Anda Punya Modal Kecil, Coba 9 Usaha dengan Modal 2 Juta Rupiah Ini!

Sharing is caring!

Usaha dengan Modal 2 Juta ~ Usaha apa yang bisa dimulai dengan modal Rp 2 jutaan rupiah saja? Berikut ini adalah 9 usaha yang bisa anda mulai dengan modal kecil!

BisnisHandal.com, Modal adalah salah satu faktor utama dalam memulai sebuah usaha. Ada banyak sekali orang yang mengurungkan niatnya untuk memulai sebuah usaha hanya karena keterbatasan modal usaha.

Hal ini tidak lepas dari anggapan bahwa untuk memulai sebuah usaha atau bisnis memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Belum lagi ditambah dengan faktor kerugian yang senantiasa menghantui.

Tetapi jika anda berpikir lagi, tidak semua usaha harus membutuhkan modal yang sangat besar. Malah sebetulnya ada banyak usaha yang bisa dijalankan dengan modal yang kecil asalkan ada niat untuk menjalankannya.

Cukup dengan modal Rp 2 jutaan saja, anda sudah bisa memulai beberapa usaha yang ternyata hasilnya juga sangat lumayan.

9 Ide Usaha dengan Modal 2 Juta yang Terbukti Menguntungkan

Berikut ini adalah beberapa contoh usaha dengan modal 2 juta rupiah yang bisa anda jalankan pada saat sekarang ini.

1. Usaha Makanan Ringan

usaha modal 1 juta kebawah

Jualan makanan ringan adalah salah satu jenis usaha dengan modal 2 juta rupiah yang patut anda pertimbangkan pada saat sekarang ini.

Mungkin banyak diantara kita yang menganggap remeh usaha satu ini karena mengingat harga jual makanan ringan yang kisarannya tidak terlalu tinggi dengan margin keuntungan yang cukup tipis.

Tetapi yang perlu diingat adalah usaha makanan ringan adalah bisnis yang perputaran modalnya sangat kencang. Ditambah lagi dengan permintaan pasar yang cukup tinggi apabila dipasarkan dengan tepat sasaran.

Selain itu, usaha makanan ringan juga sangat fleksibel. Bisa menjadi usaha sampingan ibu rumah tangga di desa sampai usaha utama dengan keuntungan yang sangat tinggi.

Anda bisa memasarkan dan mengemasnya dalam berbagai ukuran, seperti makanan ringan serba 2000 atau kemasan yang lebih mahal sesuai dengan target pasar yang anda tuju.

Untuk pemasarannya sendiri juga cukup fleksibel, mulai dari dititipkan di warung, menjualnya di berbagai titik keramaian, hingga menjualnya secara online.

2. Usaha Jualan Pulsa Listrik dan Seluler

Usaha dengan modal 2 juta rupiah yang bisa anda pertimbangkan selanjutnya adalah jualan pulsa listrik dan HP.

Jualan pulsa listrik dan seluler ini adalah bisnis yang fleksibel dan bisa dilakukan dengan modal 2 jutaan rupiah saja karena tidak harus memiliki fisik toko.

Anda bisa menjalankan usaha ini sebagai usaha sampingan di desa maupun di kota besar, bahkan bisa sambil mengurus anak dan pekerjaan lainnya karena relatif mudah.

Yang jelas, jualan pulsa adalah salah satu contoh usaha modal kecil untung besar dengan omset yang cukup tinggi jika bisa dikelola dengan baik.

3. Usaha Jasa Jahit dan Permak Pakaian

bisnis baju modal 1 juta

Usaha jasa jahit dan permak pakaian juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda yang mencari usaha dengan modal 2 juta rupiah yang menguntungkan.

Apalagi usaha ini bisa dijalankan sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga sambil mengurus anak atau kegiatan lainnya.

Untuk memulai usaha ini, selain modal, anda memerlukan sedikit keahlian dalam menjahit atau permak pakaian. Keahlian ini bisa anda dapatkan melalui tempat pelatihan UKM ataupun kursus.

Setelah anda memiliki keahlian dalam bidang jahit ini barulah kemudian membuka usaha jasa jahit dan permak pakaian kecil-kecilan di rumah.

Meskipun hanya merupakan usaha kecil-kecilan skala rumahan, tetapi seiring dengan berjalannya waktu dan ditambah dengan konsumen yang puas, usaha anda akan berkembang sedikit demi sedikit nantinya.   

4. Usaha Franchise atau Waralaba

Dulu untuk memulai sebuah bisnis waralaba atau franchise memang tidak mudah dan membutuhkan modal yang relatif besar. Tetapi tidak untuk sekarang.

Pada saat ini, ada banyak usaha franchise terlaris yang menawarkan paket kemitraan dengan biaya hanya 2 jutaan rupiah saja. Bahkan ada yang bisa langsung memulai berjualan dengan modal yang sangat murah tersebut.

Ditambah lagi dengan berbisnis franchise anda tidak perlu lagi repot memulai usaha yang baru karena sistem usaha franchise telah menetapkan sistem kerja usaha, merk, hingga promosi dengan baik. sehingga anda tinggal menjalankannya saja..

