7 Trik Jualan Online Agar Cepat Laku Untuk Pemula dengan Modal Kecil

Sharing is caring!

Trik Jualan Online Agar Cepat Laku ~ Apa rahasianya para pedagang online pemula bisa meraih banyak transaksi dalam waktu singkat? Temukan jawabannya di bawah ini!

BisnisHandal.com, Jualan di online shop memang sedang sangat digandrungi oleh banyak orang pada saat sekarang ini. Selain menjanjikan keuntungan yang cukup besar, jualan online juga membutuhkan modal yang relatif lebih kecil.

Ini karena jualan online tidak membutuhkan toko secara fisik beserta segala pengeluaran operasionalnya, yang bisa dialihkan untuk menambah modal usaha.

Meskipun demikian, untuk para pedagang online pemula akan mendapatkan sedikit banyak kesulitan ketika awal-awal merintis usaha ini. Kesulitan yang paling banyak dihadapi adalah sulitnya untuk mendapatkan konsumen ketika awal berkecimpung di dalam bisnis online.

Dengan penjualan yang lambat dan cenderung berjalan di tempat, sering kali seorang pebisnis online pemula menjadi down atau timbul keraguan untuk meneruskan usaha mereka ini.

Maka dari itu, para pedagang pemula ini sangat membutuhkan tips dan trik jualan online agar barang mereka cepat laku dan mendapatkan banyak transaksi dalam waktu yang singkat.

7 Trik Jualan Online Agar Cepat Laku, Rahasianya Toko Online Besar

Berikut ini adalah 7 trik jualan online yang banyak dipakai oleh pedagang pemula agar bisa mendongkrak penjualan dalam waktu yang sesingkat mungkin.

1. Gunakan Foto Terbaik yang Mempresentasikan Produk yang Dijual

cara jualan online laris di facebook

Trik jualan online agar cepat laku yang pertama adalah menggunakan foto terbaik yang mempresentasikan produk yang anda jual.

Menampilkan foto yang paling baik dalam berjualan online adalah keharusan karena itu akan menjadi kesan pertama bagi para calon pembeli anda. Kesan pertama inilah yang akan memberikan opsi apakah calon pelanggan anda tertarik atau tidak terhadap produk yang anda jual.

Oleh karena pentingnya foto dalam penjualan online, sebisa mungkin anda menampilkan foto terbaik yang harus mempresentasikan produk yang dijual.

Sebaiknya anda membuat sendiri foto produk tersebut dan tidak mengambil foto milik orang lain, apalagi kompetitor anda.

Dengan menggunakan foto sendiri dan bisa mempresentasikan produk yang anda jual, berarti anda telah memperbesar kemungkinan untuk meningkatkan penjualan di toko online anda.

2. Buat Deskripsi dan Keterangan Produk yang Jelas

Deskripsi dan keterangan produk yang jelas juga bisa menjadi salah satu trik jualan online agar cepat laku.

Setelah tertarik dengan foto produk yang anda pajang, para calon pembeli biasanya akan langsung melihat deskripsi dari produk yang anda jual.

Nah, disinilah pentingnya deskripsi dan keterangan produk yang sejelas dan semenarik mungkin agar bisa menjadi pemucu terjadinya penjualan.

Deskripsi produk yang baik adalah harus menjelaskan produk, baik dari segi keunggulan, manfaat, maupun spesifikasi yang jelas.

Semuanya harus dirangkum dalam kata-kata yang singkat, jelas, padat, dan juga memacing para calon pembeli agar tertarik untuk mencoba produk yang anda tawarkan.

Cara pintar jualan satu ini sudah diterapkan oleh para pedagang online besar dan rata-rata dari mereka sukses meraih penjualan harian yang sangat memuaskan.

3. Harga yang Masuk Akal Agar Produk Cepat Laku

cara promosi online agar cepat laku

Setelah membuat foto produk dan deskripsi yang baik, trik jualan online agar cepat laku berikutnya adalah membuat harga yang masuk akal.

Harga yang masuk akal di sini maksudnya adalah harga yang bisa bersaing dengan kompetitor anda.

