Rekber Adalah: Arti Rekber (Rekening Bersama) dan Cara Kerjanya

Sharing is caring!

Rekber Adalah ~ Rekber adalah apa? Yuk cari tahu mengenai Rekber (Rekening Bersama), beserta cara kerja, keuntungan, dan kekurangannya di sini.

BisnisHandal.com, Beberapa dari anda yang pernah melakukan transaksi jual beli barang seecara online mungkin sudah mengenal yang namanya Rekber atau Rekening Bersama.

Bisanya Rekber atau Rekening Bersama inilah yang dipergunakan untuk transaksi jual beli online dimana antara penjual dan pembeli hanya bertemu di dunia maya.

Lantas Rekber atau Rekening Bersama ini apa? Mari kita telaah lebih jauh.

Rekber Adalah Apa?

rekber bukalapak

Pengertian rekber adalah sebuah metode pembayaran dari transaksi jual beli yang menggunakan perantara dari pihak ketiga.

Jadi dalam rekber yang merupakan kepanjangan dari rekening bersama, uang yang disetor oleh pembeli tidak langsung diterima oleh penjual, tetapi melalui perantara pihak ketiga. Dan pihak ketiga inilah yang bertanggung jawab menerima uang dari pembeli dan meneruskannya kepada penjual.

Dalam bahasa Inggris, Rekber disebut sebagai Escrow Service (ES).

Pada saat ini rekber atau rekening bersama banyak dipakai untuk transaksi di berbagai situs jual beli online mulai dari rekber Bukalapak, Tokopedia, OLX, Kaskus, sampai Facebook.

Mengapa Harus Rekber atau Rekening Bersama

rekber tokopedia

Mungkin akan timbul pertanyaan di benak anda, jika transaksi bisa secara langsung, yaitu dengan menggunakan transfer uang dari penjual kepada pembeli, mengapa harus repot-repot menggunakan rekening bersama?

Jadi sebetulnya rekber atau rekening bersama ini adalah perantara yang digunakan dalam transaksi atau jual beli online dimana antara penjual dan pembeli tidak bertemu dengan langsung atau pun saling mengenal satu sama lain.

Adapun pertemuan antara penjual dan pembeli hingga terjadinya transaksi adalah melalui media internet, baik itu situs website, blog, atau sosial media.

Nah, untuk menghindari kasus seperti penipuan, produk yang diterima pembeli tidak sesuai, atau kejadian-kejadian lain yang tidak diinginkan, maka dari itu, dibuatlah satu solusi yaitu rekber atau rekening bersama.

Dengan adanya rekening bersama, uang tidak akan diterima langsung oleh penjual, tetapi setelah pembeli benar mengkonfirmasi barang sudah diterima dengan baik dan sesuai, barulah penjual akan menerima uangnya.

Dengan demikian, terjadi win win solution disini sehingga kedua belah pihak tidak ada yang akan dirugikan.

Cara Kerja Rekber atau Rekening Bersama

pulber

Adapun cara kerja dari rekber atau rekening bersama adalah sebagai berikut.

Misalkan Susi berniat membeli sebuah HP dari Iwan. Keduanya bertemu di forum Facebook tanpa mengenal satu sama lain.

Untuk menghindari transaksi yang merugikan salah satu pihak, mereka menggunakan jasa rekber milik Doni yang sudah terpercaya melayani transaksi rekber.

Harga handphone yang dibeli Susi adalah Rp 2.000.000 (sudah termasuk ongkos kirim) dan Doni menerapkan tarif Rp 25.000 untuk jasa rekbernya atas transaksi tersebut.

Maka, antara Susi, Iwan, dan Doni terjadi sebuah kesepakatan transaksi.

Susi kemudian mentransfer uang senilai Rp 2.025.000 kepada Doni. Begitu Doni menerima uangnya, ia harus segera memberitahu Iwan untuk memproses pesanan dari Susi.

Setelah pesanan dikirim, Iwan akan memberitahu Doni dan Doni akan menanyakan kepada Susi apakah barang sudah diterima dengan baik tanpa ada kekurangan.

Jika Susi sudah menerima barangnya dengan baik, Doni akan meneruskan uang dari Susi kepada Iwan sebesar Rp 2.000.000 dan uang seniali Rp 25.000 ini akan menjadi fee atau uang jasa milik Doni.

