7 Peluang Usaha Makanan Rumahan Paling Laris Saat Ini dan Anti Gagal

Sharing is caring!

Usaha Makanan Rumahan ~ Usaha makanan apa saja yang tidak membutuhkan tempat usaha, tetapi banyak dicari orang dan anti gagal? Temukan jawabannya di bawah ini!

BisnisHandal.com, Dari semua bisnis yang bisa digeluti, bisnis kuliner masih sangat diminati karena merupakan usaha yang tidak pernah mati. Usaha kuliner akan selalu ada selama setiap orang masih membutuhkan makanan.

Akan tetapi, ada kalanya usaha kuliner memang tidak berjalan seperti yang diharapkan. Ada banyak faktor penyebabnya. Contohnya seperti pemilihan spesifikasi usaha yang tidak tepat, banyaknya kompetitor, kalah dalam persaingan harga, ataupun tidak memanfaatkan sarana promosi secara maksimal.

Agar usaha kuliner anda bisa berjalan lancar dan tidak menderita kerugian, maka sangat penting untuk memilih jenis usaha kuliner yang tepat. Kalau memungkinkan, anda bisa memilih usaha makanan rumahan yang tidak membutuhkan modal untuk tempat usaha, namun tetap laris dan mudah dipasarkan.

7 Ide Usaha Makanan Rumahan Anti Gagal dan Paling Laris Sekarang

Berikut ini adalah 7 ide usaha kuliner yang tidak membutuhkan toko atau tempat usaha, namun tetap banyak diminati pembeli dan hampir tidak pernah gagal.

1. Usaha Makanan Rice bowl

usaha makanan rumahan online

Usaha makanan rumahan yang cukup diminati dan bisa dibilang jarang gagal yang pertama adalah rice bowl.

Usaha makanan kekinian satu ini cukup digemari, terutama oleh para pekerja kantoran atau karyawan swasta karena kemasannya yang komplit.

Tidak hanya itu, seporsi rice bowl yang dikemas dalam papper bowl ini juga cukup mengenyangkan dan harganya sangat murah. Biasanya seporsi rice bowl dibanderol dengan harga mulai dari Rp 10 ribuan tergantung lauknya.

Usaha makanan rice bowl juga sangat berkembang pesat karena banyak yang menjualnya dengan sistem online, sehingga bisa menjangkau lebih banyak konsumen.

2. Usaha Makanan Dessert box

contoh nama usaha makanan rumahan

Saat ini, dessert box telah menjadi salah satu usaha makanan rumahan online yang paling diminati, terutama di kota-kota besar. Bahkan ada sebagian pedagang dessert box yang mengaku kewalahan dalam melayani banyaknya orderan yang masuk.

Dessert box bukan hanya mudah dibuat, tetapi juga bisa dikreasikan dengan banyak rasa dan varian tergantung pada kreativitas dan keinginan konsumen.

Selain bisa dibuat banyak varian rasa, dessert box juga bisa dibuat dengan menyesuaikan pangsa pasar. Anda bisa menjual dessert box dengan harga terjangkau untuk konsumen menengah atau dessert box mewah untuk konsumen menengah ke atas.

Untuk pemasarannya juga sangat gampang karena bisa memanfaatkan sosial media yang ada.

3. Usaha Aneka Sambal

usaha makanan kekinian

Aneka sambal memang tidak bisa dipisahkan dari selera kuliner sebagian besar penduduk Indonesia yang menyukai rasa pedas.

Oleh karena itu, aneka sambal yang tadinya cuma menjadi pendamping lauk pauk di meja makan sekarang telah menjadi peluang usaha rumahan yang menggiurkan.

Mulai dari sambal pete, sambal ikan asin, sambal cumi asin, sambal terasi, sambal teri, sambal matah, dan lainnya kini mudah ditemukan baik di situs jual beli online maupun dijual secara offline.

Jadi, untuk anda yang bingung mencari usaha kuliner yang tepat untuk saat ini, mungkin bisa memulainya dari kreasi usaha makanan kekinian satu ini.

