10 Ide Usaha Menjanjikan untuk Pemula, Anti Gagal dengan Modal Kecil

Sharing is caring!

Usaha Menjanjikan untuk Pemula ~ Usaha apa saja yang menjanjikan untuk pemula, yang bisa dimulai dengan modal kecil dan akan sukses di masa depan? Yuk cari tahu jawabannya di bawah ini!

BisnisHandal.com, Ada banyak sekali ide usaha di sekitar kita, mulai dari usaha dengan modal kecil-kecilan sampai pada bisnis besar yang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Meski demikian, untuk memulai sebuah bisnis juga tidak mudah, apalagi bagi seorang pebisnis pemula.

Berbeda dengan pebisnis yang sudah profesional dan matang, seorang pebisnis pemula yang baru terjun ke dunia bisnis memang dituntut untuk beradaptasi cepat untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Oleh karena itu, seorang pemula dalam bisnis juga harus selektif memilih jenis usaha yang tepat.

Dengan memilih jenis usaha yang tepat, seorang pebisnis pemula akan mendapatkan jenis usaha yang cocok dengan potensi kerugian yang minim dan kemungkinan untuk berhasil yang tinggi.

10 Usaha Menjanjikan untuk Pemula yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

Berikut ini adalah 10 jenis usaha menjanjikan untuk pemula yang cocok untuk anda yang baru memulai bisnis.

1. Usaha Makanan Ringan

usaha yang menjanjikan di desa

Usaha menjanjikan untuk pemula yang bisa anda coba dengan modal kecil dan potensi resiko yang minim adalah usaha makanan ringan.

Seperti yang kita ketahui, makanan ringan adalah salah satu ide bisnis yang cocok untuk anda yang baru terjun ke dunia bisnis atau memulai usaha. Hal ini dikarenanakan usaha makanan ringan adalah jenis usaha yang menjanjikan dengan modal kecil dengan potensi resiko gagal yang sangat kecil.

Jadi untuk anda yang masih berstatus pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, atau karyawan swasta yang ingin mencoba memulai bisnis, anda bisa memulainya dari usaha makanan ringan. Apalagi makanan ringan juga memiliki banyak varian yang disukai oleh kebanyakan orang, mulai dari keripik, kerupuk, kacang, hingga ankeka makanan ringan kekinian.

Untuk harga jual makanan ringan, anda bisa menyesuaikan dengan target pasar yang akan dituju, apakah itu anak-anak, remaja usia sekolah, mahasiswa, atau karyawan kantoran. Jika target pasar anda adalah anak-anak dan remaja, anda bisa membuat usaha makanan ringan serba 2000.

Namun, jika target pasar anda adalah mahasiswa hingga karyawan kantoran, maka anda bisa menjualnya dengan kemasan yang lebih mahal.

2. Usaha Franchise Makanan/Minuman

Usaha atau bisnis franchise bisa merupakan usaha menjanjikan untuk pemula yang patut dicoba untuk anda yang baru memulai bisnis.

Mengapa harus franchise? Karena dengan memilih usaha franchise, anda bukan hanya mendapatkan usaha yang sudah bisa langsung dijalankan (dengan berbekal bahan baku, booth, perlengkapan usaha, dan sebagainya), tetapi juga memiliki support system yang sudah teruji jadi kemungkinan gagalnya juga sangat kecil.

Yang perlu anda lakukan adalah mempersiapkan modal dan memilih jenis usaha franchise yang sesuai dengan modal anda nantinya.

Pada saat ini, ada banyak jenis usaha franchise makanan atau minuman yang menawarkan paket kemitraan dengan harga yang cukup miring. Bahkan hanya dengan modal 2 jutaan saja anda sudah bisa memulai usaha franchise.

Jika anda bisa memilih jenis usaha franchise dengan tempat yang strategis dan pengelolaan yang baik, bukan tidak mungkin bisnis franchise akan menjadi usaha yang menjanjikan di masa depan nantinya.

