7 Peluang Usaha Baru yang Menjanjikan dan Terlaris 2019

Sharing is caring!

Peluang Usaha Baru yang Menjanjikan, BisnisHandal.com ~ Bingung mencari peluang usaha baru yang menjanjikan di saat sekarang ini? Artikel di bawah ini mungkin bisa membantu anda menemukannya.

Tidak selamanya bekerja menjadi karyawan itu menyenangkan. Sistem kerja yang padat, tuntutan yang tinggi, dan penghasilan yang relatif kecil membuat sebagian orang terkadang memutar otak guna mencari usaha sampingan atau peluang usaha baru yang menjanjikan.

Namun untuk membuka usaha baru tentulah tidak mudah. Selain modal yang harus mencukupi, peluang usaha juga harus menjadi pertimbangan yang matang.

Kita tidak bisa serta merta datang dan membuka bisnis tertentu di suatu tempat tapa riset yang matang karena pada akhirnya usaha kita akan keok dikalahkan oleh pesaing yang lebih senior.

Jalan tengah agar tetap bisa survive adalah dengan cara mencari peluang usaha baru yang menjanjikan. Peluang usaha baru inilah yang nantinya akan menjadi celah masuknya kita ke dalam bisnis yang akan kita bangun nantinya.

Seiring perkembangan zaman, ada banyak sekali bermunculan peluang usaha baru yang menarik dan memiliki potensi bagus untuk bisa survive bertahan terhadap gempuran para pemain lama di dunia bisnis yang keras. Beberapa peluang usaha baru yang menjanjikan di bawah ini mungkin saja cocok sebagai salah satu ide atau referensi anda yang sedang mencari-cari bidang usaha apa yang akan anda geluti nantinya.

7 Peluang Usaha Baru yang Menjanjikan dan Terlaris 2019 yang Bisa Jadi Referensi Usaha

1. Bisnis Food Truck

usaha yang menguntungkan di desa
peluang usaha rumahan di desa

Peluang usaha baru yang menjanjikan pertama adalah food truck.

Belakangan ini bisnis kuliner dengan konsep food truck memang lagi naik daun, khususnya di kalangan milenial.

Modal yang dikeluarkan untuk memulai usaha dan tingkat fleksibilitas yang tinggi menjadikan usaha kecil yang menjanjikan ini sangat digandrungi oleh banyak kalangan.

Tidak seperti bisnis kuliner dengan konsep menetap, food truck bisa saja berpindah dari satu tempat ramai ke tempat ramai yang lain sehingga dapat lebih mudah meraup keuntungan dengan sistem “mendatangi pembeli”.

Untuk dagangan kuliner yang bisa diperjual belikan di food truck juga banyak variasi tergantung pada selera pasar, mulai dari fast food, aneka camilan, makanan ringan kekinian, jus atau minuman kekinian, hingga berbagai jajanan kaki lima.

Modal yang dikeluarkan untuk bisnis food truck secara umum lebih kecil daripada harus memulai usaha kuliner yang permanen. Karena untuk membangun atau menyewa sebuah rumah makanan di lokasi strategis membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Untuk membeli mobil yang digunakan sebagai “warung” food truck ini, anda tidak harus membeli mobil baru. Cukup membeli mobil bekas dan bisa dimodifikasi sesuai dengan konsep warungnya.

Saat ini ada banyak sekali leasing yang melayani jual beli mobil bekas secara kredit.

Jadi anda cukup mengeluarkan modal awal Rp. 20 juta hingga Rp. 75 juta untuk modal awal bisnis food truck (biaya DP mobil, modifikasi dan bahan baku usaha).

Sisa cicilan kredit berikutnya bisa anda bayar secara bertahap menyesuaikan dengan keuntungan yang anda peroleh dari bisnis food truck nantinya.

2. Jasa Titip (Jastip) Belanja

usaha yang menjanjikan 2018

Bisnis jastip atau jasa titip kini menjadi peluang usaha baru yang menjanjikan terutama di kalangan kaum hawa yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi.

Berawal dari kegemaran para wanita yang suka memamerkan barang belanjaan di sosial media seperti Instagram, Whatsapp, Facebook, dan sejenisnya, lambat laun teman-teman yang terkoneksi dengan sosial media tersebut mulai meminta tolong “nitip belanjaan” dengan imbalan uang jasa tertentu.

Kini bisnis jastip atau jasa titip belanja semakin booming dikalangan para wanita milenial, bahkan ada yang bisa mengantongi omset hingga ratusan juta dari jastip setiap kali trip dan belanja di suatu daerah.

Bisnis satu ini juga sangat mudah dilakukan karena merupakan usaha sambilan sambil jalan-jalan atau berpergian ke suatu daerah karena urusan tertentu.

Anda hanya harus menginformasikan ke teman di sosial media saja kalau sedang berada di tempat tertentu dan membuka ketersediaan jastip terhadap barang atau makanan tertentu.

Barang titipan tersebut baru akan diserahkan begitu selesai pulang dan anda akan mengambil fee atas usaha jasa titip tersebut.