4. Usaha Makanan Anak Bento Box

usaha makanan rumahan 2020

Bento box adalah adalah ide usaha makanan rumahan dengan pangsa pasar yang luas dan sangat menjanjikan untuk saat ini.

Dengan modal yang cukup minim, anda bisa memulai usaha makanan anak bento box di rumah tanpa harus membutuhkan tempat usaha yang spesifik.

Untuk menu sendiri, disinilah dibutuhkan kreativitas dan semangat untuk berani belajar dan mencoba. Karena dalam membuat bento, anda tidak hanya dituntut untuk menyajikan makanan dari segi cita rasa saja, tapi juga dari tampilan fisik.

Dengan tampilan fisik yang menarik, terutama bagi anak-anak dan juga rasa yang enak serta harga yang pas, maka usaha bento anda akan mudah berkembang dengan cepat.

Apalagi anda bisa menjualnya secara online dengan sistem pesan antar.

5. Usaha Makanan Rumahan Ayam Geprek

usaha makanan paling laris saat ini

Siapa yang tidak mengenal ayam geprek? Kuliner ayam goreng tepung yang digeprek bersama sambal super mantap ini memang tidak pernah kehilangan penggemarnya sejak viral beberapa waktu lalu.

Berkaca dari banyaknya penggemar ayam geprek, anda juga bisa menjadikan usaha makanan kekinian satu ini sebagai salah satu ide bisnis usaha rumahan.

Apalagi saat ini sudah banyak beredar resep ayam geprek yang bisa anda tiru dan modifikasi sehingga menghasilkan cita rasa yang pas sebagai ide usaha makanan rumahan.

Untuk pemasarannya juga gampang, anda bisa memanfaatkan sosial media dan memasarkannya secara online.

6. Usaha Rumahan Nasi Tumpeng

contoh usaha makanan ringan unik

Nasi tumpeng juga bisa menjadi ide usaha makanan rumahan yang sangat menguntungkan di samping modal yang dibutuhkan juga tidak seberapa besar.

Usaha nasi tumpeng biasanya dibuat ketika sudah ada pesanan untuk acara-acara formal maupun acara-acara non formal.

Meskipun nasi tumpeng sepertinya susah dibuat, tetapi kenyataannya tidak sesulit yang dibayangkan. Apalagi jika anda sudah ada sedikit pengalaman di dapur atau memiliki karyawan dengan tugasnya masing-masing.

Yang paling penting dalam usaha ini adalah manajemen waktu. Anda harus menetukan batas waktu pesanan masuk misalnya minimal H-3, H-5 atau H-7. Nah jika sudah melewati batas waktu yang ditentukan, sebaiknya anda tidak menerima orderan masuk lagi karena harus mempersiapkan order yang sudah ada.

Dengan manajemen waktu yang baik dan promosi yang tepat, bukan tidak mungkin usaha rumahan satu ini akan cepat berkembang dan menjadi bisnis yang potensial.

7. Usaha Makanan Rumahan Nasi Kotak

usaha makanan yang bisa dititipkan di warung

Usaha nasi kotak biasanya dibuat untuk memenuhi pesanan. Oleh karena itu, dalam menjalankan bisnis usaha makanan rumahan terlaris satu ini memang membutuhkan promosi yang tepat.

Untuk promosinya sendiri, anda bisa memanfaatkan sosial media, baik itu melalui Whatsapp, Facebook, Twitter, ataupun Instagram.

Untuk menu nasi kotaknya sendiri, anda bisa melakukan survey kecil-kecilan hingga mendapatkan menu dengan rasa yang paling tepat dan harga yang masuk akal.

Yang jelas, jika anda bisa memadukan keahlian anda dalam membuat makanan lezat dengan promosi yang tepat, maka usaha rumahan satu ini tidak akan gagal.

Baca Juga:

Jadi, jika anda berniat memulai usaha kuliner yang tidak membutuhkan tempat usaha, tetapi bisa laris dan hampir tidak pernah gagal, tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu usaha tersebut. [BH/CS]

Tinggalkan komentar