11 Peluang Usaha di Desa Berkembang yang Menjanjikan Tahun 2019

Sharing is caring!

Peluang Usaha di Desa Berkembang ~ Peluang usaha baru apa yang lagi trend dan menjanjikan untuk desa berkembang? Atau anda sedang mencari usaha di daerah sepi dan usaha unik di desa? Artikel di bawah ini akan membantu anda menemukannya.

BisnisHandal.com, Desa berkembang adalah desa yang memiliki potensi sumber daya sosial, ekonomi dan ekologi yang sedang bergerak menuju desa yang maju.

Berbeda dengan desa tertinggal atau desa terisolir yang tidak bisa memanfaatkan potensi sumber daya untuk kemajuan masyarakat karena banyak faktor, desa berkembang telah mampu menggunakan segala potensi yang ada untuk kemajuan perekonomian masyarakatnya.

Desa berkembang ditandai dengan kemajuan perekonomian masyarakat yang meningkat, infrastruktur yang sudah semakin baik dan daya beli masyarakat yang ikut meningkat.

Seiring dengan peningkatan ketiga hal di atas, desa berkembang banyak melahirkan jenis usaha baru yang nantinya akan ikut berkontribusi dalam kemajuan perekonomian di desa.

11 Peluang Usaha di Desa Berkembang yang Lagi Trend dan Manjanjikan

Jika anda tinggal di desa berkembang dan sedang bingung mencari ide peluang usaha, mungkin jenis usaha di bawah ini bisa jadi inspirasi peluang usaha yang cocok untuk anda.

1. Peluang Usaha Counter Pulsa dan Aksesoris HP

peluang usaha baru

Usaha counter pulsa dan aksesoris HP sangat cocok dijadiakan contoh peluang usaha di desa berkembang.

Pada umumnya, indikator untuk sebuah desa yang mulai berkembang ditandai dengan pola hidup masyarakatnya yang cenderung konsumtif. Kecenderungan konsumtif disini bisa berupa jajan makanan yang berlebihan atau penggunaan pulsa yang terkadang melonjak tinggi.

Maka dari itu usaha counter pulsa dan aksesoris HP sangat cocok sebagai peluang usaha dagang di desa berkembang. Usaha satu ini, selain perputaran uang yang sangat cepat, profitnya juga sangat menjanjikan.

2. Peluang Usaha Salon Kecantikan dan Barbershop

peluang usaha 2019

Salon kecantikan dan barbershop sangat cocok menjadi peluang usaha di desa berkembang selanjutnya.

Tidak seperti peluang usaha di desa terpencil yang serba sulit, bisnis salon dan barbershop akan maju di desa berkembang karena gaya hidup masyarakatnya yang mulai menyesuaikan diri.

Sebelum memulai usaha satu ini ada baiknya anda melakukan riset dan survey terlebih dahulu usaha salon atau barbershop kah yang lebih banyak diminati di daerah tersebut.

Atau kalau memungkinkan tidak ada salahnya kedua usaha tersebut dijadikan satu. Tetapi, semua itu balik lagi tergantung kebutuhan dan pola hidup masyarakat yang berada di daerah anda.

3. Peluang Usaha Warung Makan

usaha di daerah sepi

Usaha kuliner seperti warung makan sudah pasti cocok menjadi peluang usaha di desa berkembang.

Sebetulnya warung makan termasuk usaha fleksibel yang cocok di daerah mana saja dan bisa bertahan sampai kapan saja, malahan bisa dijadikan peluang usaha di desa terpencil.

Bahkan bisnis warung makan juga cocok untuk usaha di daerah sepi tergantung bagaimana kita membrandingnya.

Sebelum memulai usaha warung makan, anda sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu warung makan seperti apa yang banyak peminatnya namun persaingan belum terlalu banyak. Jangan karena usaha warung makan adalah bisnis abadi, anda lantas jadi gegabah menjual makanan yang sulit bersaing.

Contohnya jika sudah ada warung makan Padang yang letaknya tidak jauh dari usaha anda, sebaiknya memilih jenis makanan lain selain masakan Padang. Karena meskipun bisa bersaing, namun perhatian pembeli sudah pasti terbagi karena ada 2 warung makan serupa di daerah yang berdekatan.

4. Peluang Usaha Guru Les Privat

usaha yang menjanjikan 2019

Salah satu peluang usaha di daerah berkembang yang pasti dibutuhkan adalah guru les privat.

Les privat bisa jadi peluang usaha rumahan di desa karena waktunya yang fleksibel, namun sangat dibutuhkan. Anda bisa memilih menjadi guru les privat yang sesuai dengan bidang kemampuan anda.

Misalnya, guru les bahasa inggris, mengajar agama, matematika, atau guru spesialis bimbel.

5. Usaha Toko Sembako

usaha rumahan yang lagi trend

Anda memiliki sedikit modal dan sedang mencari peluang usaha di desa berkembang? Bisa jadi toko sembako adalah peluang usaha yang cocok. Peluang usaha dagang di desa ini bahkan cocok sebagai usaha di daerah sepi sekalipun.

Untuk memulai usaha ini, terlebih dahulu anda harus mempersiapkan toko yang letaknya strategis dan mudah terjangkau terlebih dahulu. Kemudian anda bisa mulai buat listing barang yang akan dijual sambil mencari-cari agen pemasoknya.

