Cara Mendapatkan Supplier Dropship Terpercaya dari Tangan Pertama

Sharing is caring!

Supplier Dropship Terpercaya ~ Tidak semua supplier dropship terpercaya dan bisa diajak bekerja sama dengan baik untuk bisnis online anda. Lalu bagaimana cara mendapatkan supplier dropship yang bisa diandalkan?

BisnisHandal.com, Bisnis Dropship adalah salah satu usaha yang sangat digandrungi oleh kaum milenial saat ini. Bagaimana tidak, dengan bisnis dropship siapa pun bisa berbisnis online bahkan bisa menghasilkan keuntungan yang tidak terbatas. Menariknya lagi, dalam menjalankan bisnis dropship bahkan bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan modal yang banyak.

Selain itu, bisnis dropship juga sangat fleksibel. Anda yang menggeluti bisnis ini tidak harus stay di depan komputer atau smartphone anda selama berjam-jam lamanya. Cukup dilakukan ketika ada waktu senggang juga tidak masalah. Jadi bisnis ini bisa menjadi usaha sampingan dari pelajar, karyawan pabrik, hingga ibu rumah tangga.

Tantangan dalam Memulai Bisnis Dropship

supplier dropship tangan pertama

Meski demikian, memulai bisnis dropship juga tidak semudah membalikkan telapak tangan, apabila bagi anda yang baru mengenal dunia bisnis online.

Tantangan terbesar sebelum memulai bisnis dropship adalah menemukan supplier yang terpercaya dan bisa diajak bekerja sama.

Karena dalam sistem dropship barang akan langsung dikirim oleh supplier ke customer anda, maka kualitas produk yang dikirim dan profesionalitas sang supplier harus menjadi prioritas utama anda.

Sedikit saja kesalahan pada supplier, bukan tidak mungkin bisnis dropship anda akan mengalami kendala atau masalah.

Supplier Dropship Terpercaya adalah Kunci Keberhasilan bisnis Dropship

product dropship

Bisa dibilang supplier dropship terpercaya adalah kunci dari keberhasilan bisnis dropship anda. Dengan supplier yang profesional dan terpercaya, mereka akan membuat pelanggan anda puas dan kepuasan pelanggan adalah kunci utama dalam keberhasilan sebuah usaha, apa pun itu.

Sebuah supplier dropship terpercaya setidaknya harus bisa memenuhi beberapa persyaratan berikut ini.

  • Product dropship yang dikirimkan ke customer tidak boleh ada cacat/rusak/kadaluarsa dan telah melalui proses quality control yang ketat.
  • Barang akan langsung diproses begitu pesanan masuk dan proses pengiriman ke customer tidak melebihi 3 hari kerja, kecuali produknya adalah barang pre order.
  • Bisa dan sanggup bekerja sama dengan para agen dropship/reseller dengan proses pembayaran sistem down payment (DP), tunai, maupun kredit.
  • Produk yang dikirimkan ke pelanggan harus sesuai dengan pesanan agen dropship, tidak ditambah atau dikurangi baik dari kualitas maupun kuantitasnya.

Cara Mendapatkan Supplier Dropship Terpercaya dengan Mudah

Untuk mendapatkan supplier dropship terpercaya paling mudah adalah dengan mendatangi langsung dari pabriknya sehingga kita bisa mengetahui kualitas supplier yang kita inginkan.

Tetapi tidak semua agen dropship mengenal supplier dan bisa mendatanginya. Beberapa kendala seperti tempat tinggalnya yang jauh sampai tidak adanya koneksi menjadikan para dropshipper harus mencari jalan lain dalam mencari supplier tanpa harus mendatangi pabrik atau tempat produksinya.

Lalu bagaimana cara mendapatkan supplier dropship terpercaya tanpa harus mendatanginya secara langsung?

1. Mencari Supplier Dropship Terpercaya di Situs Marketplace

drophsip tokopedia

Cara termudah mencari supplier dropship terpercaya adalah menemukan mereka di situs marketplace. Dari berbagai situs marketplace yang ada seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, dan sejenisnya, kita bisa menemukan banyak sekali supplier dropship tangan pertama di dalamnya.

Nantinya supplier ini anda pilah-pilah lagi dengan melihat track record penjualan mereka, review para pembeli atau dropshipper, dan produk-produk yang mereka tawarkan. Misalnya anda mengambil supplier dropship Tokopedia, maka perhatikan track record toko tersebut, termasuk produk dan review dari custmoer toko tersebut.

