10 Ide Usaha Makanan Kekinian yang Unik, Laris, dan Sedikit Pesaingnya

Sharing is caring!

Usaha Makanan Kekinian ~ Usaha makanan apa yang unik, dijamin laris, tidak banyak pesaingnya, dan modalnya kecil? Temukan jawabannya di bawah ini!

BisnisHandal.com, Untuk anda yang baru memulai usaha, ada banyak pilihan ide usaha yang bisa dijadikan pembuka gerbang keberhasilan anda. Salah satunya adalah usaha makanan.

Selain mudah dijalankan, usaha makanan juga menyimpan potensi keuntungan yang cukup tinggi. Belum lagi mengingat modal yang anda butuhkan untuk bisnis kuliner atau makanan cukup terjangkau.

Ditambah lagi dengan pangsa pasar yang luas dan bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat, bisnis makanan adalah salah bisnis yang sangat potensial dan menjanjikan.

Apalagi dengan berjalannya waktu, seiring dengan berkembangnya industri kuliner, makanan yang dijual juga semakin beragam. Dari banyaknya jenis makanan yang bisa menjadi ide usaha, beberapa makanan kekinian bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Tidak hanya memiliki pesaing yang masih sedikit, tetapi beberapa makanan kekinian di bawah ini juga sangat laris dan disukai oleh berbagai kalangan.

10 Ide Usaha Makanan Kekinian yang Unik dan Laris Dijual Saat Ini

Berikut ini adalah 10 ide usaha makanan kekinian yang tidak hanya unik, tetapi sangat laris dijual dan bisa anda mulai dengan modal yang cukup minim. 

1. Pangsit Goreng

Usaha Makanan Kekinian 2020

Mungkin anda semua setuju kalau pangsit goreng adalah usaha makanan kekinian 2020 yang paling viral dan paling banyak dicari orang.

Sebetulnya, ide usaha pangsit goreng yang digagas oleh Lek Gino ini sudah berdiri sejak tahun 1993 di daerah Cengkareng Timur, Jakarta Barat.

Tetapi usaha pangsit goreng ini tidak seramai saat ini karena dibuka di daerah gang sempit yang padat penduduk.

Barulah setelah pertengahan 2020 lalu, setelah para food blogger dan Youtuber yang berbondong-bondong mendatangi warung pangsit goreng Lek Gino, usaha ini jadi meroket.

Saking boomingnya pangsit goreng, saat ini sudah banyak pedagang yang memanfaatkan momentum dengan membuka usaha sejenis.

Diperkirakan usaha pangsit goreng ini akan tetap bertahan di tahun-tahun mendatang dan cocok jadi ide usaha degan modal kecil.

2. Corn dog

contoh usaha makanan ringan unik

Usaha makanan kekinian yang recommended berikutnya adalah corn dog.

Corn dog adalah gabungan dari sosis dan keju mozarella yang digoreng renyah dalam baluran tepung roti dan disajikan dengan saos sambal dan mayonaise.

Ide jualan makanan kekinian satu ini begitu populer di Korea Selatan dan perlahan-lahan mulai merambah ke tanah air.

Selain karena rasanya yang enak, corn dog juga cukup disukai karena harga jualnya yang terjangkau.

Untuk memulai usaha yang disukai kaum milenial satu ini, anda tidak membutuhkan modal yang relatif besar, tetapi akan memberikan omset yang cukup tinggi.

3. Martabak Aneka Topping

usaha makanan online

Pada dasarnya, usaha martabak manis memang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu dan menjadi salah satu jajanan yang cukup digemari di Indonesia.

Yang menjadikan martabak ini sebagai salah satu usaha makanan kekinian adalah dengan penambahan aneka topping yang menarik.

Jika dulu martabak manis hanya ada topping cokelat, kacang, dan keju, saat ini sudah tersedia banyak sekali topping yang menarik. Misalnya topping Oreo, Nutella, Ovomaltine, Toblerone, Kit Kat, marshmallow, Tim Tam Red Velvet, hingga es krim gelato.

Selain menjadi hits dan kekinian, penambahan aneka produk topping yang menarik juga menambah daya tarik dari martabak, khususnya para anak muda.

Sebagai salah satu jajanan legendaris yang direborn dengan aneka topping yang menarik, memang tidak salah kalau saat ini martabak sudah menajadi salah satu usaha makanan kekinian yang sangat diminati.

4. Rice box

usaha makanan yang bisa dititipkan di warung

Berawal dari ide menyajikan makanan yang praktis dan kekinian, ide rice box hadir dan langsung mendapat sambutan yang sangat positif.

Konsep rice box sebetulnya sama dengan nasi bungkus atau nasi kotak, hanya berbeda dari kemasannya saja.

Isinya juga merupakan makanan yang merakyat, seperti nasi dengan satu atau dua macam lauk khas nusantara. Harga untuk seporsi rice box juga murah meriah dan sangat terjangkau.

Yang membedakan rice box dan naik kelas menjadi usaha makanan kekinian karena sarana promosinya yang dilakukan secara online. Proses jual beli rice box biasanya ditawarkan lewat sosial media, seperti Whatsapp, Instagram, hingga di situs e-commerce.

