11 Ternak Paling Cepat Panen dan Menguntungkan Dalam Waktu Singkat

Sharing is caring!

Ternak Paling Cepat Panen dan Menguntungkan ~ Hewan ternak apa sajakah yang memiliki masa panen yang tercepat sehingga cocok menjadi usaha yang menguntungkan? Temukan jawabannya berikut ini!

BisnisHandal.com, Usaha ternah bisa jadi adalah salah satu usaha yang akan tetap bertahan sampai kapanpun. Dari hari ke hari, permintaan ternak baik itu untuk konsumsi atau untuk keperluan lain memang tidak pernah surut.

Malahan, dengan meningkatnya kebutuhan, semakin banyak usaha ternak atau budidaya yang sebelumnya tidak terpikirkan malah tumbuh menjadi usaha laris yang menguntungkan.

Bicara tentang usaha ternak yang menguntungkan, anda tentu berharap bisa memilih ternak yang cepat panen dengan permintaan pasar yang stabl atau cenderung meningkat.

Usaha ternak seperti ini akan cocok untuk dijadikan bisnis. Ternak yang memiliki masa panen yang cepat akan mengurangi pengeluaran untuk pakan, biaya pemeliharaan, atau risiko kerugian akibat kematian.

11 Jenis Ternak Paling Cepat Panen dan Menguntungkan di Lahan Sempit

Berikut ini adalah beberapa contoh usaha ternak yang cepat panen dan menguntungkan serta tidak membutuhkan lahan yang luas.

1. Ternak Jangkrik

ternak modal 1 juta

Jangkrik bukan hanya termasuk salah satu ternak yang paling cepat panen, tetapi juga sangat menguntungkan untuk saat ini.

Serangga ini banyak dijual sebagai pakan ternak burung atau ikan. Bahkan untuk daerah tertentu, jangkrik bisa diolah menjadi cemilan untuk manusia.

Jangkrik adalah salah satu ternak menguntungkan di lahan sempit. Anda hanya perlu mempersiapkan kandang yang relatif kecil yang bisa diletakkan di ruangan mana saja untuk pemeliharaan jangkrik.

Salah satu bisnis budidaya unik ini sangatlah menguntungkan karena memiliki masa panen yang super cepat dan persaingan pasar yang teramat minim.

Baca: 8 Bisnis Budidaya Unik Sebagai Ide Usaha yang Menguntungkan di Desa

2. Ternak Lele

Ide bisnis ternak paling cepat dan menguntungkan berikutnya adalah lele.

Bibit lele banyak diperjualbelikan dengan harga yang sangat terjangkau dan masa pemeliharaannya juga relatif sangat cepat. Mulai dari bibit, anda hanya membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 bulan untuk membuatnya siap panen.

Untuk pemeliharannya sendiri, saat ini banyak peternak menerapkan sistem bioflok. Sistem bioflok memungkinkan aktivitas mikroorganisme bisa menghasilkan pakan untuk ternak lele sendiri.

Jadi, ternak lele sistem bioflok akan jauh lebih menguntungkan karena bisa menghemat pakan hingga 80% dari ternak lele sistem konvensional.

3. Ternak Kroto

Ternak kroto juga bisa menjadi ide usaha ternak yang paling cepat panen dan menguntungkan dengan modal yang sangat minim.

Kroto adalah telur dan larva semut merah yang dihargai sangat tinggi di pasaran karena kelangkaannya. Permintaan pasar kroto yang sangat tinggi ini karena banyak dimanfaatkan sebagai pakan burung berkicau.

Untuk mempersiapkan usaha ternak kroto, anda tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup dengan modal 1 juta saja, anda sudah bisa memulai usaha ternak kroto dengan skala besar.

Semut merah adalah spesies serangga yang bisa bertelur sangat banyak dengan siklus yang cepat. Jadi, anda tidak perlu waktu lama untuk bisa memanen kroto.

4. Ternak Kelinci

Kelinci adalah mamalia yang produktif karena seekor induk dewasa bisa melahirkan sebanyak lima hingga enam kali dalam setahun.

Dengan jumlah anak yang cukup banyak setiap kelahiran dan daya tahan yang relatif baik, tidak heran jika kelinci menjadi ternak paling cepat panen dan menguntungkan untuk usaha.

Selain permintaan pasar untuk daging kelinci maupun sebagai binatang peliharaan yang relatif stabil, pertumbuhan kelinci juga terbilang cepat.

Untuk pakan sendiri, kelinci tidak membutuhkan pakan khusus yang mahal. Bahkan beberapa jenis sayuran murah adalah pakan yang baik untuk kelinci pedaging.

Bisa jadi, kelinci akan tetap menjadi usaha ternak yang menjanjikan di masa depan karena pemeliharannya yang mudah, murah, dan cepat berkembang biak.

5. Ternak Bebek Petelur

ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat

Bebek petelur juga bisa menjadi ternak paling cepat panen dan menguntungkan untuk saat sekarang ini.

Satu ekor bebek betina dewasa bisa menghasilkan 250-300 butir telur bebek dalam satu tahun.

Tidak hanya itu, permintaan pasar akan telur bebek juga cenderung meningkat dari waktu ke waktu sehingga menjadikannya sebagai salah satu bisnis yang menjanjikan di masa depan.

Telur bebek bisa dijual tanpa pengolahan atau menjadi telur asin. Baik yang mentah maupun telur asin sama larisnya dengan permintaan yang cenderung stabl.

