10 Ide Usaha Modal 20 Juta Rupiah Paling Menguntungkan Untuk Pemula

Sharing is caring!

Usaha Modal 20 Juta ~ Jika memiliki modal Rp 20 juta, sebaiknya usaha apa yang paling menguntungkan dan anti gagal? Temukan jawabannya berikut ini!

BisnisHandal.com, Jika anda memiliki modal yang cukup, maka membuka usaha sendiri bisa menjadi pilihan yang sangat menggiurkan. Selain bisa berpotensi mendapatkan laba yang tidak terbatas, membuka usaha sendiri juga bisa menjamin masa depan yang lebih baik.

Meski demikian, untuk membuka sebuah usaha tidak hanya dibutuhkan modal dan keberanian saja. Pemilihan usaha yang tepat juga akan menjamin keberhasilan suatu usaha nantinya.

Ada banyak sekali pelaku usaha yang memulai bisnis mereka dengan jenis usaha yang kurang cocok dan pada akhirnya mereka terpaksa gulung tikar karena gagal dalam persaingan pasar.

Oleh karena itu, anda harus cermat dalam memilih mana usaha yang potensial dan menjanjikan agar modal yang telah anda keluarkan tidak menjadi sia-sia.

10 Usaha Modal 20 Juta Paling Menguntungkan dan Anti Gagal untuk Pemula

Berikut ini adalah 10 usaha dengan modal Rp 20 jutaan yang potensial dan menjanjikan untuk pemula dengan risiko gagal yang sangat minim.

1. Usaha Laundry Kiloan

Usaha laundry kiloan adalah salah satu usaha modal 20 jutaan rupiah yang sangat menguntungkan untuk saat sekarang ini.

bisnis dengan modal 50 juta rupiah

Untuk modal awal Rp 20 jutaan, anda bisa mempersiapkan sewa tempat, mesin cuci, dan berbagai perlengkapan laundry lainnya.

Dalam menentukan lokasi usaha, pilihlah lokasi yang berada dekat dengan pemukiman padat penduduk, seperti sekitar lingkungan kos-kosan mahasiswa atau kontrakan karyawan. Karena biasanya anda akan dengan mudah mendapatkan pelanggan tetap di lokasi seperti itu.

Selain menjadi usaha yang menguntungkan, usaha laundry kiloan juga memiliki masa break even point (BEP) yang cukup cepat. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 6 bulan – 2 tahun untuk BEP melalui usaha laundry kiloan.

Baca: Usaha Laundry Kiloan untuk Pemula: Cara Buka dan Analisa Usahanya

2. Usaha Sembako

Ide usaha modal 20 juta rupiah yang menguntungkan berikutnya adalah usaha sembako.

Pada dasarnya, usaha sembako adalah bisnis yang cukup fleksibel. Anda bisa usaha sembako modal 5 juta, 10 juta, 20 juta, atau bahkan 50 juta rupiah tergantung pada kemampuan finansial anda.

Usaha ini juga sangat menjanjikan karena yang dijual adalah barang-barang kebutuhan pokok yang pasti dicari oleh banyak orang.

Yang perlu diperhatikan sebelum memulai usaha sembako adalah pemilihan lokasi dan harga produk yang anda jual.

Dengan pemilihan lokasi usaha yang tepat dan harga produk yang kompetitif, usaha ini akan tetap bisa bersaing sampai kapan pun.

3. Usaha Jasa Cuci Motor

Usaha jasa cuci motor bukan hanya menjadi salah satu usaha modal 20 juta rupiah yang potensial, tetapi juga akan terus bertahan sampai waktu yang tidak terbatas.

Untuk memulai usaha jasa cuci motor, pertama-tama anda perlu mempersiapkan lokasi usaha. Usahakan lokasi usaha ini terletak di tepi jalan raya yang banyak dilalui oleh kendaraan.

Berikutnya tinggal mempersiapkan berbagai perlengkapan lain untuk usaha, seperti pompa air, kompressor, tangki air, dan berbagai perlengkapan cuci motor.

Dengan modal yang berkisar antara 10 – 20 jutaan rupiah, anda bisa mendapatkan pengembalian modal dalam waktu sekitar 1 tahun saja.

4.  Usaha Rice Box

Saat ini, usaha rice box cukup viral dan menjadi salah satu bisnis kekinian yang menguntungkan karena praktis dan ekonomis.

usaha modal 15 juta

Dengan pilihan nasi dalam kotak dengan aneka lauk praktis, usaha makanan kekinian satu ini cukup digemari di kalangan mahasiswa dan pekerja kantoran dari kalangan milenial.

Untuk promosi usaha rice box juga sangat mudah karena tinggal memanfaatkan sosial media saja.

Berikutnya anda tinggal mencatat jumlah pesanan dan alamat para pemesan dan mengantarkannya ke konseumen berdasarkan pesanan yang masuk.