Usaha makanan online satu ini menjadi hists dan laris manis lantaran pedagangnya tidak hanya datang dari kalangan biasa. Bahkan banyak artis dan selebgram juga tertarik menekuni usaha yang sangat menguntungkan satu ini.

5. Bakso Lobster

jualan makanan apa yang laris

Bakso lobster adalah usaha makanan kekinian yang mendadak viral berawal dari ulasan beberapa food vlogger tanah air.

Pada dasarnya, bakso lobster hampir sama dengan aneka kreasi bakso-bakso yang ada pada saat ini. Yang membedakan hanyalah isinya menggunakan lobster utuh yang ditutup dengan bakso sapi.

Karena unik dan tidak ada pesaingnya, ditambah lagi dengan banyaknya ulasan di dunia maya, tidak heran jika bakso lobster begitu ramai dikunjungi.

Anda yang sedang mencari ide jualan apa yang laris untuk saat ini, jangan ragu untuk mencoba usaha bakso lobster ini.

6. Dessert box

Ide Jualan Makanan di Rumah

Ide usaha makanan kekinian berikutnya yang bisa jadi referensi bisnis anda adalah usaha dessert box.

Tidak hanya menjadi salah satu ide jualan makanan yang sangat digemari untuk saat sekarang ini, usaha dessert box juga cukup mudah untuk dijalani.

Selain resep-resep untuk membuat dessert box ini banyak sekali bertebaran di dunia maya, modal yang anda keluarkan untuk memulai usaha ini juga cukup kecil.

Ditambah lagi dengan pemasaran yang mudah lewat media sosial dan potensi kerugian yang amat minim, ide jualan makanan kekinian satu ini sangat layak untuk dijadikan usaha.

7. Long Potato Fries

resep makanan kekinian untuk dijual

Keberadaan kentang goreng sebagai cemilan memang sudah ada sejak lama. Bahkan kita akan dengan mudah menemukan kentang goreng di berbagai restoran cepat saji yang ada.

Tetapi ketika anda menjual long potato fries, hasilnya akan berbeda. Keunikan dari long potato fries adalah bentuknya yang jauh lebih panjang daripada kentang goreng pada umumnya.

Keunikan ini dianggap menarik oleh banyak orang dan menjadikan long potato fries sebagai salah satu makanan ringan yang cukup diminati.

Karena bentuk dan rasanya dan unik dan harganya yang pas di kantong, anda bahkan bisa memulai usaha long potato fries sebagai ide jualan makanan yang laris di kampung.

 Anda tertarik mencobanya?

8. Minuman Brown sugar Boba

jualan makanan yang laris di kampung

Dimulai dengan boomingnya minuman boba yang melejit di kalangan anak muda, belakangan muncul varian baru dengan paduan antara boba dengan sirup gula merah.

Usaha makanan kekinian satu ini mendadak melejit dan langsung mendapatkan respon yang luar biasa dari masyarakat.

Para pecinta brown sugar boba yang beramai-ramai mengunggah minuman unik ini ke sosial media juga turut andil dalam mempopulerkan minuman hits ini.

Anda ingin memulai usaha minuman brown sugar boba juga sangat mudah. Karena saat ini sudah tersedia banyak sekali waralaba brown sugar boba yang menawarkan paket kemitaraan dengan harga yang sangat terjangkau.

9. Sambal Cumi Asin

ide jualan makanan kekinian

Sebetulnya keberadaan sambal cumi asin sebagai pelengkap makanan memang sudah ada sejak dulu. Namun, berkat taktik jitu para pebisnis ini yang mengemas dan memasarkan sambal cumi asin dengan cara yang beda, jadilah makanan hits seperti saat ini.

Sebagai salah satu usaha makanan kekinian, sambal cumi asin dikemas seecara modern di dalam jar atau plastik vacuum sealed dan dipasarkan secara online.

Berkat modernisasi inilah, sambal cumi asin saat ini menjadi salah satu menu hits yang laris manis di berbagai situs e-commerce.

Usaha makanan online satu ini bukan saja mudah dan menguntungkan, tetapi modal yang dibutuhkan juga cukup minim dengan potensi kerugian yang amat kecil.

10. Nasi Kulit Ayam Crispy

usaha kuliner untuk pemula

Nasi kulit ayam bisa menjadi ide usaha makanan kekinian yang menguntungkan pada saat sekarang ini.

Bukan cuma modalnya yang murah meriah, nasi kulit ayam juga sangat digemari karena kulitnya yang digoreng garing crispy.

Untuk memulai usaha ini, pertama-tama anda harus membuat konsepnya. Apakah nasi kulit ayam crispy ini dijual dalam bentuk rice bowl, rice box, atau sejenisnya.

Setelah itu, mulailah latihan untuk mencoba-coba resep makanan kekinian untuk dijual satu ini.

Setelah semua persiapan matang, anda bisa langsung memulainya dengan promosi di seluruh sosial media. Mudah bukan?

Baca Juga:

Usaha kuliner memang memiliki potensi sukses yang besar karena bisnis ini adalah usaha yang abadi selama manusia membutuhkan makanan. Dengan memilih makanan yang sedang hits dan sedikit pesaingnya, berbarti anda telah memperbesar peluang usaha ini untuk berhasil. [BH/CS]

Tinggalkan komentar