4 Cara Efektif Membuka Tabungan Emas Antam untuk Pemula

Sharing is caring!

Tabungan Emas Antam ~ Saat ini ada banyak cara membuka tabungan emas Antam yang bisa dimulai dengan modal sangat kecil. Bahkan ada yang hanya membutuhkan modal Rp 500 saja.

BisnisHandal.com, Emas adalah instrumen investasi yang abadi. Keberadaan emas sudah ada sejak dahulu kala, bahkan hampir sama tuanya dengan peradaban umat manusia.

Hingga saat ini, keberadaan emas tetap menjadi pilihan investasi yang populer. Keberadaan emas sebagai media untuk perencanaan masa depan telah menjadi pilihan utama bagi banyak masyarakat Indonesia.

Ada banyak sekali keuntungan investasi emas untuk perencanaan keuangan jangka panjang yang sangat baik. Nilai emas cenderung stabil dan terus menanjak sehingga tidak akan tergerus oleh inflasi setiap tahunnya. Selain itu, cara investasi emas juga sangat mudah dan cocok untuk pemula atau masyarakat awam sekalipun.

Baca: Cara Gadai Emas di Pegadaian Lengkap dengan Simulasi Hitungnya

Investasi Emas Antam

Ada banyak sekali jenis emas yang bisa anda jadikan instrumen untuk berinvestasi. Misalnya perhiasan emas, koin emas, atau emas batangan. Dari semuanya, yang memiliki nilai yang paling stabil adalah emas batangan.

Emas batangan tidak hanya memiliki nilai yang stabil, tetapi juga kadar emasnya adalah yang paling tinggi. Maka dari itu, anda tidak akan kesulitan untuk menjualnya apabila sedang membutuhkan uang dimanapun dan kapanpun.

Salah satu emas batangan yang cukup populer dan banyak menjadi pilihan orang dalam berinvestasi adalah emas Antam yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk.

Cara Memulai Tabungan Emas Antam

Emas Antam biasanya dijual dalam berbagai macam pecahan, seperti 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 50 gram, dan lain-lain.

tabungan emas pegadaian rugi

Sebetulnya anda bisa langsung membeli emas Antam tersebut di berbagai sentra penjualan dan kemudian menyimpannya di tempat yang aman. Namun, apabila anda ingin menabungnya sedikit demi sedikit, itu juga bisa anda lakukan.

Berikut ini adalah cara untuk memulai tabungan emas Antam untuk investasi atau perencanaan keuangan masa depan anda.

1. Membuka Tabungan Emas di Pegadaian

Cara yang paling umum dalam memulai tabungan emas Antam adalah dengan membuka tabungan emas di Pegadaian.

Keunggulan dari membuka tabungan emas Pegadaian adalah anda tidak mesti mengeluarkan uang banyak sekaligus dalam membeli emas Antam. Tetapi anda bisa mencicilnya sedikit demi sedikit dalam bentuk tabungan.

Jadi anda tinggal menabung sesuai dengan kemampuan anda secara rutin. Setelah uang anda terkumpul dan cukup, barulah anda bisa meminta pegadaian untuk mencetak emas Antam sesuai dengan saldo tabungan anda.

Cara ini tidak hanya praktis, tetapi juga tidak memberatkan masyarakat yang ingin memiliki emas Antam yang bisa menyesuaikannya sesuai dengan kemampuan mereka.

2. Teknik Investasi Emas Klasik

Teknik investasi emas klasik dalam tabungan emas Antam ini maksudnya adalah kita membeli emas dalam jumlah yang banyak ketika harga sedang turun saja.

Untuk menerapkan teknik investasi emas klasik, pertama-tama anda harus rutin dan sering-sering mengecek harga pasaran emas. Apabila harga emas sedang turun, maka anda bisa membeli emas sebanyak-banyaknya sesuai dengan kemampuan finansial anda.

Jika harga emas tersebut sedang tinggi, anda bisa menjual sedikit atau sebagian emas tersebut untuk mencairkannya dalam bentuk uang tunai.

Uang tersebut bisa anda putar lagi untuk membeli emas ketika harga emas kembali turun nantinya.

Cara ini relatif sangat menguntungkan karena anda akan mendapatkan banyak keuntungan dengan menjual emas ketika harganya sedang tinggi sementara membelinya ketika harga sedang anjlok.

Akan tetapi, untuk menerapkan teknik satu ini mau tidak mau anda harus memiliki uang tunai dalam jumlah yang besar.

3. Teknik Menabung Emas Batangan Secara Konsisten

Anda juga bisa memulai tabungan emas Antam dengan menabung emas batangan secara konsisten. Cara ini hampir mirip dengan tabungan emas di Pegadaian.

Bedanya adalah jika tabungan emas Pegadaian bisa dimulai dengan modal yang kecil, maka untuk teknik menabung emas batangan, modalnya sedikit lebih besar. Atau senilai harga emas batangan Antam pecahan terkecil, yaitu 1 gram.

tabungan emas bni

Jadi anda harus membeli emas batangan secara rutin selama periode investasi berlangsung dengan menghiraukan tingkat fluktuasi harga emas di pasaran pada saat anda membelinya.

Sebagai contoh, misalnya anda berencana menabung emas Antam pecahan 1 gram rutin setiap bulan selama 10 tahun. Jadi selama 10 tahun tersebut, selama kondisi keuangan anda memungkinkan, maka anda bisa membeli emas minimal 1 gram setiap bulan.

Anda bisa menyimpan uang tersebut di tempat yang menurut anda paling aman, misalnya lemari brankas atau dengan deposit bank. Jika emas tersebut sudah terkumpul banyak, anda bisa menukarnya dengan pecahan yang lebih besar, misalnya 50 gram atau 100 gram.

Dengan program tabungan emas Antam seperti ini, anda bisa merencakan masa depan dengan lebih baik, misalnya untuk dana pensium hari tua, ibadah, pendidikan anak, atau membeli rumah.

4. Membuka Tabungan Emas Antam Online

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, anda juga bisa membuka tabungan emas Antam secara online.

Cara ini selain praktis juga akan menghindarkan anda dari kejahatan yang terjadi di jalan selama membawa uang atau emas ketika akan atau selesai transaksi.

Untuk transaksi emas Antam secara online, anda cukup membelinya melalui website atau aplikasi handphone. Setelah transaksi selesai, anda bisa transfer ke rekening yang dituju sesuai dengan nominal uang transaksi.

Menariknya, emas tidak akan anda terima secara fisik, tetapi hanya invoice saja. jika sewaktu-waktu anda ingin menyimpan emas secara fisik atau menjualnya, anda tinggal meminta untuk mencetaknya.

Sama seperti tabungan emas Pegadaian, tabungan emas online juga berlaku dengan nominal uang yang kecil, bahkan anda bisa memulainya dari Rp 500 saja.

Mengingat semua transaksi tabungan emas ini secara online, pastikan anda menabung emas pada lembaga yang betul-betul kompeten dan terpercaya untuk menghindarkan anda dari penipuan.

Anda bisa membuka tabungan emas online melalui Brankas Antam atau situs Tokopedia yang bekerja sama dengan Pegadaian.

Baca: 8 Cara Menjual Emas Antam Dengan Harga Terbaik dan Proses Mudah

Sudah waktunya kita memulai membuka tabungan emas Antam untuk perencanaan keuangan masa depan yang lebih baik. Apalagi pada saat ini, bisa saja memulai tabungan emas dengan nominal yang kecil. [BH/CS]

Tinggalkan komentar