Jangan lupa pula memperhitungkan faktor akomodasi seperti biaya bagasi pesawat atau biaya pengiriman barang tersebut.

3. Bisnis Spa Kecantikan

contoh usaha modal kecil untung besar
ide bisnis rumahan

Bagi sebagian besar wanita di seluruh dunia, kecantikan dan kesehatan adalah harga mati yang tidak bisa ditawar.

Oleh karenanya, kebanyakan wanita rela sampai harus keluar uang berapapun demi untuk mempercantik diri dan membuatnya tetap terlihat bugar.

Salah satu cara untuk mempercantik diri dan membuat para wanita agar terlihat bugar adalah dengan menjalani aneka treatment di spa kecantikan. Oleh karena itu membuka bisnis spa kecantikan merupakan peluang usaha baru yang menjanjikan untuk saat ini.

Ada banyak paket perawatan yang bisa ditawarkan dalam spa kecantikan, mulai dari perawatan kulit wajah, pijat, pedicure, relaksasi, mandi susu, dan sebagainya.

Untuk usaha spa kecantikan sendiri, anda harus mengeluarkan modal berkisar Rp. 30 juta  – Rp. 50 juta tergantung pada lokasi tempat usaha, biaya tenaga terapis dan jenis perawatan nantinya.

Bisnis satu ini jika dibuka pada lokasi dan sasaran target pasar yang tepat hanya membutuhkan waktu minimal 1 tahun saja untuk pengembalian modal awal. Sehingga cocok menjadi salah satu usaha rumahan ibu rumah tangga.

Rata-rata spa kecantikan mematok tarif mulai dari Rp. 20 ribu hingga Rp. 1 juta untuk masing-masing treatment dan biasanya pelanggan bisa mengambil lebih dari 1 jenis paket treatment.

4. Jasa Penambah Subscribers Channel Youtube

macam macam jenis usaha
contoh usaha kecil kecilan

Pada saat ini menjadi Youtuber adalah usaha yang sangat menjanjikan 2019. Bayangkan saja, seorang Youtuber sukses bisa meraup pendapatan hingga milyaran rupiah per hari.

Untuk menjadi seorang Youtuber anda harus menyajikan konten berupa video menarik yang diunggah ke situs Youtube.

Setelah itu anda bisa membuat channel Youtube tersebut dimonetisasi dengan menayangkan iklan dari Google.

Semakin banyak yang mengklik iklan tersebut maka penghasilan anda juga semakin banyak.

Akan tetapi, menjadi sukses di usaha yang menjanjikan dengan modal kecil ini bukan perkara mudah.

Selain harus menyajikan konten berkualitas agar bisa menarik pengunjung, hal utama yang menjadi penentu keberhasilan sebuah channel Youtube adalah jumlah subscribers yang ada di channel Youtube anda.

Tidak mudah untuk mendapatkan subscribers yang nantinya akan menjadi pelanggan tetap video anda.  Meskipun sudah promosi jor-joran dan membuat konten semenarik mungkin, jumlah subscribers biasanya bergerak sangat lambat.

Oleh karena itu kita perlu mencari alternatif jalan pintas agar bisa mendapatkan subscribers banyak dalam waktu yang tidak terlalu lama. Di sinilah jasa seorang penambah subscribers dibutuhkan.

Seorang jasa penambah jumlah subscribers di Youtube bertugas menambah orang yang mensubscribe dan menonton video di channel Youtube anda.

Makin banyak subscribers makin tinggi pula index video anda di channel Youtube sehingga akan makin mudah untuk mendatangkan pengunjung.

Seorang penambah jasa subscribers bisa mendapatkan penghasilan dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah dalam 1 bulan tergantung pada banyaknya pesanan jumlah subscribers.

Tentunya bisa menjadi peluang usaha baru yang menjanjikan bukan?

5. Warung Organic Food

usaha yang menguntungkan di desa
peluang usaha rumahan di desa

Tingginya resiko akan terjangkit penyakit mematikan dan berbahaya di negara berkembang seperti Indonesia membuat masyarakat kini semakin aware terhadap isu makanan sehat.

Bagaimana tidak, setiap hari makanan tidak sehat seperti makanan dengan kalori berlebih, makanan berpestisida, makanan dengan bahan pengawet, fast food, dan berbagai makanan tidak sehat lain dengan mudahnya beredar di sekitar kita.

Bahayanya lagi terkadang kita lupa atau tidak mengetahui akan bahaya yang mengancam di balik makanan tersebut.

Banyak sekali penyakit berbahaya dan mematikan yang bisa timbul dari konsumsi makanan, seperti kanker, serangan jantung, stroke, hipertensi dan banyak penyakit lain yang siap mengancam keselamatan kita.

Oleh karena itu, warung yang menyediakan bahan makanan organik segar perlahan muncul menggantikan bahan makanan yang telah terpapar oleh kandungan kimiawi, seperti pestisida.

Hingga saat ini, meskipun belum banyak, warung organic food selalu diburu oleh pembeli dan bisa menjadi peluang usaha baru yang menjanjikan di masa yang akan datang.

