7 Cara Menjalani Pekerjaan yang Tidak Disukai agar Bersemangat Lagi

Sharing is caring!

Pekerjaan yang Tidak Disukai ~ Anda sedang tidak bersemangat kerja karena merasa stress, jenuh, atau bahkan frustasi terhadap pekerjaan anda sekarang? Tips di bawah ini bisa membantu anda agar kembali bersemangat lagi.

Bekerja  atau mencari uang sendiri adalah kewajiban setiap orang dewasa untuk memenuhi kebutuhan hidup sendiri atau keluarga. Meski demikian, ada kemungkinan di satu titik kita akan merasa tertekan, stress, jenuh, atau bahkan frustasi karena pekerjaan tersebut jauh dari harapan awal kita.

Sebagai contoh, kita mendapat atasan yang pemarah dan pelit, melakukan pekerjaan  yang berbahaya, atau sering mendapat pekerjaan tambahan yang tidak sesuai dengan job desc kita.

Nah, kalau sudah demikian, kita akan menjadi ogah-ogahan dalam bekerja dan membuat kinerja juga akan menurun drastis. Parahnya lagi, dengan performa kerja yang buruk tersebut, mungkin saja kita akan mendapat PHK padahal belum siap untuk mendapat pekerjaan atau bisnis baru.

Lalu bagaimana solusinya untuk tetap menjalani pekerjaan yang kurang menyenangkan atau tidak disukai tersebut dan mengubahnya jadi semangat?

Berikut ini adalah tips dan triknya.

7 Cara Menjalani Pekerjaan yang Tidak Disukai dan Mengubahnya jadi Semangat

1. Selalu Bersyukur

contoh bidang pekerjaan yang tidak disukai

Apa pun pekerjaan dan berapa pun gaji yang anda dapatkan, ingatlah selalu untuk terus bersyukur. Karena kehidupan anda jauh lebih baik daripada jutaan orang yang menganggur sekarang ini.

Anda mungkin berpikir saat ini sangat buruk karena menjalani pekerjaan yang tidak disukai. Tetapi anda tidak menyadari bahwa jutaan orang menganggur di luar sana saat ini sedang iri melihat betapa beruntungnya anda.

Maka dari itu, tetaplah bersyukur dan merasa beruntung walau sesulit apapun pekerjaan yang anda hadapi pada saat ini.

2. Ingat untuk Siapa Anda Bekerja

trik lolos interview user

Ketika anda sedang kehilangan semangat menjalani pekerjaan yang tidak disukai, ingatlah selalu untuk siapa anda bekerja.

Di rumah anda tentu ada anak, pasangan hidup, atau orang tua yang harus anda bahagiakan hidup mereka. Tanpa uang, tentu kehidupan mereka akan menjadi sulit dan menderita.

Maka dari itu, cobalah untuk bertahan sekuat tenaga setidaknya sampai anda mendapatkan pekerjaan baru yang lebih layak untuk mereka.

Jika anda berhenti bekerja sebelum mendapatkan pekerjaan atau membangun bisnis yang layak, mungkin anda akan mengecewakan mereka karena ikut mengalami kesulitan keuangan bersama anda.

3. Jadikan Gaji sebagai Motivasi

gaji yang diharapkan

Anda bisa saja menganggap sangat sulit untuk melakukan pekerjaan yang tidak disukai, namun ingatlah bahwa selalu ada imbalan atas jerih payah anda tersebut, yaitu gaji.

Dengan gaji, anda bisa membeli berbagai macam keperluan hidup jangka pendek dan membayar cicilan untuk perencanaan keuangan di masa depan.

Jadikanlah gaji tersebut sebagai motivasi anda di saat mengalami down karena beratnya beban pekerjaan saat ini.

4. Ingat Pekerjaan Tersebut hanya sebagai Batu Loncatan

pengalaman interview user

Anda tidak ingin selamanya bekerja sebagai pegawai di perusahaan tersebut bukan?

Karena suatu saat anda juga akan resign entah itu karena mendapatkan pekerjaan yang lebih baik atau akan memiliki bisnis atau usaha sendiri.

Meskipun pekerjaan yang tidak disukai tersebut terasa amat berat dan melelahkan, anggap saja itu hanya sementara atau batu loncatan saja untuk rencana besar ke depannya.

Dengan berpikir seperti itu, setidaknya anda akan melenyapkan separuh atau bahkan 90% beban anda.

5. Teman Kantor yang Baik adalah Penyemangat Anda

jenis bidang pekerjaan

Meskipun anda sedang menjalani pekerjaan yang tidak disukai, ingatlah bahwa anda tidak menderita sendirian. Ada teman-teman kantor lain yang pastinya juga senasib dengan anda.

Beberapa teman kantor yang baik adalah penyemangat anda. Bisa jadi kalian akan merencanakan hal-hal menyenangkan sepulang kerja, seperti nonton, nongkrong di café, atau bermain game sama-sama.

Di akhir pekan, anda dan teman-teman juga mungkin akan merencanakan liburan bersama-sama atau bahkan mengajak keluarga/pacar masing-masing. Bukankah itu menyenangkan?

6. Hidup Anda bukan Hanya di Tempat Kerja

cara mencintai pekerjaan

Ketika sedang down karena menjalani pekerjaan yang tidak disukai, mungkin anda harus ingat bahwa dalam 24 jam sehari, anda hanya bekerja maksimal 10 jam, bahkan kurang dari itu. Itu pun belum termasuk libur akhir pekan atau hari libur nasional.

Itu berarti anda masih punya 14 jam lain dalam sehari untuk menjalani hidup di luar pekerjaan.

Jadi, bersemangatlah karena kehidupan anda tidak hanya di tempat kerja sana. Ada banyak hal-hal menyenangkan lain yang bisa dilakukan ketika sedang tidak bekerja.

7. Buat Suasana Kantor jadi Berbeda

gak betah di tempat kerja

Apakah anda pernah berpikir bahwa bisa saja pekerjaan yang tidak disukai tersebut, salah satu penyebannya adalah akibat dari ruangan kantor yang tidak kondusif?

Maka dari itu, cobalah untuk sedikit merubah meja kerja anda menjadi sedikit nyaman. Misalnya dengan meletakkan kalender atau foto orang-orang yang anda sayangi di meja kerja anda.

Atau barangkali satu pot tanaman sukulen bisa membuat ruang kerja anda lebih hidup dari biasanya.

Meskipun anda tidak bisa mendekorasi ulang seluruh ruangan kantor karena itu bukan kewenangan anda, tapi setidaknya anda sudah mencoba dengan merubah hal-hal kecil untuk memberikan kesan lain dari pekerjaan yang tidak disukai tadi.

Baca juga:

Demikianlah tadi 7 cara mencintai pekerjaan yang tidak disukai dan mengubahnya jadi semangat kembali. Memang tidak mudah untuk belajar menghadapi pekerjaan yang tidak kita sukai apalagi mengubahnya jadi penyemangat.

Namun setidaknya kita bisa belajar untuk menjadi profesional dengan tidak melihat kejelekan pekerjaan tersebut, tetapi sebagai tantangan untuk berusaha memberikan yang terbaik terhadap pekerjaan tersebut. Itulah arti profesional dalam pekerjaan. [BH/CS]

Tinggalkan komentar