8 Prospek Kerja Agribisnis yang Menjanjikan dalam 5 Tahun Kedepan

Sharing is caring!

Prospek Kerja Agribisnis ~ Prospek kerja apa saja yang menjanjikan untuk lulusan agribisnis di masa yang akan datang? Mari kita cari tahu jawabannya di bawah ini!

BisnisHandal.com, Agribisnis adalah ilmu bisnis berbasis usaha pertanian dan bidang lain yang terkait, baik dari sektor hulu hingga ke sektor hilir. Dari sekian jenis jurusan ilmu bisnis dan ekonomi, agribisnis adalah salah satu yang jurusan ilmu perguruan tinggi yang cukup jarang peminatnya.

Alasannya tidak lain karena jurusan ini mau dibilang bisnis juga tidak murni 100% dan mau dibilang pertanian juga tidak murni pertanian. Jadi ilmu agribisnis berada di tengah-tengah antara bisnis dan pertanian. Keadaan inilah yang membuat kebanyakan orang cenderung skeptis dengan jurusan agribisnis karena takut tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang cocok atau penghasilan yang menjanjikan di masa depan.

Padahal, sebetulnya bidang ilmu agribisnis ini akan sangat bermanfaat di masa yang akan datang. Ilmu pertanian tanpa pengetahuan bisnis yang memadai akan membuat seseorang sulit membuat terobosan baru yang akan menghasilkan uang dengan cepat.

Sektor pertanian di masa depan adalah salah satu sektor yang cukup penting mengingat pertumbuhan penduduk yang cukup pesat sementara ketersediaan lahan dan teknologi pertanian di Indonesia yang masih sangat ketinggalan.

Maka dari itu, buat anda yang menyukai bidang agribisnis atau yang ingin mencari tahu prospek kerja agribisnis, mungkin anda perlu membaca beberapa tawaran menarik yang tersedia untuk para lulusan agribisnis di Indonesia.

8 Prospek Kerja Jurusan Agribisnis yang Menjanjikan di Masa Depan

Berikut ini adalah 8 prospek karir di bidang agribisnis yang sangat menjanjikan di masa depan untuk anda yang tertarik belajar agribisnis pada saat sekarang ini.

1. Menjadi Peneliti atau Ilmuwan

prospek kerja agroteknologi
lowongan kerja jurusan agribisnis

Prosepek kerja agrobisnis yang pertama adalah menjadi peneliti atau ilmuwan. Seperti yang diketahui, pada banyak mata kuliah agribisnis anda akan mempelajari bisnis yang berkaitan dengan produksi pangan seperti produksi bidang pertanian.

Di masa yang akan datang, kebutuhan akan peneliti dalam kaitannya dengan produksi pangan akan sangat penting karena menyangkut hajat hidup orang banyak.

Menjadi peneliti sendiri merupakan salah satu prospek kerja yang sangat menjanjikan untuk anda dengan latar belakang agribisnis, agroteknologi, dan agroindustri. Besaran gaji untuk peneliti dari ketiga bidang ilmu ini adalah antara 8 – 10 juta rupiah per bulan tergantung pada kemampuan anda.

2. Menjadi Pebisnis bidang Pangan

Saat ini sudah tidak terhitung banyaknya businessman sukses dengan latar belakang pendidikan ekonomi dan manajemen. Tetapi di masa yang akan datang, pebisnis sukes bisa berasal dari bidang ilmu agribisnis.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan kebutuhan bahan pangan yang semakin melonjak karena ledakan penduduk dan keterbatasan lahan membuat bisnis di bidang pangan, khususnya pertanian akan menyimpan potensi yang sangat besar.

Dalam bidang ilmu agribisnis, anda akan mempelajari strategi memperoleh keuntungan dari ilmu budidaya, bahan baku, pengelolaan produksi pasca panen, hingga bagaimana caranya strategi pemasaran yang efektif dan efisien.

Jadi tidak mengherankan jikan seorang dengan latar belakang agribisnis akan menjadi pengusaha sukses di masa yang akan datang.

3. Menjadi Konsultan Bidang Bisnis Pertanian

Tidak dapat dipungkiri, sektor pertanian yang ada di Indonesia sangat kalah jika dibandingkan dengan negara-negara agraris lain yang ada di belahan bumi lainnya.

Padahal dengan karunia tanah yang subur dan didukung oleh iklim yang tropis, Indonesia akan mampu mengembangkan sektor pertanian menjadi salah satu penggerak ekonomi daerah yang sangat menguntungkan.

Ada banyak alasan mengapa sektor pertanian Indonesia masih sangat terbelakang. Selain karena karena minimnya pengetahuan, teknologi, dan modal, juga karena pengetahuan bisnis di bidang pertanian yang masih sangat sederhana.