Perhatikan juga harga yang mereka tawarkan dan membandingkannya dengan kompetitor mereka.

Hal yang perlu anda ingat adalah harga yang miring belum tentu menjamin kalau supplier dropship itu bisa dipercaya. Bisa saja karena produk yang mereka jual ini adalah barang KW, black market, mendekati kadaluarsa, dan sebagainya.

Jadi anda mesti jeli mencari supplier dropship yang menawarkan harga yang murah tapi masih masuk akal, produknya banyak mendapatkan review yang baik dari konsumen, dan kalau memungkinkan lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat anda.

2. Berpura Pura Sebagai Pembeli

reseller baju anak

Setelah mendapatkan list beberapa supplier dropship terpercaya yang kira-kira akan diajak bekerja sama, anda jangan dulu terburu-buru menghubungi mereka untuk menawarkan diri jadi mitra dropship.

Anggaplah mereka ini karyawan baru yang perlu diuji terlebih dahulu kelayakannya.

Anda bisa mulai dengan berpura-pura sebagai pembeli. Dengan berpura-pura sebagai pembeli anda akan menanyakan apa saja mengenai produk yang mereka jual untuk mengetahui respon calon supplier dropship anda.

Dari sini sedikit banyak anda bisa menilai para calon dropship anda, apakah responnya cepat, sedang, atau slow respon. Terus anda bisa melihat caranya menanggapi calon pembeli, apakah ramah, biasa saja, atau cenderung kasar.

Dengan demikian, anda bisa memfilter lagi calon supplier anda untuk diambil beberapa yang terbaik. Dari calon supplier dropship terpercaya ini, anda bisa melakukan transaksi jual beli layaknya customer pada umumnya.

Belilah satu atau beberapa item barang dengan mereka untuk mengetahui kualitas produk yang mereka jual.

Nah, setelah terjadinya transaksi jual beli, anda akan melihat lagi supplier ini mana yang kecepatan pengirimannya baik dengan kualitas barang yang baik pula. Terakhir, pilihlah 1 – 3 supplier dropship untuk anda ajak bekerja sama.

3. Mengajak Supplier Dropship Terpercaya untuk Bekerja Sama

cakning

Setelah anda memantapkan pilihan sampai beberapa supplier dropship terpercaya, kini saatnya anda mengajak mereka bekerja sama.

Anda bebas memilih lebih dari supplier dropship supaya jika ada kendala dengan supplier dropship satu anda masih punya supplier lain. Selain itu juga memungkinkan anda untuk menjual produk yang berbeda jika suppliernya lebih dari satu.

Tetapi usahakan supplier yang anda pilih tidak terlalu banyak agar anda tidak kebingungan sendiri nantinya.

Kemudian, hubungilah supplier tadi dan ajak mereka bekerja sama dengan sistem dropship. Untuk anda yang baru bekerja sama bisa jadi mereka meminta pembayaran full terlebih dahulu sebelum mengirim barang, tetapi bisa jadi ada yang menerapkan sistem down payment (DP) atau deposit awal.

Intinya bekerja sama dengan supplier adalah untuk kepentingan kedua belah pihak. Jadi pilihlah metode pembayaran yang menurut anda paling tepat. Kalaupun anda harus membayar full pada awal-awal kerja sama itu biasanya dikarenakan supplier belum sepenuhnya percaya dengan anda.

Hubungan antara dropshipper dengan supplier adalah dinamis. Jadi seiring dengan berjalannya waktu tidak menutup kemungkinan sistem pembayaran juga bisa menjadi lebih mudah. Bisa dengan DP ataupun kredit kedepannya.

4. Jaga Hubungan Baik dengan Supplier Dropship Terpercaya Anda

supplier online shop tangan pertama

Jika memang pelanggan anda puas dengan transaksi anda, itu berarti ada andil supplier dropship yang kinerjanya baik juga. Jadi tidak ada salahnya anda sesekali bertemu dengan supplier dropship untuk menjalin silahturami.

Dengan hubungan yang baik antara dropshipper dengan supplier, akan terjadi simbiosis mutualisme dimana kedua belah pihak akan sama-sama mendapatkan keuntungan atas transaksi penjualan yang baik. Jadi jagalah terus hubugan baik dengan supplier dropship anda untuk keuntungan bersama dalam jangka panjang.

Baca Juga:

Semoga anda bisa menemukan supplier yang terbaik dan paling tepat untuk bisnis dropship anda. [BH/CS]

Tinggalkan komentar