6. Ternak Belut

Semakin hari, permintaan pasar akan daging belut semakin meningkat. Selain enak sebagai konsumsi, daging belut juga mengandung protein yang sangat tinggi.

Belut bisa diolah menjadi aneka masakan, bahkan bisa menjadi makanan ringan unik dengan harga jual yang cukup tinggi.

Oleh karena itu, tidak heran jika daging belut juga dibanderol cukup tinggi di pasaran.

Sebagai salah satu ternak paling cepat panen dan menguntungkan, belut relatif mudah dipelihara karena tidak memerlukan kolam atau tambak khusus. Anda cukup mengandalkan tong-tong dengan terpal saja.

7. Ternak Burung Puyuh

Burung puyuh adalah salah satu ternak yang cukup laris di pasaran, baik itu telur maupun dagingnya.

Burung puyuh sangat mudah untuk dipelihara karena membutuhkan lahan yang tidak seluas ayam atau bebek.

Selain itu, burung puyuh juga memiliki ketahanan yang tinggi terhadap serangan virus dan bakteri, sehingga tidak rentan terhadap serangan penyakit.

Sebagai salah satu ternak yang paling cepat panen dan menguntungkan, burung puyuh betina biasanya sudah mulai menghasilkan telur pada umur 40 hingga 50 hari.

Dengan harga bibit yang murah meriah, anda bisa mejadikan usaha potensial di desa ini sebagai bisnis yang menjanjikan.

Baca: 11 Usaha Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit dan Modal Kecil

8. Ternak Ayam Broiler

Ternak yang paling cepat panen dan menguntungkan berikutnya adalah ayam broiler.

Sebagai ayam pedaging dengan kualitas unggul, ayam broiler tidak hanya memiliki masa panen yang super cepat (4-5 minggu), tetapi juga konversi pakannya yang kecil.

Untuk kualitas dagingnya sendiri sangat lunak dengan kandungan protein yang tinggi, sehingga banyak dicari oleh para pengusaha restoran, katering, dan rumah makan.

Usaha ternak ayam broiler ini juga tidak membutuhkan kandang yang relatif luas dan bisa dibuatkan kandang bertingkat untuk efisiensi lahan.

9. Ternak Ikan Hias

ternak yang cepat menghasilkan uang

Hingga saat ini, usaha ikan hias masih menjadi salah satu usaha ternak yang cukup menjanjikan dengan modal kecil.

Rata-rata ikan hias memiliki masa panen yang cepat, apalagi mengingat ikan hias sudah bisa dipasarkan ketika masih kecil.

Produksinya juga sangat berlimpah karena masing-masing induk dewasa biasanya akan menghasilkan ratusan atau ribuan benih ikan hias.

Untuk harga jualnya sendiri cukup beragam tergantung pada jenis ikan hias dan usia atau ukuran badan ikan hias tersebut.

Beberapa jenis ikan hias yang memiliki harga jual yang cukup tinggi adalah antara lain ikan arwana, ikan koi, ikan mas koki, ikan cupang, ikan lohan, ikan neon tetra, dan lain-lain.

10. Ternak Burung Berkicau

Burung berkicau juga bisa menjadi ternak paling cepat panen dan menguntungkan, apalagi mengingat harganya yang semakin hari semakin melambung.

Awalnya burung berkicau banyak dipelihara orang karena kicauannya yang merdu.

Tetapi lama kelamaan, burung berkicau telah menjadi binatang peliharaan yang sangat mahal setelah adanya berbagai kontes burung berkicau.

Beberapa spesies burung berkicau memang bisa dihargai dengan sangat mahal, meskipun hanya berupa anakan karena akan dipersiapkan untuk berbagai kontes kejuaraan.

Dengan masa panen yang sangat cepat dan harga jualnya yang mahal, beberapa burung berkicau seperti lovebirl, murai, cucak rowo, kacer, atau pleci bisa anda pertimbangkan untuk usaha ternak.

11. Ternak Bekicot

Sebagian dari kita mungkin masih mengira kalau bekicot adalah binatang yang kerap kali dikategorikan sebagai hama yang harus dimusnahkan.

Padahal sebetulnya bekicot sudah mulai dikembangkan sebagai salah satu sumber protein yang bisa menggantikan daging atau ikan.

Sebagai ternak yang paling cepat panen, budidaya bekicot termasuk sangat menguntungkan.

Bukan hanya permintaan pasar lokal saja yang mulai meningkat belakangan ini, tetapi permintaan ekspornya juga sangat tinggi. Beberapa negara seperti Perancis, Italia, dan Jepang adalah tujuan utama dari ekspor bekicot dan harganya juga tidak kalah fantastisnya.

Jadi, tidak ada salahnya anda berbisnis bekicot mengingat usaha ternak ini diprediksi akan sangat menjanjikan di masa yang akan datang. Lagipula pesaingnya juga masih sangat rendah.

Baca: 10 Usaha Ternak yang Menjanjikan di Masa Depan, Terbaik untuk Pemula

Beberapa usaha ternak yang cepat panen dan menguntungkan tadi tidak hanya memiliki permintaan pasar yang stabil dan cenderung meningkat, tetapi juga membutuhkan lahan yang tidak begitu luas.

Sehingga akan sangat cocok untuk ide usaha anda. [BH/CS]

Tinggalkan komentar