Pengertian Ekonomi Kreatif, Ciri-Ciri, Contoh, dan Manfaatnya

Sharing is caring!

Pengertian Ekonomi Kreatif, BisnisHandal.com ~ Apa pengertian ekonomi kreatif? Apa ciri-ciri, contoh dan manfaat ekonomi kreatif bagi kehidupan masyarakat? Semuanya akan dikupas secara tuntas di bawah ini.

Beberapa tahun belakangan ini pemerintah Indonesia sedang menggalakkan sektor ekonomi kreatif sebagai salah satu motor penggerak pembangunan di Indonesia.

Keseriusan pemerintah tersebut dituangkan dalam bentuk Peraturan Presiden nomor 6 tahun 2015 dengan dibentuknya Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) yang dipimpin oleh Triawan Munaf.

Apa itu ekonomi kreatif?

Pengertian Ekonomi Kreatif

manfaat ekonomi kreatif

Pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah konsep perekonomian di era ekonomi baru yang mengedepankan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia dan mengintensifkan pada informasi dan kreativitas sebagai faktor produksi utama.

Istilah ekonomi kreatif pertama kali diperkenalkan oleh John Howkins pada tahun 1997 di Amerika Serikat dalam bukunya yang berjudul “The Creative Economy: How People Make Money from Ideas”.

Howkins memunculkan ide istilah ekonomi kreatif karena pada saat itu Amerika sedang berjaya dalam bisnis Hak Kekayaan Intelektual di mana HKI menjadi komoditas ekspor nomor 1 di negara itu dengan pendapatan sebesar US$414 milyar.

Menurut Howkins, pengertian ekonomi kreatif adalah kegiatan ekonomi dalam masyarakat yang sebagian besar waktunya dihabiskan untuk menghasilkan ide untuk kemajuan, bukan hal-hal yang rutin dan berulang.

Ciri-Ciri Ekonomi Kreatif

Berdasarkan pengertian ekonomi kreatif di atas, kita dapat melihat bahwa dalam ekonomi kreatif terdapat 2 elemen utama, yaitu ide dan kreativitas.

Maka dari itu, ciri-ciri ekonomi kreatif adalah sebagai berikut:

  • Pondasi utama ekonomi kreatif adalah ide atau gagasan.
  • Unsur utama dalam ekonomi kreatif adalah kreativitas, keahlian, dan talenta yang bernilai jual dengan penawaran kreasi intelektual.
  • Produk yang dihasilkan adalah sesuatu dengan siklus hidup singkat, beraneka ragam, margin maupun persaingan yang sangat tinggi, dan dapat ditiru atau dimodifikasi.
  • Membutuhkan kolaborasi dari berbagai elemen yang berperan dari para intelektual, pemilik usaha, dan peranan pemerintah di dalamnya.
  • Konsep ekonomi kreatif dapat diciptakan dan dikembangkan lagi ke depannya secara relatif.
  • Pengembangkan ekonomi kreatif adalah tidak terbatas dan dapat diterapkan pada berbagai macam bidang usaha yang ada.

Contoh Ekonomi Kreatif

ekonomi kreatif pdf

Dengan mengacu pada buku keluaran Departemen Perdaganngan Republik Indonesia yang berjudul “Pengembangan Industri Kreatif Indonesia 2025), setidaknya ada 14 sektor industri kreatif pada saat ini.

Keempat belas sektor industri kreatif tersebut adalah perikanan, arsitektur, kerajinan, pasar barang seni, desain, fashion, kuliner, musik, film/video/fotografi, seni pertunjukan, radio/televisi, penerbitan/percetakan, layanan komputer/piranti lunak, dan riset/pengembangan.

Jadi sebetulnya ekonomi kreatif sangatlah luas karena mencakup banyak sektor industri.

Beberapa contoh ekonomi kreatif adalah sebagai berikut.

1. Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan merupakan salah satu industri kreatif yang harus terus digalakkan karena dapat menyerap banyak tenaga kerja di dalamnya.

Selain merupakan jenis usaha yang menguntungkan di desa, industri kerajinan tangan memiliki pangsa pasar yang luas, bahkan bisa sampai mancanegara.

Industri kerajinan tangan juga memiliki banyak ragam dan berkembang tidak terbatas tergantung pada ide dan kreativitas para pengrajinnya.

2. Design Interior

Perkembangan usaha design interior menunjukkan grafik yang menanjak selama beberapa tahun belakangan ini.

Bagaimana tidak, kemajuan industri arsitektur yang makin berkembang menuntut masyarakat berpikir semakin kritis dan kreatif dalam menentukan bentuk dan pola hunian rumah tinggal maupun gedung bertingkat.

Diperkirakan usaha design interior masih akan mendapat tempat dan berkembang di tahun-tahun mendatang.

3. Perusahaan Rekaman

artikel ekonomi kreatif

Perusahaan rekaman atau label musik menjadi salah satu industri kreatif yang memegang peranan penting bagi penggerak ekonomi hingga saat ini.

Apalagi pada saat ini, dengan perkembangan teknologi internet dan digital membuat masyarakat semakin mudah mengakses sebuah karya seni musik.

Dan implikasinya musik Indonesia bisa semakin berkembang hingga ke mancanegara.

4. Usaha Makanan Khas Daerah

Kuliner adalah salah satu jenis ekonomi kreatif yang tidak pernah mati dan bahkan terus berkembang tanpa batas mulai dari pelosok desa sampai kawasan megapolitan.

Salah satu usaha kuliner yang menarik dan perlu mendapat dukungan dari pemerintah dan pemodal adalah usaha makanan khas daerah.

Sebetulnya dengan kekayaan budaya Indonesia yang beragam, setiap daerah dipastikan memiliki makanan khas yang bisa dikembangkan dan bahkan dibawa keluar daerah tersebut.

Apalagi industri makanan khas daerah jika sudah berkembang akan menyerap banyak sekali tenaga kerja di dalamnya.

5. Aplikasi Smartphone

Pada saat ini, Indonesia sudah memiliki 4 perusahaan startup “Unicorn” dan ratusan “embrio” Unicorn baru yang siap lahir.

Penyebab perusahaan startup menjadi besar salah satunya adalah karena pertumbuhan perangkat lunak berupa aplikasi di smartphone yang luar biasa.

Ini menandakan bahwa ide dan kreatifitas anak muda Indonesia di bidang teknologi digital startup luar biasa dan perlu mendapat dukungan terutama dari pemodal dan pemerintah.

Manfaat Ekonomi Kreatif

ekonomi kreatif berbasis budaya lokal

Setelah mengetahui pengertian ekonomi kreatif, ciri-ciri, dan contohnya, sekarang mari kita lihat manfaat dari ekonomi kreatif.

Adapun manfaat ekonomi kreatif bagi masyarakat adalah sebagai berikut:

  • Munculnya bisnis startup yang membawa produk dan hal yang belum pernah ada sebelumnya
  • Adanya percepatan inovasi yang akan mempermudah kehidupan masyarakat dalam segala aspek
  • Dengan adanya ekonomi kreatif bisnis menjadi lebih kompetitif
  • Menciptakan manusia yang lebih kreatif lagi
  • Produk yang dihasilkan akan lebih berkualitas
  • Pertumbuhan ekonomi secara global akan meningkat lebih cepat

Baca juga:

Demikianlah pengertian ekonomi kreatif, ciri-ciri, contoh, dan manfaatnya bagi kehidupan masyarakat. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. [BH/CS]

Tinggalkan komentar