Jika harga yang anda labeli lebih mahal dari kompetitor anda, maka para calon pembeli kemungkinan akan lari ke kompetitor anda.

Jadi usahakan anda memberi harga yang sama atau lebih murah dari kompetotor anda. Tetapi jangan terlalu murah hingga tidak masuk akal, karena para pembeli malah akan ragu dan mengira anda menjual produk kw atau produk yang mendekati masa kadaluarsa.

4. Fast Response Terhadap Pertanyaan Calon Customer

Ketika calon customer mulai bertanya terhadap produk yang anda jual, ini berarti tinggal selangkah lagi akan terjadi transaksi penjualan terhadap produk anda.

Maka dari itu, usahakan anda menjawab pertanyaan dari para calon customer anda dengan cepat dan jelas.

Jika perlu, anda bisa sambil menjelaskan keunggulan produk yang anda jual, kesiapan anda dalam memproses pesanan dalam waktu yang cepat, atau pengiriman yang tepat waktu. Karena diskusi terhadap produk yang ditanyakan oleh para calon customer adalah saat terbaik bagi anda untuk meyakinkan mereka untuk membeli produk yang anda jual.

Dengan respon yang baik dan jawaban yang memuaskan, maka hampir bisa dipastikan anda akan mendapatkan transaksi dari mereka.

Trik jualan online agar cepat laku satu ini juga berlaku untuk penjualan baik dengan perantara marketplace maupun penjualan lewat sosial media.

5. Gunakan Trik Membeli Sendiri

Trik membeli sendiri barang yang anda jual sendiri biasanya banyak dipergunakan oleh para pedagang online pemula untuk menstimulasi terjadinya transaksi lain secara beruntun.

Biasanya pedagang online yang baru memulai akan sulit untuk pecah telur atau mendapatkan transaksi yang pertama karena para calon pembeli yang masih ragu mengenai kredibilitas si penjual.

Dengan tidak adanya transaksi apalagi review, maka akan sulit bagi pedagang pemula ini untuk menciptakan transaksi pertama dan seterusnya.

Cara menyiasati ini adalah dengan sedikit “curang”, yaitu membeli produk itu sendiri dengan meminta bantuan teman, keluarga, atau sahabat kita sendiri.

Dengan terjadinya transaksi pertama, biasanya tingkat kepercayaan konsumen terhadap toko online anda juga akan meningkat. Apalagi dengan adanya review yang positif dari para pembeli tadi.

Ini merupakan trik jualan online agar cepat laku yang biasa dipergunakan oleh para pedagang online di beberapa marketplace besar.

6. Pergunakan The Power of Social Media

cara pintar jualan online

Trik jualan online agar cepat laku berikutnya adalah dengan memanfaatkan kekuatan dari sosial media.

Biar bagaimanapun cara promosi online terbaik agar cepat laku adalah dengan memanfaatkan sosial media yang anda miliki.

Dengan sosial media, terkadang anda bisa menciptakan transaksi fantastis di luar dugaan. Anda juga bisa menjaring banyak sekali pengikut atau teman yang tertarik terhadap produk yang anda jual hanya dari sosial media.

Jadi, jangan pernah ragu untuk membagikan link produk online yang anda jual di sosial media, entah di di Facebook, Twitter, ataupun Instagram.

7. Beriklan

Jika anda memang memiliki modal yang cukup untuk mensupport penjualan online anda, maka tidak ada salahnya untuk memilih beriklan.

Beriklan memang merupakan trik jualan online agar cepat laku yang cukup direkomendasikan bagi anda yang ingin meningkatkan penjualan dalaam waktu singkat. Terutama untuk anda penjual pemula yang produknya belum terlalu dikenal masyarakat.

Meskipun memang terbukti efektif dalam meningkatkan penjualan produk anda, tetapi bijaklah dalam menangani budget iklan. Jangan sampai budget iklan yang anda keluarkan melebihi keuntungan yang akan anda dapat nantinya.

Baca Juga:

Dengan menerapkan ketujuh trik tersebut di atas, maka bukan tidak mungkin anda akan meraih lonjakan penjualan dalam waktu yang tidak seberapa lama. [BH/CS]

Tinggalkan komentar