Setelah barang dagangan siap, usahakan tidak menjual barang terlalu mahal daripada pesaing dan jangan pula merusak harga pasar dengan harga yang terlalu murah.

Tanpa harus diskon banting harga atau promosi besar-besaran, usaha sembako juga akan maju dengan sendirinya asalkan dikerjakan dengan ulet dan sepenuh hati.

6. Peluang Bisnis Laundry

usaha yang menjanjikan di masa depan

Usaha laundry adalah contoh peluang usaha di desa berkembang yang akan maju kedepannya asalkan bisnis ini dihandle dengan benar.

Untuk memulai bisnis laundry, anda perlu mempersiapkan segala peralatan usaha, mulai dari mesin cuci plus pengering, seterika, deterjen, pewangi dan pelembut pakaian. Anda bisa melakukan usaha ini sendiri atau dibantu oleh karyawan.

Dengan harga yang masuk akal dan pelayanan yang baik, usaha satu ini akan menjadi bisnis yang menjanjikan kedepannya.

7. Usaha Toko Bangunan

usaha rumahan makanan ringan

Jika anda punya modal yang cukup, membuka toko material atau bahan bangunan di desa berkembang adalah ide yang cemerlang.

Karena selain pola hidup masyarakat di desa berkembang yang lebih konsumtif daripada desa kecil, pembangunannya juga sangat pesat. Masyarakat di desa berkembang cenderung berlomba untuk membangun atau memperindah rumah.

Dengan hadirnya sebuah toko yang menyediakan material bahan bangunan, masyarakat di desa tersebut tentu saja akan sangat terbantu. Sehingga mereka tidak perlu repot lagi sampai harus mencari material ke kota.

Ketika baru merintis usaha ini, sangat disarankan untuk berhati-hati dalam menggunakan modal usaha.Juallah terlebih dahulu bahan utama yang pasti dicari orang, seperti semen, pasir, batu, baja ringan, besi, atap, dan keramik.

Untuk bahan yang tidak terlalu penting bisa ditambah belakangan apabila usaha anda sudah semakin maju.

8. Peluang Usaha Ternak

peluang usaha dagang di desa

Usaha ternak adalah peluang usaha rumahan di desa yang cukup diminati karena ketersediaan lahan yang luas dan pemeliharaannya yang relatif mudah dan murah.

Peluang usaha di desa berkembang satu ini juga akan menghasilkan profit yang cukup untuk menopang perekonomian keluarga apabila dijalankan dengan serius.

Sebelum memulai, tentukan terlebih dahulu jenis ternak yang akan menjadi peluang usaha. Karena setiap ternak mempunya kelemahan dan kelebihan tersendiri.

Ternak unggas misalnya.

Meskipun ternak unggas hanya memerlukan modal usaha yang sedikit, namun harus membutuhkan perawatan ekstra karena unggas gampang terkena wabah penyakit.

9. Peluang Usaha Kredit Furniture

usaha unik di desa

Bisnis kredit furniture adalah contoh peluang usaha di desa berkembang dengan profit yang sangat menggiurkan.

Apalagi pada musim-musim tertentu seperti momen hari raya lebaran, omsetnya bisa naik pesat hingga berkali-kali lipat.

Contoh peluang usaha dagang di desa satu ini meskipun memberikan keuntungan yang besar, juga membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Karena itu, biasanya usaha kredit furniture hanya memajang perabotan beberapa jenis atau seperlunya saja di toko. Sisanya bisa melalui foto atau brosur.

Jika ada pembeli yang berminat, mereka baru membelinya dari agen besar.

10. Peluang Usaha dari Bisnis Minimarket

usaha potensial di desa

Kehadiran minimarket di desa berkembang juga menjadi peluang bisnis yang sayang untuk dilewatkan. Karena itu, jika anda mempunyai modal yang cukup tidak ada salahnya mencoba usaha satu ini.

Menariknya di desa, anda tidak perlu repot membeli franchiese sebuah jaringan minimarket agar bisa bersaing.

Cukup dengan membuka sebuah minimarket dengan nama yang mudah diingat mengingat persaingannya yang masih rendah.

11. Peluang Usaha dengan Membuka Bengkel Motor

peluang usaha 2019

Bengkel motor juga merupakan peluang usaha di desa berkembang yang sangat bagus. Karena salah satu hal yang mengalami perkembangan di desa berkembang adalah transportasi darat.

Dengan infrastruktur yang makin baik, masyarakat yang membeli sepeda motor juga ikut meningkat. Karena itu sebuah bengkel sangat dibutuhkan di desa berkembang.

Untuk membuka bengkel motor di desa berkembang, sangat disarankan untuk membuka bengkel motor dengan layanan yang lengkap. Mulai dari service, ganti dan tambal ban, sampai aksesoris dan spare part juga diusahakan lengkap.

Baca Juga:

Nah, sebelas peluang usaha tadi hanya sebatas contoh peluang usaha di desa berkembang.

Namun jika anda rasa ada yang cocok, tidak ada salahnya mencoba salah satu usaha tersebut di atas. Akan tetapi, kondisi geografis dan perekonomian di desa satu akan sangat berbeda dengan desa lainnya. Jadi untuk membuka usaha juga perlu memperhitungkan berbagai kondisi yang ada di desa anda. [BH/HT]

Tinggalkan komentar