Namun demikian, ada kalanya uang jasa rekber ini ditanggung antara penjual dan pembeli tergantung bagaimana kesepakatan awalnya.

Keuntungan Menggunakan Rekber (Rekening Bersama)

pengertian cod

Adapun keuntungan dari penggunaan rekber adalah sebagai berikut.

1. Keamanan Transaksi Lebih Terjamin

Keuntungan pertama penggunaan rekber adalah transaksinya lebih aman dan terjamin.

Karena uang tidak langsung masuk ke rekening penjual begitu terjadi kesepakan transaksi, maka si penjual tidak akan melakukan tindakan yang ceroboh, seperti tidak mengirimkan barang pada pembeli atau mengirimkan barang yang tidak sesuai kepada pembeli.

Selain itu, dari pihak pembeli juga merasa sedikit tenang karena dengan adanya rekening bersama ini, si penjual tidak akan mendapatkan uang sebelum barangnya betul-betul sampai di tangan pembeli.

2. Ongkos Rekber Murah

Untuk jasa rekber atau rekening bersama biasanya akan dikenakan ongkos atau uang jasa yang diperuntukkan bagi pemilik rekber tersebut.

Akan tetapi, untuk sekali transaksi biasanya hanya dikenakan uang jasa yang jumlahnya tidak sampai 10% atau bahkan tidak sampai 5% dari total nilai transaksi.

Jadi bisa dibilang tarif jasa rekber ini terhitung relatif murah dan terjangkau bagi masyarakat di Indonesia.

3. Prosesnya Cepat dan Tidak Ribet

Meskipun transaksi lewat rekber ini melibatkan pihak ketiga alias dengan perantara, tetapi pada kenyataannya proses transaksi ini tidak sesulit yang dibayangkan, justru sangat mudah.

Karena biasanya pemilik rekber akan selalu siaga menerima pesan dan mengecek setiap transaksi yang masuk.

Apalagi transaksi keuangan pada saat ini sudah bisa dilakukan lewat komputer atau ponsel, sehingga proses transfer uang dari pembeli ataupun meneruskannya kepada penjual hanya akan memakan waktu beberapa detik saja.

Kekurangan Penggunaan Rekber (Rekening Bersama)

rekening bersama olx

Meskipun penggunaan rekber ini memiliki beberapa keunggulan yang menarik, tetapi anda perlu mempertimbangkan beberapa kekurangan atau resiko yang mungkin muncul.

Beberapa kekurangan daru penggunaan rekber adalah sebagai berikut.

1. Pemilik Rekber Bisa Melakukan Korupsi (Penggelapan Uang)

Jasa rekber pada umumnya dimiliki oleh orang pribadi atau badan usaha yang tidak diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Jadi seorang pemilik rekber memiliki kesempatan yang besar untuk melakukan berbagai kecurangan terhadap uang transaksi yang ada di rekeningnya ini.

Bisa saja seorang pemilik rekening bersama melakukan penggelapan uang (korupsi) seluruh atau sebagian dari uang yang ditransfer ke rekeningnya yang seharusnya diteruskan kepada penjual.

Faktor-faktor resiko seperti ini perlu anda pertimbangkan dengan matang sebelum menggunakan rekber.

2. Akan Dikenakan Tarif Jasa Rekber diluar Tarif Transaksi

Karena transaksi jual beli ini menggunakan sistem online biasanya pembeli akan menanggung ongkos pengiriman barang. Namun jika menggunakan jasa rekber, pembeli akan mengeluarkan lagi uang ekstra untuk ongkos fee kepada pemilik rekber ini.

Meskipun uang jasa rekber ini sangat kecil (tidak sampai 10% dari total transaksi), tetap saja ada pembeli yang merasa jengkel karena untuk membeli item barang tertentu harus sampai mengeluarkan 2 jenis ongkos sekaligus, yaitu ongkos kirim produk dan ongkos jasa rekber.

Baca Juga:

Jadi bisa dibilang penggunaan rekber adalah ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi, rekber memang memudahkan transaksi online yang bisa meminimalisir kecurangan dari para penjual-penjual nakal di dunia maya. Namun di sisi lain, justru si pemilik rekber harus bisa betul-betul bisa dipercaya agar transaksi anda berjalan dengan lancar. [BH/CS]

Tinggalkan komentar