Perusahaan Startup Adalah: Arti, Sejarah, dan Contohnya di Indonesia

Sharing is caring!

Perusahaan Startup Adalah ~ Apa yang dimaksud dengan perusahaan startup dan seperti apa contohnya di Indonesia? Simak penjelasannya berikut!

BisnisHandal.com, Istilah startup memang bukanlah frasa yang baru pertama kali kita kenal. Pertama kali mendengar kata startup, sebagian besar dari kita pasti akan langsung ingat GoJek, Traveloka, Tokopedia, Grab, dan lain-lain.

Memang betul beberapa perusahaan tersebut sudah mendapat analogi sebagai startup terkenal. Jadi tidak sedikit dari masyarakat yang akan langsung memberikan label “startup” untuk perusahaan-perusahaan digital yang sangat sukses tersebut.

Sebetulnya perusahaan startup itu apa dan mengapa saat ini begitu banyak pengusaha muda yang begitu tergila-gila dengan ide startup? Mari kita cari tahu bersama!

Apa itu Startup?

Secara harfiah, startup dapat diartikan sebagai perusahaan rintisan atau perusahaan baru yang baru-baru saja beroperasi.

Jadi pengertian perusahaan startup adalah perusahaan yang baru saja berdiri atau masih dalam tahap penelitian dan pengembangan dengan tujuan untuk menemukan pasar yang tepat.

Istilah startup sendiri baru muncul menjelang akhir tahun 90an dan berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi digital. Sehingga tidak mengherankan apabila startup sering diidentikkan dengan perusahaan yang berhubungan dengan digital atau teknologi internet.

Sejarah Perusahaan Startup

perusahaan startup di Indonesia

Istilah startup mulai populer secara global ketika tahun 1998 hingga tahun 2000 atau tempatnya pada masa bubble dot-com.

Era bubble dot-com adalah era dimana ada banyak sekali perusahaan yang berdiri di seluruh dunia yang menggunakan website untuk memperkenalkan bisnis mereka.

Sejak saat itulah semakin banyak orang yang mengenal teknologi internet untuk kemajuan dan perkembangan perusahaan yang baru mereka rintis.

Lambat laut istilah startup pun mengalami pergeseran makna. Awalnya startup merujuk pada perusahaan baru yang menggunakan website untuk memperkenalkan bisnis mereka. Sekarang berubah menjadi perusahaan yang bergerak dalam bidang digital atau teknologi informasi.

Karakteristik Perusahaan Startup

Untuk saat ini, tidak semua perusahaan yang bergerak dalam bidang digital atau perusahaan yang baru merintis dapat dikategorikan sebagai startup.

Setidaknya startup harus memenuhi beberapa karakteristik atau kriteria utama sebagai berikut.

  • Usia perusahaan tidak lebih dari 3 tahun;
  • Jumlah karyawan yang bekerja tidak lebih dari 30 orang;
  • Memiliki pendapatan tidak lebih dari $ 100 ribu per tahunnya ketika baru merintis;
  • Beroperasi dengan menggunakan teknologi dan umumnya beroperasi menggunakan website atau aplikasidigital lain;
  • Para karyawannya memiliki keahlian dan kompetensi dalam bidang mereka masing-masing;
  • Konsumen dalam bisnis startup adalah prioritas utama yang dimanjakan dengan berbagai inovasi dan promosi.

Perbedaan Perusahaan Startup dengan Perusahaan Konvensional

Perusahaan startup memiliki beberapa perbedaan yang sangat mencolok jika dibandingkan dengan perusahaan konvensional pada umumnya.

Perbedaan tersebut adalah dalam hal tujuan keuntungan, pendanaan, dan struktur organisasi.

Poin PembedaPerusahaan StartupPerusahaan Konvensional
Tujuan KeuntunganPertumbuhan perusahaan tanpa memperdulikan profit terlebih dahulu.Mendapatkan profit terlebih dahulu baru pertumbuhan perusahaan.
PendanaanFounder hanya mengeluarkan dana saat merintis, sisanya tergantung pada investor.Mayoritas berasal dari pemilik perusahaan dan hasil profit yang diputar kembali.
Struktur OrganisasiTim manajemen perusahaan yang mengambil alih segala bentuk kepemimpinan.Pemilik perusahaan dan pemodal adalah pemegang kekuasaan tertinggi.

Contoh Perusahaan Startup Indonesia yang Sukses

Berikut ini adalah beberapa contoh startup di Indonesia yang telah sukses mengembangkan bisnisnya. Beberapa diantaranya sudah terkenal bahkan keluar Indonesia.

1. GoJek

GoJek didirikan oleh Nadiem Makarim pada tahun 2010 dan telah menjadi perusahaan yang sangat sukses pada saat ini. Usaha transportasi online ini telah meraih predikat sebagai startup pertama Indonesia yang meraih predikat sebagai unicorn.

startup adalah dan contohnya

Hingga saat artikel ini ditulis, GoJek telah mengukuhkan diri sebagai perusahaan Decacorn pertama di Indonesia dengan nilai valuasinya yang mencapai US $ 10 miliar.

Saat ini GoJek telah beroperasi lebih dari 200 kota yang ada di seluruh Indonesia dan telah merambah ke berbagai kawasan Asia tenggara, seperti Thailand, Vietnam, dan Singapura.

2. Tokopedia

Tokopedia berdiri bertepatan dengan hari kemerdekaan RI ke-64 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison.

Pada awal berdirinya, Tokopedia sempat berjalan terseok-seok karena sedikitnya masyarakat yang tertarik untuk berjalannya online. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, kini Tokopedia telah berkembang luar biasa dan menjadi perusahaan ecommerce terbesar di Indonesia.

Setidaknya lebih dari 90 juta pengguna aktif yang bertransaksi jual beli secara online melalui Tokopedia. Jumlah merchant atau pedagang online di Tokopedia saat ini telah mencapai lebih dari 6 juta dan terus bertumbuh seiring dengan berjalannya waktu.

3. Traveloka

Traveloka adalah startup yang bergerak dalam bidang jasa pembelian tiket transportasi perjalanan dan booking hotel secara online.

Perusahaan ini diprakarsai oleh Ferry Unardi dan berdiri sejak tahun 2012 dan pertumbuhannya tergolong sangat pesat untuk ukuran startup lokal asli Indonesia.

Hanya berselang 5 tahun saja sejak berdiri, Traveloka sudah mendapat predikat startup unicorn dan hingga saat ini valuasinya telah mencapai US $ 2 miliar.

4. OVO

OVO adalah perusahaan dalam bidang dompet digital atau e-wallet yang baru berdiri pada tahun 2017. Namun perkembangan OVO sangatlah menakjubkan karena bisa meraih predikat sebagai startup unicorn hanya dalam tempo 2 tahun saja.

Kini sebagai perusahaan layanan dompet digital, OVO telah dipergunakan secara luas dan menjadi salah satu e-wallet terbesar di Indonesia.

OVO juga menggandeng 3 perusahaan startup lain, yaitu Grab, Tokopedia, dan Tokyo Century Corporation sebagai investor dan partner dalam transaksi dompet digital.

 Baca: Cara Transfer GoPay ke OVO Update Terbaru dengan Mudah dan Cepat

Semoga setelah mengetahui perusahaan startup secara rinci anda bisa menemukan ide bisnis startup dan segera memulai bisnis startup sendiri. [BH/CS]

Tinggalkan komentar