobile.

Untuk anda yang baru memulai bisnis kreatif dan unik satu ini, sangat disarankan untuk mempromosikannya melalui media online. Anda bisa memanfaatkan blog atau sosial media untuk memulai promosi.

Setelah anda mendapatkan beberapa proyek, biasanya akan sangat mudah untuk mendapatkan proyek yang lain. Karena customer anda yang puas akan dengan senang hati merekomendasikan jasa anda kepada kerabatnya.

4. Jasa Editor

Saat ini memang ada banyak sekali tawaran pekerjaan dengan menjadi editor freelance secara online. Ada yang membutuhkan editor untuk majalah, buku, hingga proofreader.

Dari semua kebutuhan akan editor, ada perusahaan tertentu yang hanya memanfaatkan jasa editor secara freelance daripada harus merekrut karyawan tetap. Selain karena alasan tidak menentunya konten yang membutuhkan editor, faktor upah juga jadi lebih fleksibel.

Sebagai pekerjaan online dari rumah dengan waktu yang fleksibel, jasa editor sangat cocok untuk semua kalangan, mulai dari lulusan sarjana, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga.

5. Admin Selebgram

Seorang admin selebgram bertugas mengatur dan mengedit semua konten sebelum mempublikasikannya ke sosial media.

Admin selebgram inilah yang bertanggung jawab kapan harus posting konten baik itu foto maupun konten endorsement setiap harinya.

Biasanya mereka yang menggunakan jasa freelance online ini adalah selebgram terkenal dengan pengikut yang sangat banyak.

Untuk pembayaran pekerjaan freelance online sebagai admin selebgram adalah tergantung kesepakatan awal. Ada yang dibayar per konten, tetapi ada juga yang dibayar bulanan.

6. Jasa Desain Grafis

Banyak yang tidak menduga kalau pekerjaan freelance satu ini sangatlah menjanjikan. Seorang desainer grafis profesional bahkan bisa mengantongi pendapatan hingga Rp 1 miliar per tahunnya.

Maka dari itu, jika anda memiliki kemampuan untuk membuat desain grafis atau menempuh pendidikan dalam bidang tersebut, cobalah untuk terjun dalam bisnis rumahan tanpa modal satu ini.

freelancer indonesia

Untuk tahap awal, anda bisa mempromosikan jasa desain grafis anda melalui sosial media, atau blog. Meskipun ketika masih baru anda mungkin hanya mendapatkan penghasilan yang tidak besar, tetapi jangan patah semangat.

Dengan mengumpulkan portofolio sedikit demi sedikit, anda akan semakin terkenal dan dengan demikian komisi anda juga ikut naik.

7. Kursus Bahasa Inggris Online

Pandemi Virus Covid-19 yang masih terus berlanjut memang memaksa sebagian tempat pendidikan harus tutup. Kegiatan belajar mengajar harus dilakukan secara daring dari rumah. Bahkan beberapa tempat kursus harus terpaksa tutup.

Tetapi anda tidak perlu patah semangat dalam mencari uang. Karena bisa saja mengadakan kursus bahasa Inggris online untuk para siswa yang tidak bisa les tatap muka.

Pekerjaan freelance dengan memberikan kursus online cukup mudah untuk dilakukan. Pertama-tama anda harus memastikan para siswa memiliki perangkat ponsel pintar atau komputer yang terhubung dengan internet.

Berikutnya, siapkan materi dan mulai memberikan pelajaran secara online dengan menggunakan aplikasi, misalnya Zoom atau Google Meet.

Membuka kurus bahasa Inggris secara online ini bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan oleh pelajar atau mahasiswa yang sedang mencari kerja online yang fleksibel.

8. Jasa Penerjemah Online

Untuk anda yang bisa bahasa asing, maka pekerjaan freelance online sebagai penerjemah layak anda pertimbangkan.

Selain pekerjaannya beragam, jasa penerjemah online juga merupakan profesi yang cukup fleksibel. Dan pastinya bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan.

Untuk jasa penerjemah online, anda bisa mengambil job untuk menerjemahkan artikel, jurnal, atau bahkan buku. Semakin banyak halaman yang harus diterjemahkan, maka bayaran yang anda dapat juga akan semakin tinggi.

Baca: Mau Kerja Online Dibayar Tinggi? Di Sini Tempat Terpercayanya

Jadi untuk anda yang belum mendapatkan pekerjaan atau sedang tidak beruntung karena mengalami PHK, tidak ada salahnya mempertimbangkan salah satu pekerjaan freelance online tersebut. [BH/CS]

Tinggalkan komentar