3. Bisnis Dropship

usaha yang menjanjikan di masa depan

Usaha menjanjikan untuk pemula berikutnya yang layak anda coba adalah bisnis dropship. Bisnis dropship menawarkan banyak kelebihan untuk para pemula, seperti fleksibilitas waktu, tidak membutuhkan modal, dan tidak membutuhkan fisik toko.

Karena fleksibilitasnya yang tinggi, bisnis dropship bisa dilakukan oleh pelajar di perkotaan hingga menjadi usaha yang menjanjikan di desa.

Belum lagi keunggulan lain seperti tidak membutuhkan modal karena barang akan langsung dikirim oleh supplier ke konsumen tanpa harus melalui dropshipper terlebih dahulu. Seorang dropshipper juga tidak memerlukan toko secara fisik karena bisa dengan jalan membuka toko online.

Dengan berbagai keunggulan tersebut di atas, bisnis dropship bisa menjadi usaha yang sangat cocok untuk pemula karena tidak membutuhkan modal yang relatif besar sehingga resiko kerugian juga teramat minim.

4. Usaha Warung Kelontong

Ingin mencari usaha yang cocok untuk pebisnis pemula? Anda bisa mulai dari usaha warung kelontong.

Warung kelontong adalah salah satu usaha menjanjikan untuk pemula yang eksekusinya cukup mudah bagi pebisnis pemula.

Yang paling penting dalam usaha warung kelontong adalah anda mengerti bagaimana cara manajemen stok (mencari tahu barang harian yang cepat laku) dan pembukuan sederhana. Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan harga dari barang yang anda jual di toko, jangan sampai tidak bisa bersaing dengan kompetitor anda.

Usaha warung kelontong sangat fleksibel untuk anda yang baru pemula dalam berbisnis. Warung kelontong juga bisa bertahan mulai dari perkotaan besar hingga jadi usaha di daerah sepi.

Di samping itu, usaha warung kelontong juga bisa dimulai dengan modal yang kecil, sehingga bisa meminimalisir resiko kerugian apabila usaha ini tidak berjalan seperti yang diharapkan.

5. Usaha Kerajinan Kreatif Rumahan

Usaha kreatif rumahan juga bisa menjadi salah satu ide usaha menjanjikan untuk pemula. Ada banyak ide usaha kreatif rumahan yang bisa anda temui di sekitar, mulai dari usaha aneka kerajinan dari barang bekas hingga kerajinan dengan menggunakan aneka bahan sederhana seperti rotan, batok kelapa, atau keramik.

Tinggal nantinya bagaimana kreativitas tangan anda dalam menghasilkan kerajinan kreatif untuk dijual di pasaran.

Untuk memulai usaha kerajinan kreatif rumahan, anda juga tidak dituntut memiliki modal yang amat besar. Apalagi bahan dasar yang diperlukan juga bisa menyesuaikan dengan budget anda nantinya.

Jika pesanan sudah mulai banyak dan anda kewalahan melayani permintaan pasar, nantinya anda bisa menambah beberapa karyawan untuk membantu produksi kerajinan rumahan anda.

6. Usaha Reseller Baju Kecil-Kecilan

usaha di daerah sepi

Usaha reseller baju kecil-kecilan juga bisa anda pertimbangkan sebagai ide usaha menjanjikan untuk pemula. Usaha reseller juga terhitung mudah karena anda bisa memasarkan baju secara online jadi sangat fleksibel sebagai usaha sampingan.

Untuk memulai usaha reseller, terlebih dahulu anda harus mencari supplier yang akan memasok barang yang akan anda jual. Dan sebagai permulaan, anda tidak perlu langsung stok terlalu banyak barang, tetapi bisa secara bertahap menyesuaikan permintaan pasar nantinya.

Dalam menjalankan usaha reseller baju ini, anda bisa menjualnya melalui situs marketplace, jualan di sosial media, atau anda bisa menjualnya pada orang-orang terdekat di lingkungan anda.

