Unik dan Kreatif: 12 Usaha di Luar Negeri yang Belum Ada di Indonesia

Sharing is caring!

Usaha di Luar Negeri yang Belum Ada di Indonesia ~ Ada yang unik, tetapi ada juga yang cocok jika diterapkan di Indonesia. Seperti apa usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia?

Beda negara, maka beda pula budayanya. Perbedaan budaya tersebut bisa memunculkan beberapa jenis usaha yang menurut kita tidak biasa.

Ada usaha di luar negeri yang menurut kita cukup aneh. Tetapi beberapa usaha lain malah bisa jadi cocok untuk menjadi ide bisnis kreatif dan unik di Indonesia.

Seperti apa saja usaha-usaha unik di luar negeri yang tidak ada di Indonesia?

12 Usaha di Luar Negeri yang Belum Ada di Indonesia dan Sangat Unik

Berikut ini adalah 12 usaha yang lazim di luar negeri tetapi belum ada di Indonesia. Beberapa diantaranya cukup unik, namun bisa menjadi inspirasi untuk bisnis baru.

1. Usaha Udara Kalengan

usaha yang jarang rugi

Polusi udara memang menjadi masalah besar yang kian hari semakin mengkhawatirkan.

Dengan banyaknya volume kendaraan, banyak penduduk di kota besar yang kekurangan udara segar.

Atas keprihatinan tersebut, belakangan di China sudah bermunculan produk berupa udara segar dalam kalengan.

Usaha yang lagi trend di luar negeri satu ini memang terdengar cukup konyol. Akan tetapi kita jangan lupa bahwa ide serupa juga sempat menjadi tertawaan ketika Tirto Utomo memperkenalkan Aqua.

Dengan perkembangan zaman yang serba tidak menentu, kita tidak akan pernah tahu seberapa parah kualitas udara di masa depan.

Bisa jadi usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia satu ini suatu saat malah menjadi sangat booming di tanah air.

Baca: 10 Ide Bisnis Kreatif yang Jarang Ada namun Sangat Menguntungkan

2. Jasa Sewa Pacar

Jadi jomblo memang tidak enak dalam untuk situasi tertentu, misalnya harus menghadiri pesta atau pergi ke acara keluarga.

Untuk mengantisipasi momen akward karena tidak punya pacar, di beberapa negara seperti Jepang, China, atau Amerika, ada yang menyediakan jasa sewa pacar.

Nah, pacar sewaan ini bisa diajak untuk berpura-pura menjadi pacar, seperti pergi makan malam, menonton film ke bioskop, hingga menghadiri pesta pernikahan.

Usaha di laur negeri yang belum ada di Indonesia satu ini ternyata cukup banyak peminatnya lho!

3. Usaha Sewa Pelayat

Sewa pelayat adalah salah satu dari sekian banyak usaha yang cukup banyak di luar negeri yang belum ada di Indonesia.

Ada beberapa alasan mengapa banyak keluarga menggunakan sewa jasa orang-orang yang melayat ke pemakaman. Salah satunya karena gengsi.

Biasanya di luar negeri, apalagi untuk daerah perkotaan yang tingkat kesibukannya cukup tinggi, orang-orang enggan untuk pergi melayat.

Untuk menjaga gengsi agar terlihat banyak yang menghadiri acara pemakaman, biasaya pihak keluarga yang berduka menggunakan jasa sewa pelayat dengan bayaran yang tidak murah.

4. Jasa Teman Curhat

Memiliki teman yang bisa mendengar keluh kesah atas semua permasalahan kita tentu akan sangat menyenangkan.

Tetapi pada kenyataannya, tidak semua teman bisa hadir pada saat kita sedang terpuruk.

Nah, di Jepang banyak orang yang menjadi freelance dengan menyewakan jasa teman curhat. Yang menawarkan jasa tersebut biasanya sudah berusia dewasa dan siap menjadi pendengar dan memberi saran atas permasalahan kliennya.

Usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia ini memang terdengar cukup unik. Tetapi, jasa teman curhat yang cukup marak di Jepang ini ternyata tidak murah, karena bayarannya per jam.

5. Usaha Sewa Ayam Ternak

peluang usaha yang belum banyak pesaing

Usaha penyewaan ayam ternak mungkin terdengar sebagai usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia yang paling absurd.

Tetapi di Chicago – Amerika Serikat, bisnis ini lumayan banyak peminatnya.

Biasanya keluarga yang menyewa ayam ternak ini bermaksud menghilangkan stress atau memberikan edukasi kepada anak-anak mereka.

Setelah memasuki musim dingin, binatang ternak akan dikembalikan lagi pada pemiliknya.

Kalau untuk Indonesia, bisnis yang unik ini tampaknya belum bisa jalan karena kita bisa dengan mudah mendapatkan ayam tanpa harus menyewanya.

6. Jasa Teman untuk Jalan-Jalan

Jasa teman untuk jalan-jalan adalah salah satu usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia yang cukup laris.

