Sebelum Melamar Kerja, Kenali Dulu Perbedaan CV dan Resume Berikut

Sharing is caring!

Perbedaan CV dan Resume ~ Apa bedanya antara CV dan resume? Apa pula yang seharusnya dilampirkan ketika melamar pekerjaan? Simak jawabannya di bawah ini!

BisnisHandal.com, Ketika hendak memasuki dunia kerja dan melamar pekerjaan, anda biasanya diwajibkan untuk membuat surat lamaran pekerjaan dengan melampirkan CV (Curriculum Vitae) atau resume.

Untuk anda yang baru pertama kali melamar pekerjaan atau yang masih fresh graduate mungkin akan sedikit bingung untuk membedakan antara CV dan resume. Padahal baik CV atau resume adalah dokumen terpenting ketika hendak melamar pekerjaan.

Hal ini dikarenakan selain surat lamaran pekerjaan yang baik, CV atau resume kerap kali menjadi tolak ukur utama bagi perusahaan untuk memanggil anda ke tahap seleksi selanjutnya atau tidak.

Maka dari itu, sebelum melamar pekerjaan, alangkah baiknya bagi anda untuk terlebih dahulu mengetahui perbedaan CV dan resume agar tidak salah dalam melampirkan dokumen nanti.

Pengertian CV (Curriculum Vitae)

Pengertian CV atau Curriculum Vitae adalah dokumen yang mendeskripsikan secara rinci data diri, pendidikan, pengalaman, kualifikasi, dan prestasi akademis, serta hal-hal lain yang terkait dengan profesi atau raihan dalam hidup seseorang.

Curriculum Vitae sendiri berasal dari bahasa latin yang jika diterjemahkan artinya adalah Course of Life atau Cerita Perjalanan Hidup.

perbedaan cv dan resume dalam bahasa inggris
Salah Satu Contoh Curriculum Vitae

Jadi dengan kata lain, CV adalah cerita perjalanan karir seorang secara kronologis dan rinci hingga pada saat dirinya melamar pekerjaan.

Pengertian Resume

Pengertian resume adalah dokumen yang berisi rangkuman singkat, padat, dan jelas mengenai pengalaman profesional seseorang.

Jadi seluruh rangkuman profesional seorang pelamar kerja, seperti keterampilan, kualifikasi, dan pendidikan yang direkap ini disebut dengan resume.

Bisa dibilang resume adalah CV dalam dokumen yang lebih singkat dan padat dengan format yang cukup fleksibel karena bisa menyesuaikan dengan kebutuhan atas lowongan pekerjaan yang akan anda lamar.

4 Perbedaan Antara CV dan Resume

Jadi dari pengertian antara CV dan resume di atas mungkin anda sudah bisa menyimpulkan bahwa perbedaan antara CV dan resume ini terletak pada detail isinya. Jika pada CV isinya lebih detail dan lengkap, maka pada resume isinya lebih ringkas dan padat.

Selain pada detail isinya, beberapa perbedaan dari CV dan resume berikut ini juga bisa menjadi pembanding antara keduanya.

1. Perbedaan CV dan Resume dari Bentuk Dokumennya

Perbedaan CV dan resume yang pertama adalah dari bentuk dokumennya. Untuk CV bentuknya adalah baku yang berisikan mengenai data pendidikan, pengalaman kerja, dan berbagai pencapaian lain dalam karir maupun di bidang akademis.

Bentuk dari CV ini akan tetap sama ketika seseorang melamar pekerjaan untuk perusahaan mana saja dan untuk posisi apa saja. Mungkin seiring dengan berjalannya waktu bisa terjadi penambahan pengalaman kerja atau pencapaian gelar akademis seseorang, namun tidak akan merubah informasi yang sudah ada.

Berbeda dengan CV, sebuah resume bentuknya lebih fleksibel. Anda bisa mencantumkan pencapaian pengalaman tertentu sesuai dengan posisi pekerjaan yang anda lamar. Atau anda juga bisa tidak memasukkan beberapa pencapaian anda yang ternyata tidak sesuai dengan posisi pekerjaan yang anda lamar.

2. Perbedaan CV dan Resume dari Panjang Dokumennya

Karena CV harus memuat semua informasi yang berisi cerita pengalaman hidup anda hingga pada saat anda melamar pekerjaan, maka semua data yang ditampilkan juga jelas dan terperinci.

Jadi tidak heran jika sebuah dokumen CV seseorang bisa sangat panjang sesuai dengan pencapaian akademis, prestasi, pengalaman, dan lain-lain yang dimiliki orang tersebut.

Sebuah CV yang baik memiliki panjang minimal 2 halaman keras ukuran folio dan biasanya akan lebih panjang dari pada itu.

Sedangkan untuk resume biasanya memiliki panjang hanya 1 halaman lagi karena semua data yang ada di dalamnya hanya ringkasan yang disesuaikan dengan posisi pekerjaan yang akan dilamar.

3. Perbedaan CV dan Resume dari Negara yang Menggunakannya

CV atau Curriculum Vitae adalah syarat umum bagi seseorang yang akan melamar pekerjaan di negara-negara Eropa, seperti Inggris, Irlandia, dan beberapa negara Eropa lainnya. CV juga umum digunakan di negara-negara persemakmuran Inggris, seperti di New Zealand.

Sedangkan untuk resume lebih umum digunakan di negara-negara yang berada di kawasan Amerika Utara, seperti Canada dan USA.

contoh resume joobstreet
Salah Satu Contoh Resume

Namun demikian, untuk di negara-negara Afrika, Australia, dan sebagian Asia, baik CV dan resume juga sangat umum digunakan. Biasanya CV lebih sering digunakan pada pekerjaan untuk posisi di sektor layanan publik, sedangkan untuk pekerjaan sektor swasta lebih menggunakan CV.

Di Indonesia sendiri lebih banyak pelamar kerja yang menggunakan resume, meskipun terkadang banyak yang salah kaprah mengartikannya sebagai CV. Mayoritas perusahaan di Indonesia memiliki CV standar sendiri yang baru akan diisi oleh pelamar pada saat panggilan wawancara kerja atau ketika sudah diterima bekerja.

4. Perbedaan Antara CV dengan Resume dari Tujuannya

Selain ketiga poin di atas, perbedaan antara CV dengan resume juga bisa dilihat dari tujuan pembuatan dokumen tersebut.

Tujuan dibuatnya CV adalah agar pihak pemberi kerja bisa mengetahui dengan lengkap dan menyeluruh mengenai kronologis kehidupan, pendidikan, karir, dan berbagai prestasi calon karyawannya.

Sedangkan tujuan dari resume adalah untuk memberikan informasi sekilas, cepat, dan ringkas seorang calon karyawan sebagai referensi penilaian awal dari calon karyawan tersebut.

Baca Juga:

Demikianlah tadi perbedaan antara CV dan resume yang harus diketahui terlebih dahulu sebelum melamar pekerjaan. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda. [BH/CS].

Tinggalkan komentar