Bisnis reseller juga tidak membutuhkan modal yang sangat besar karena anda tidak membutuhkan fisik toko. Selain itu, waktu untuk menjalankan bisnis ini juga relatif fleksibel, bahkan bisa dikerjakan oleh ibu rumah tangga atau pelajar sekolah.

7. Usaha Jual Pulsa dan Aksesoris Handphone

Usaha menjanjikan untuk pemula  yang bisa menjadi pilihan berikutnya bagi anda adalah usaha jual pulsa dan aksesoris handphone.

Sebetulnya kedua usaha ini bisa dijadikan satu ataupun anda hanya memilih usaha jual pulsa saja. Pertimbangan atas pemilihan ini adalah ketersediaan modal usaha. Jika modal usaha anda mencukupi, maka anda bisa menjalankan usaha jual pulsa berikut aksesoris handphone.

Usaha aksesoris handphone akan memberikan keuntungan yang cukup menggiurkan karena selain margin keuntungannya tinggi juga perputaran barangnya terhitung cepat. Apalagi kalau anda menjalankan usaha ini di tempat-tempat strategis yang mudah dijangkau.

Namun, jika ketersediaan modal usaha anda terbatas, maka anda bisa memulainya dengan menjual pulsa dulu. Jualan pulsa termasuk usaha yang sangat laris dengan tingkat perputaran uang yang tinggi sehingga resiko kerugiannya juga sangat kecil sehingga sangat cocok untuk anda yang baru memulai bisnis.

8. Usaha Jasa Titip (Jastip)

Usaha jastip atau jasa titip juga bisa menjadi usaha menjanjikan untuk pemula apabila ditekuni dengan serius.

Keberadaan jastip sebagai salah satu usaha yang langka tapi menguntungkan memang baru terdengar belakangan ini, akibat meluasnya penggunaan sosial media. Namun, meskipun termasuk usaha yang baru booming, ternyata bisnis jastip bisa memberikan keuntungan yang lumayan.

Apalagi jika anda adalah pribadi yang hobi jalan-jalan maupun shopping. Anda bisa sambil menyelam minum air dengan membuka bisnis jastip untuk teman-teman di lingkungan anda.

9. Usaha Katering Rumahan

10 usaha yang menjanjikan

Usaha menjanjikan untuk pemula yang bisa menjadi ide usaha berikutnya adalah usaha katering rumahan.

Usaha katering bisa dijalankan dengan modal yang relatif kecil, sehingga potensi kerugiannya juga tidak terlalu besar apabila bisnis ini ternyata tidak berjalan seperti yang diinginkan.

Promosi usaha katering rumahan juga relatif mudah pada saat sekarang ini karena bisa memanfaatkan sosial media.

Yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis ini adalah kualitas produk yang anda sajikan. Dengan kualitas yang baik dan cita rasa yang enak, maka usaha anda akan mampu bertahan dari gempuran para kompetitor dan menjadi usaha yang menjanjikan di masa depan.

10. Bisnis Budidaya Unik

Jika anda tinggal di desa atau pinggir kota, maka bisnis budidaya unik bisa menjadi salah satu usaha menjanjikan untuk pemula yang bisa anda coba.

Memang ada banyak sekali bisnis budidaya baik itu pertanian maupun peternakan yang tersedia, namun kebanyakan bisnis tersebut memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi. Maka dari itu, untuk anda yang baru memulai bisnis, lebih baik memulainya dengan bisnis yang tingkat persaingannya rendah.

Ada banyak contoh bisnis budidaya unik yang biasa jadi ide usaha anda nantinya. Misalnya budidaya kroto, budidaya jangkrik, budidaya sukulen, budidaya bekicot, dan sebagainya.

Dengan kerja keras dan dedikasi yang tinggi, bisnis budidaya unik bisa menjadi salah satu usaha yang menjanjikan di desa nantinya.

Baca Juga:

Demikianlah tadi 10 usaha yang direkomendasikan untuk anda yang baru hendak terjun ke dunia bisnis. Semoga salah satu ide usaha tersebut bisa menjadi pembuka gerbang bagi anda menuju sukses. [BH/CS]

Tinggalkan komentar