Perbedaan Marketing dan Sales dalam 5 Aspek Sederhana dan Mudah

Sharing is caring!

Perbedaan Marketing dan Sales ~ Sebetulnya marketing dan sales ini sama atau berbeda? Apa perbedaan antara marketing dengan sales? Yuk simak perbedaan keduanya dalam 5 aspek di bawah ini.

BisnisHandal.com, Istilah sales dan marketing pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita semua. Bagi masyarakat awam kedua istilah dalam dunia penjualan ini mungkin terlihat sama atau memiliki arti yang serupa. Padahal sebetulnya kedua istilah ini sangat jauh berbeda.

Hal ini adalah wajar mengingat bukan hanya masyarakat awam yang menganggap kedua istilah ini sama, bahkan sampai ada perusahaan yang memukul rata arti istilah sales dan marketing.

Lalu apa bedanya antara marketing dan sales?

5 Jenis Perbedaan Marketing dan Sales

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara marketing dan sales yang mungkin perlu anda ketahui.

1. Perbedaan Marketing dan Sales dari Segi Definisi

sales and marketing

Perbedaan yang pertama antara marketing dengan sales adalah dari segi definisi.

Pengertian marketing adalah keseluruhan sistem kegiatan sebuah bisnis mulai dari merencanakan sebuah produk, menetapkan harga sebuah produk, mempromosikan sebuah produk, dan mendistribusikan produk tersebut sampai ke tangan konsumen.

Istilah marketing ini sering disebut sebagai bauran pemasaran (atau marketing mix) 4P, yang terdiri dari Product, Price, Promotion, dan Distribution. Bahkan ada yang menambahkannya menjadi 7P dengan ditambah dengan Process, People, dan Physical Evidence.

Sedangkan pengertian sales adalah sebuah tim atau perseorangan yang dibentuk oleh perusahaan dengan tugas menjual sebuah produk barang atau jasa kepada konsumen sesuai dengan harga yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

2. Perbedaan Marketing dan Sales dari Segi Ruang Lingkup Pekerjaan

tugas marketing

Dari segi ruang lingkup pekerjaan, marketing jauh lebih luas daripada sales.

Seperti yang sudah disinggung dari definisi di atas, secara ruang lingkup pekerjaan, tugas marketing adalah meliputi perencanaan produk, riset pasar untuk penentuan harga, mempromosikan sebuah produk, dan memastikan produk tersebut sampai ke konsumen.

Itu pun belum termasuk pada pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), aktivitas bisnis, sampai pada mempersiapkan bukti fisik sebuah perusahaan.

Sedangkan ruang lingkup pekerjaan sales adalah mempromosikan sebuah produk, memberikan penawaran atas sebuah produk ke calon konsumen, meyakinkan calon konsumen terhadap produk yang ditawarkan, memberikan informasi yang lengkap terhadap produk yang dijual, dan melakukan pendekatan tertentu kepada calon konsumen agar terjadi proses penjualan.

Intinya ruang lingkup pekerjaan sebagai sales hanya menciptakan sebuah transaksi jual beli saja.

3. Perbedaan Marketing dan Sales dari Segi Interaksi ke Konsumen

marketing mix adalah

Dari segi interaksi ke konsumen, antara sales dan marketing juga terdapat perbedaan yang signifikan.

Sales adalah tim atau perseorangan yang berinteraksi langsung dengan konsumen dan calon konsumen. Hubungan interaksi secara langsung antara sales dengan konsumen tersebut bisa berupa tatap muka secara langsung, melalui sambungan telpon, atau dengan berbagai media komunikasi online seperti chat, video call, dan sebagainya.

Sedangkan marketing tidak berinteraksi langsung ke konsumen. Mereka hanya duduk di belakang meja dalam perencanaan produk, harga, dan sebagainya tanpa harus bertemu langsung ke konsumen.

Kalaupun seorang tim marketing berinteraksi langsung ke konsumen biasanya hanya untuk survei kepuasan pelanggan atau keperluan riset lainnya, dan bukan untuk keperluan menjual sebuah produk.

4. Perbedaan Marketing dengan Sales dari Segi Target Pekerjaan

pengertian marketing

Dari segi target pekerjaan, antara marketing dengan sales juga jauh berbeda. Target pekerjaan sales adalah menjual produk yang bisa berupa barang atau jasa dalam jumlah tertentu sesuai dengan tenggat waktu yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

Namun target dari tim marketing tidak hanya memastikan target penjualan tersebut tercapai, tetapi juga mencakup target kualitas produk, target harga produk, target laba perusahaan, target distribusi, hingga pada target periklanan atau promosi.

5. Perbedaan antara Sales dengan Marketing dari Segi Gaji/Pendapatan

sales executive adalah

 Dari segi gaji atau pendapatan, marketing lebih tinggi daripada sales. Hal ini dikarenakan besarnya tanggung jawab pekerjaan marketing yang lebih besar daripada sales.

Meski demikian, sales masih bisa mendapatkan penghasilan tambahan di luar gaji pokok dari bonus target penjualan ataupun target tahunan.

Baca Juga:

Demikianlah tadi 5 jenis perbedaan marketing dan sales yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua. [BH/HT]

Tinggalkan komentar