Untuk membuka usaha ini, anda harus memperhatikan beberapa hal.

Pertama adalah lokasi usaha.

Warung organic food akan jauh menghasilkan bila dibuka di daerah perkotaan besar dimana masyarakat sudah lebih peduli terhadap isu kesehatan.

Lagipula makanan organik akan dilabeli dengan harga yang jauh lebih tinggi daripada makanan non organik, jadi target pasar yang kita bidik adalah kalangan menengah ke atas.

Hal kedua yang menjadi pertimbangan adalah ketersediaan bahan baku.

Saat  ini jumlah petani bahan makanan organik di Indonesia jumlahnya masih sangat sedikit dibandingkan dengan petani konvensional.

Keterbatasan petani bahan makanan organik tersebut tentunya membuat produksinya juga tidak sebanyak bahan makanan non organik.

Jadi anda harus mempertimbangkan caranya mendapat bahan makanan tersebut apakah harus dengan membeli dari petani langsung, menanam sendiri, ataukah dengan impor.

Semuanya harus melalui pertimbangan matang karena akan mempengaruhi harga produk yang akan dijual nantinya.

Jika dihandle dengan tepat, bisnis warung organic food bisa menjadi peluang usaha terbaru dan terlaris untuk saat ini.

6. Tempat Penitipan Binatang Peliharaan

peluang usaha ternak
usaha yang menguntungkan di desa
peluang usaha di rumah

Bagi sebagian orang yang pecinta binatang,  binatang peliharaan adalah anggota keluarga kedua yang juga harus ikut mendapatkan kasih sayang yang cukup.

Tidak jarang pula ada yang sampai rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit hanya untuk memastikan binatang peliharan miliknya terawat dengan baik.

Namun kadang kala ada sering timbul masalah karena terkadang binatang peliharaan ini tidak bisa dibawa kemana majikannya pergi.

Apalagi jika majikannya harus pergi meninggalkan rumah dalam waktu yang lumayan lama. Misalnya mudik di kampung.

Satu-satunya jalan agar binatang peliharaan dapat terawat dengan baik adalah dengan menitipkannya.

Dari sinilah ide usaha penitipan binatang peliharaan berawal.

Untuk membuka tempat penitipan binatang, anda harus mempersiapkan tempat terlebih dahulu.

Tempat penitipan sebetulnya sangat fleksibel karena anda bahkan bisa membuka usaha ini di rumah dan memanfaatkan pekarangan rumah atau garasi sebagai tempat penitipan binatang. Disamping itu juga dengan membuka usaha ini dirumah anda bisa menghemat banyak modal yang bisa diahlikan untuk keperluan lain.

Persiapan lain yang anda butuhkan adalah kandang, sabun mandi dan perlengkapannya, makanan binatang, dan karyawan.

Usaha satu ini memang tidak membutuhkan modal yang relatif besar, namun bisa menjadi peluang usaha baru yang menjanjikan jika dijalani dengan serius.

7. Jasa Menambah Follower Instagram

rekomendasi usaha rumahan
ide usaha kreatif inovatif

Selain menjadi media sosial sejuta umat, Instagram juga sering digunakan sebagai ladang bisnis pada saat sekarang ini.

Salah satu jenis pemasukan yang menggiurkan yang bisa didapat dari Instagram adalah endorse berbagai macam produk.

Seorang selebgram bahkan bisa dibayar dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk keperluan endorse produk.

Namun untuk menjadi selebgram yang mendapatkan bayaran tinggi juga tidak mudah.

Indikator dari Instagram seseroang agar bisa dijadikan partner untuk endorse adalah dari banyaknya jumlah follower.

Semakin banyak follower di Instagram, maka semakin besar pula penghasilan yang akan didapatnya.

Namun ada kalanya sulit sekali mencari atau menambah jumlah follower. Kalaupun bertambah biasanya tidak bisa instan dan membutuhkan waktu yang lama.

Disinilah dibutuhkan jasa seseorang yang bisa menambah follower di Instagram dalam waktu yang tidak lama.

Lambat laun, bisnis jasa menambah follower Instagram malah menjadi peluang usaha baru yang menjanjikan.

Selain itu, untuk memulai contoh usaha kecil kecilan satu ini juga tidak membutuhkan modal yang relatif besar.

Anda hanya mengandalkan komputer/laptop/smartphone dan koneksi internet tentunya.

Untuk menambah jumlah follower sesuai pesanan, anda bisa melakukannya secara manual atau pun dengan menggunakan program bot.

Bayaran yang didapat dari jasa penambah follower Instagram juga lumayan menggiurkan.

Seorang penambah jasa follower Instagram bisa mengantongi dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah tergantung dari banyaknya pesanan dan jumlah follower yang diinginkan oleh klien.

Baca juga:

Itulah tadi 7 peluang usaha baru yang menjanjikan dan terlaris 2019 yang bisa dijadikan inspirasi usaha untuk anda.

Jika ada peluang usaha baru yang anda minati, jangan ragu untuk memulainya karena tanpa memulai, ide bisnis tersebut hanya akan sia-sia. [BH/HT]

Tinggalkan komentar