Oleh karena itu, seseorang dengan latar belakang ilmu agribisnis sangat memiliki peluang untuk menjadi seorang konsultan di bidang bisnis pertanian, baik oleh perusahaan pemerintah maupun swasta.

Ini adalah prospek kerja agribisnis yang akan sangat menguntungkan dalam 5 tahun kedepan.

4. Menjadi Dosen atau Tenaga Pendidik

agroteknologi adalah
prospek kerja agroteknologi

Selain menjadi konsultan, anda juga bisa menjadikan profesi dosen atau tenaga pendidik sebagai salah satu prospek kerja agribisnis.

Namun untuk menjadi seorang dosen atau tenaga pendidik, sebelumnya anda harus memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup dulu.

Maka dari itu, sebelum menjadi dosen, tidak ada salahnya jika anda terlebih dahulu terjun ke  masyarakat dan mengaplikasikan ilmu yang anda miliki untuk kemajuan perekonomian masyarakat dari sektor pertanian.

Nah, setelah memiliki pengalaman yang cukup, anda bisa mulai mempersiapkan diri untuk menjadi dosen atau tenaga pendidik lainnya.

Sebagai seorang dosen, anda akan menerima gaji pokok dan tunjangan sertifikasi lain yang bisa mencapai belasan juta rupiah. Jadi jangan beranggapan gaji lulusan agribisnis itu kecil ya!

5. Menjadi Penulis tentang Agribisnis

Jika anda memiliki kemampuan menulis dan berniat membagikan ilmu agribisnis yang anda punya ke masyarakat luas, maka anda bisa menjadi seorang penulis.

Prospek kerja agribisnis dengan menjadi seorang penulis ini memang cukup menjanjikan di era digital saat ini.

Anda bisa menulis artikel mengenai tutorial agribisnis di blog atau dengan membuat ebook mengenai agribisnis.

Jadi menjadi penulis pada saat sekarang ini sangat mudah tanpa harus bersusah payah mencari penerbit yang belum tentu akan menerbitkan karya kita.

Cukup dengan mengandalkan teknologi internet, anda sudah bisa menjadi seorang penulis dan jika tulisan anda disukai, maka pundi-pundi rupiah juga akan berdatangan.

6. Bekerja di Instansi Pemerintah

Prospek kerja agribisnis berikutnya adalah menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara) diberbagai sektor perusahaan pemerintah.

Lulusan agribisnis kedepannya bisa mendaftar di Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, ataupun berbagai sektor pekerjaan di BUMN.

Selain itu, berbagai lowongan kerja lain untuk lulusan agribisnis juga siap menampung anda, mulai dari Badan Pusat Statistik (BPS), Koperasi, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Urusan Logistik (Bulog), Koperasi Unit Desa, dan sebagainya.

Jadi anda tinggal memilih saja mau bekerja di instansi pemerintah di bidang apa nantinya.

7. Menjadi Manajer di Perkebunan

mata kuliah agribisnis

Dengan pengetahuan yang cukup di bidang agribisnis, anda bisa melamar pekerjaan di sektor perusahaan swasta yang bergerak di bidang perkebunan.

Di Indonesia sendiri ada banyak usaha perkebunan dengan hasil panen yang melimpah, mulai dari perkebunan teh, kelapa sawit, kopi, lada, hingga aneka holtikultura lain.

Dengan latar belakang agribisnis yang memadukan pengetahuan antara bisnis dengan pertanian, anda bisa saja ditempatkan untuk menjadi manajer di perkebunan swasta.

Prospek kerja agribisnis di bidang perkebunan ini terbilang cukup menggiurkan dan termasuk pekerjaan yang menjanjikan untuk masa depan anda.

8. Prospek Kerja Agribisnis sebagai Freelancer

Lulusan agribisnis menjadi seorang freelancer, mengapa tidak?

Dengan pengetahuan bisnis dan sektor pertanian dari hulu ke hilir yang anda miliki, anda bisa membagikan ilmu anda kepada siapa saja dengan menjadi freelancer.

Ada banyak sekali bidang usaha freelance sehubungan dengan agribisnis yang bisa anda geluti. Misalnya saja mencangkok varietas tanaman kualitas unggul dan cepat berbuah kemudian menjualnya di situs jual beli online.

Atau anda bisa membuat video tutorial seputar usaha tani modern dan mengunggahnya ke situs Youtube dan mendapatkan penghasilan besar seperti para Youtuber sukses lainnya.

Jadi jika anda bingung mencari usaha yang cocok dengan latar belakang anda sebagai lulusan agribisnis, mengapa tidak memulainya sebagai seorang freelancer?

Baca Juga:

Nah, sekarang anda tidak perlu takut lagi dengan bidang ilmu agribisnis karena memiliki peluang sukses yang sama besarnya dengan bidang ilmu lainnya. Seperti kata pepatah, dimana ada kemauan untuk sukses, akan selalu ada jalannya sendiri. [BH/CS]

Tinggalkan komentar