Usaha ini banyak kita temukan di berbagai wilayah Asia, seperti Thailand, Jepang, hingga Hongkong.

Teman untuk jalan-jalan ini biasanya adalah gadis muda cantik yang bisa disewa oleh para jomblo yang hendak traveling tetapi tidak memiliki teman.

Selain bisa menemani jalan-jalan, mereka yang disewa ini juga bisa menjadi tour guide juga dan bisa diajak berfoto-foto.

7. Usaha Sewa Pianis untuk Menghibur Gajah

Gajah adalah simbol negara Thailand yang sangat dihormati. Gajah sangat dikagumi oleh masyarakat Thailand karena menjadi lambang kekuatan, ketahanan, dan umur yang panjang.

Di Thailand, gajah juga sering dipekerjakan sebagai pengangkut menggantikan kuda, mulai dari angkutan logistik sampai manusia.

Agar gajah bisa bekerja dengan baik dan tidak stress, ada yang namanya pianis penghibur gajah.

Para pianis ini akan memaikan lagu-lagu relaksasi yang akan menghilangkan stress pada gajah dan membuat mereka lebih bersemangat lagi dalam bekerja.

8. Jasa Penjaga Sandal

Jasa penjaga sandal adalah salah satu usaha di luar negeri yang cukup unik dan belum ada di Indonesia.

Kita akan banyak menemukan jasa penjaga sandal di India yang akan menjaga sandal anda dengan aman selama anda beribadah di kuil atau masjid.

Ide jasa penjaga sandal ini lahir lantaran banyak masyarakat India yang mengeluh sering kehilangan sandal mereka ketika sedang beribadah.

Tampaknya bisnis anak muda di luar negeri satu ini juga cocok diterapkan untuk negara kita mengingat keluhan tentang sandal yang hilang atau tertukar juga sama banyaknya.

9. Jasa Tukang Antri

Hampir setiap orang pasti tidak suka dengan antrian yang panjang. Selain harus pegal karena berdiri lama, banyak waktu yang akan terbuang yang semestinya bisa menjadi produktif.

Oleh karena itu, di beberapa negara ada yang namanya jasa tukang antri atau joki antri.

Jadi dengan bayaran tertentu, joki antri ini akan menggantikan anda dalam mengantri sementara anda bisa melakukan kegiatan yang lain.

Joki antri ini biasanya banyak dilakoni oleh anak-anak hingga ibu rumah tangga yang hendak mencari penghasilan tambahan.

10. Usaha Jual Beli Cincin Pernikahan (Tunangan) Bekas

usaha yang lagi trend di luar negeri

Terkadang pernikahan yang sudah dipersiapkan dengan matang, bisa saja batal karena berbagai alasan.

Hal ini juga yang dirasakan oleh seorang pemuda bernama Joshua Opperman yang harus patah hati padahal sudah mempersiapkan cincin pernikahan.

Namun, dalam patah hatinya, ia kemudian menemukan ide bisnis baru, yaitu menjual cincin bekas yang batal ia gunakan untuk melamar kekasihnya.

Tidak butuh lama, platform yang ia gunakan untuk menjual cincin pernikahan yang tidak terpakai ini mendadak ramai dengan orang-orang yang memiliki kasus serupa.

Joshua bahkan sampai kaget dengan banyaknya transaksi cincin pernikahan bekas yang ada di paltform miliknya.

11. Jasa Murid Pengganti

Kita yang tinggal di Indonesia mungkin sudah biasa mendengar banyak mahasiswa yang cuma titip absen dan tidak pernah menunjukkan batang hidungnya untuk kegiatan perkuliahan.

Ternyata di luar negeri ada yang lebih ekstrim lagi. Di China, orang-orang yang memiliki uang bisa membayar jasa murid pengganti yang akan menggantikan mereka dalam bersekolah atau kuliah.

Murid pengganti ini biasanya adalah mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu atau yang benar-benar membutuhkan uang.

Setelah murid pengganti ini lulus, maka nama yang tercantum di ijazah adalah orang yang membayar murid pengganti tersebut.

Bagaimana kalau ada mahasiswa kedokteran yang membayar murid pengganti ya?

12. Tenaga Ahli Urusan Tidur

Satu lagi usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia, yaitu tenaga ahli urusan tidur. Profesi sebagai tenaga ahli urusan tidur cuma ada di Finlandia.

Sesuai namanya, orang-orang ini memang dibayar mahal hanya untuk tidur dan beristirahat di hotel.

Setelah bangun keesokan harinya, mereka akan menuliskan ulasan mengenai bagaimana kenyamanan beristirahat di kamar hotel tersebut.

Jadi, di dunia ini betul-betul ada yang dibayar tinggi hanya untuk tidur lho.

Baca: 9 Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan, Cepat Laris, dan Menguntungkan

Apakah anda tertarik untuk membuka salah satu usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia tersebut? [BH/CS]

Tinggalkan komentar