Pilih Emas Antam atau UBS? Inilah 5 Perbedaan Emas Antam dan UBS

Sharing is caring!

Perbedaan Emas Antam dan UBS ~ Antara emas Antam vs UBS, manakah yang paling tepat untuk investasi? Simak perbedaan dan persamaan keduanya sebelum membeli!

BisnisHandal.com, Tidak bisa dipungkiri, emas memang menjadi salah satu produk investasi yang masih sangat diminati pada saat sekarang ini. Apalagi dengan kondisi perekonomian yang serba tidak pasti, emas adalah satu-satunya pilihan investasi yang memiliki nilai yang sangat stabil dan cenderung naik tanpa tergerus oleh inflasi.

Emas batangan bisa menjadi investasi yang menguntungkan untuk perencanaan keuangan di masa depan, baik itu untuk keperluan kuliah anak, modal usaha, membangun rumah, cadangan dana pensiun, dan lain-lain.

Untuk berinvestasi emas, tentunya anda harus membeli emas terlebih dahulu. Meskipun ada banyak sekali pilihan varian emas yang bisa dibeli, mulai dari 1 gram, 5 gram, 10 gram, dan sebagainya, saat ini ada 2 pilihan produsen emas yang bisa menjadi pilihan anda. Antam dan UBS.

Baik Antam maupun UBS adalah perusahaan produsen emas yang menyediakan emas batangan dalam berbagai pilihan ukuran untuk anda yang berkeinginan investasi emas.

Lalu apa perbedaan emas Antam dan UBS? Manakah antara emas keluaran Antam vs UBS yang terbaik untuk investasi?

5 Perbedaan Emas Antam dan UBS

Karena emas adalah investasi jangka panjang, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu perbedaan emas Antam dan UBS sebelum memutuskan ingin berinvestasi dengan emas keluaran perusahaan yang mana.

Berikut ini adalah perbedaan antara emas Antam dan UBS.

1. Perbedaan Emas Antam dan UBS dari Perusahaan Pembuatnya

emas ubs palsu

Perbedaan antara emas Antam vs UBS yang pertama adalah dari perusahaan pembuat atau produsennya. Emas Antam dibuat oleh PT Aneka Tambang Tbk yang merupakan salah satu anak perusahaan BUMN.

Sedangkan emas UBS dibuat oleh PT Untung Bersama Sejahtera yang merupakan salah satu perusahaan swasta di Surabaya.

Jadi kedua emas ini diproduksi oleh dua perusahaan yang sangat berbeda, satunya BUMN dan satunya lagi perusahaan swasta.

2. Perbedaan Emas Antam dan UBS dari Varian Emasnya

Perbedaan antara emas Antam dengan UBS yang berikutnya adalah dari varian emas yang dikeluarkan oleh kedua perusahaan ini.

Emas produksi PT Antam adalah berbentuk batangan (bar) dengan varian pecahan berupa 1 gram, 2 gram, 2.5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.

Sedangkan emas produksi PT UBS adalah terdiri dari varian pecahan 0.5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.

Jadi pada emas Antam pecahan terkecilnya adalah 1 gram sedangkan emas UBS pecahan terkecilnya adalah 0.5 gram. Emas antam memiliki varian pecahan 2.5 gram, sedangkan emas UBS tidak ada.

3. Perbedaan Emas Antam dan UBS dari Harga Beli

Untuk harga beli antara emas Antam dan UBS memiliki sedikit perbedaan. Umumnya emas UBS dibanderol dengan harga yang sedikit lebih murah daripada emas Antam untuk berat yang sama.

Misalnya per hari di mana artikel ini dibuat, harga emas UBS untuk 1 gram adalah senilai Rp 730.000 dan untuk harga emas Antam 1 gram adalah Rp 790.000.

4. Perbedaan Emas Antam dengan UBS dari Bentuk

Dari segi bentuk, untuk ukuran berat yang sama, emas UBS memiliki bentuk yang lebih pipih dan lebar. Sedangkan pada emas Antam, bentuknya lebih tebal dan kecil.

Karena bentuknya yang sedikit lebih pipih, emas UBS bisa disimpan dengan cara ditumpuk, sedangkan untuk emas Antam lebih baik jika tumpukannya tidak terlalu tinggi.

5. Perbedaan Emas Antam dengan UBS dari Kemasan Penjualan

king halim

Untuk kemasan emas Antam dan UBS ketika dijual juga ada sedikit perbedaan. Kemasan emas Antam adalah berbentuk cetakan pres yang terlaminasi antara emas dengan sertifikatnya seperti simcard seluler dan berlaku untuk semua ukuran emas.

Sedangkan pada emas UBS, kemasan yang terlaminasi antara emas dengan sertifikatnya hanya berlaku untuk pecahan varian di bawah 5 gram saja. Sedangkan untuk pecahan varian 5 gram atau di atasnya, antara emas dengan sertifikatnya yang berhologram dipisah.

4 Persamaan Emas Antam dan UBS

Meskipun antara emas Antam dan UBS memiliki 5 perbedaan yang cukup mencolok, namun keduanya juga memiliki beberapa persamaan yang bisa jadi pertimbangan anda sebelum membeli emas.

Adapun persamaan antara emas Antam dan UBS adalah sebagai berikut.

  1. Sama-sama memiliki kadar emas 99.99%.
  2. Sama-sama memiliki sertifikat tanda keaslian emas.
  3. Memiliki harga buy back yang sama di IndoGold.
  4. Sama-sama bisa dibeli di Pegadaian atau situs jual beli online.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan antara emas Antam dengan UBS. Pada dasarnya kedua jenis emas ini memiliki kadar dan harga buy back yang sama meskipun memiliki beberapa perbedaan. Namun keduanya tetap cocok untuk dijadikan instrumen investasi jangka panjang. [BH/CS]

Tinggalkan komentar