Jadi usaha waralaba atau franchise bisa menjadi pilihan usaha dengan modal 2 jutaan yang cukup menguntungkan pada saat sekarang ini.

5. Usaha Jasa Les Privat

Usaha jasa les privat adalah jenis usaha dengan modal 2 juta rupiah berikutnya yang layak anda pertimbangkan.

Tidak masalah jika anda tidak memiliki tempat khusus untuk keperluan belajar anak-anak didik karena anda bisa memanfaatkan ruangan tertentu di rumah anda.

Yang perlu dipersiapkan hanyalah sebidang papan tulis putih dan spidol saja dan sisanya adalah memanfaatkan kemampuan akademis anda dalam mengajar anak-anak tersebut.

Kalaupun anda benar-benar tidak memiliki tempat yang memadai untuk usaha jasa les privat juga tidak masalah. Anda bahkan bisa melakukan kegiatan belajar mengajar di rumah anak didik anda nantinya.

Usaha jasa les privat juga merupakan salah satu ide usaha sampingan di desa yang memiliki prospek yang cukup menjanjikan.

6. Usaha Reseller Pakaian dan Aksesoris

contoh usaha modal kecil untung besar

Contoh lain usaha dengan modal 2 juta rupiah yang cukup menguntungkan pada saat ini adalah usaha reseller pakaian dan aksesoris.

Bisnis ini sangat mudah dilakukan karena bisa memanfaatkan media online seperti marketplace atau media sosial anda.

Modal 2 jutaan rupiah juga cukup memungkinkan karena tidak semua produk yang anda jual harus distok terlebih dahulu.

Anda cukup menggunakan foto produk saja untuk jualan secara online dan begitu ada pesanan barulah mendapatkan barang yang diminta tersebut dari agen atau supplier.

Dengan demikian, anda tidak akan menanggung resiko kerugian karena barang tidak laku.

7. Usaha Kerajinan Tangan

Jika anda memiliki keahlian dalam membuat kerajinan tangan, maka keahlian ini bisa dimanfaatkan sebagai salah satu ide usaha dengan modal 2 juta rupiah yang menguntungkan.

Ada banyak sekali ide kerajinan tangan yang bisa dibuat dengan modal kecil, mulai dari suvenir untuk acara pernikahan hingga perabotan rumah tangga.

Untuk bahan dasar kerajinan tangan sendiri, anda bisa menyesuaikannya dengan modal yang dimiliki. Jika anda hanya memiliki modal Rp 2 jutaan saja, maka gunakanlah bahan-bahan bekas seperti plastik, palet kayu, botol, dan sebagainya.

Dengan kreativitas yang ada, anda bisa menyulap bahan-bahan tadi menjadi kerajinan tangan yang bernilai tinggi.

Ini adalah salah satu contoh usaha modal kecil untung besar yang cukup bisa anda andalkan pada saat sekarang ini.

8. Usaha Katering Rumahan

peluang usaha sampingan karyawan

Bisnis kuliner memang tidak ada matinya. Entah itu di kota besar yang padat penduduk hingga di pelosok desa, anda bisa dengan mudah menjumpai usaha kuliner.

Untuk memulai usaha kuliner memang membutuhkan modal yang tidak sedikit karena harus mempunyai warung makan yang bisa didapat dengan menyewa.

Namun jika anda tidak memiliki modal yang cukup untuk sewa tempat untuk usaha warung makan, tidak perlu khawatir karena bisa membuka usaha katering rumahan.

Selain tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk sewa tempat, potensi kerugian dari usaha katering rumahan jauh lebih kecil dari usaha warung makan.

Untuk promosinya juga mudah karena pada saat ini anda bisa memanfaatkan media sosial.

Yang paling utama dari usaha dengan modal 2 juta rupiah satu ini adalah kualitas dan cita rasa yang harus betul-betul anda perhatikan. Dengan kualitas dan cita rasa yang baik, pelanggan anda akan cenderung bertambah seiring dengan berjalannya waktu.

9. Usaha Jualan Kue

Usaha jualan kue juga bisa menjadi salah satu usaha dengan modal 2 juta yang patut anda pertimbangkan pada saat sekarang ini.

Usaha sampingan ibu rumah tangga satu ini memiliki potensi kerugian yang sangat minim apabila anda memperhatikan faktor kualitas dari kue yang anda buat.

Asalkan kue tersebut itu enak dan harganya terjangkau, mau dititipkan di warung atau menjualnya sendiri juga pasti akan laris.

Apalagi jika anda konsisten menggeluti bisnis ini, biasanya akan ada pesanan dalam jumlah besar di saat-saat tertentu, seperti acara seperti pernikahan, ulang tahun, dan acara-acara lain.

Baca Juga:

Demikianlah 9 ide usaha dengan modal 2 juta yang terbukti menguntungkan untuk anda yang sedang mencari inspirasi usaha dengan modal kecil. Semoga salah satunya bisa jadi ide usaha anda. [BH/HT]

Tinggalkan komentar