Selain merupakan usaha yang menguntungkan, usaha makanan rumahan ini juga jarang rugi karena produksinya berdasarkan jumlah pesanan yang masuk.

5. Usaha Barbershop

Bisnis berikutnya yang potensial dan cocok untuk pemula adalah usaha barbershop. Usaha modal 20 juta satu ini termasuk usaha yang mudah dijalankan asalkan pemilhan lokasi usaha yang pas.

Usahakan untuk memulai barbershop di jalanan yang berada di daerah padat penduduk. Jangan lupa juga untuk cek seberapa dekat dari kompetitor sebelum anda memulai usaha jasa satu ini.

Semakin jauh kompetitor anda berada, maka semakin baik untuk sebuah usaha barbershop.

Untuk bisa bertahan menjadi usaha yang menjanjikan di masa depan, anda harus memperhatikan pelayanan yang baik. Jangan lupa juga untuk memperhatikan harga yang anda patok kepada konsumen.

6. Usaha Warteg

Dari dulu sampai sekarang, usaha warteg atau warung makan adalah salah satu usaha yang tidak kenal musim dan akan tetap survive dalam kondisi apapun.

Usaha modal 20 juta rupiah satu ini juga relatif mudah dijalankan, kendati oleh para pemula.

Untuk anda yang tidak bisa memasak atau mengerti dunia bisnis kuliner juga tidak masalah karena bisa memanfaatkan tenaga karyawan untuk membangun bisnis potensial satu ini.

Yang harus tetap dijaga dari usaha warteg adalah cita rasa masakan, kebersihan, dan harga yang masuk akal. Maka usaha kuliner ini akan tetap bertahan sampai kapan pun.

7. Usaha Franchise Minuman

Jika anda punya modal Rp 20 jutaan dan bingung mau usaha apa, mungkin bisa memulainya dengan usaha franchise minuman.

bisnis menguntungkan dengan modal 30jt

Ada banyak sekali usaha franchise terlaris yang bisa menjadi pilihan, seperti franchise Thai Tea, franchise Kopi, franchise minuman boba, dan sebagainya.

Untuk harga kemitraannya sendiri juga beragam tergantung pada paket usahanya, mulai dari Rp 3 jutaan hingga Rp 20 jutaan.

Dengan biaya tersebut, anda sudah bisa langsung memulai usaha franchise di lokasi yang anda inginkan tanpa harus pusing memikirkan konsep usaha maupun support system-nya.

8. Usaha Ternak Ayam Kampung

Ide usaha modal 20 juta rupiah yang pasti menguntungkan adalah usaha ternak ayam kampung.

Usaha ternak ayam kampung relatif mudah dijalankan, apalagi untuk anda yang tinggal di desa atau memiliki lahan yang cukup.

Tetapi meskipun anda tidak memiliki lahan yang sangat luas juga tidak masalah. Karena bisa berternak ayam dengan metode intensif.

Anda bisa memilih mau usaha ternak ayam kampung pedaging, ayam kampung petelur, atau bisa juga keduanya tergantung pada pertimbangan usaha anda.

9. Usaha Warung Kaki Lima

Tidak ada salahnya dengan modal Rp 20 jutaan anda memilih usaha warung kaki lima di pinggir jalan.

Selain banyak pilihan usaha yang bisa anda sesuaikan dengan kemampuan anda, usaha warung kaki lima juga jarang gagal.

Untuk berhasil dalam menjalankan warung kaki lima, anda harus memilih lokasi yang tepat dan memilih usaha yang tepat pula.

usaha modal 10 juta

Ada banyak sekali jenis usaha warung kaki lima yang bisa anda pilih, seperti warung nasi goreng, pecel lele, martabak, siomay, batagor, ayam geprek, sate, seblak, dan lain-lain.

Dalam memilih jenis usaha kaki lima yang tepat, perhatikan juga jarak antara pesaing dengan lokasi tempat anda akan memulai usaha.

Penting juga untuk selalu memperhatikan harga yang kompetitif, pelayanan, dan yang paling utama adalah cita rasa dari kuliner yang anda jual.

10. Usaha Warung Kopi

Usaha warkop atau warung kopi juga merupakan usaha yang cocok dan potensial untuk pemula.

Bisnis warung kopi adalah termasuk usaha yang mudah dijalankan asalkan anda memilih lokasi yang cocok dengan konsep usaha yang pas.

Jangan lupa untuk memperhatikan target pasar yang anda tuju dan menyesuaikannya dengan konsep dan desain warung kopi anda.

Karena sejatinya warung kopi adalah tempat yang baik untuk bersosialisai, maka anda perlu melengkapi beberapa fasilitas seperti WiFi, televisi, atau live musik agar pengunjung betah berlama-lama di warung kopi anda.

Baca: Tips Memulai Usaha Warung Kopi Sederhana dengan Modal Kecil

Kesepuluh ide usaha modal 20 jutaan rupiah di atas adalah contoh sempurna untuk anda yang ingin memulai usaha sebagai pemula, tetapi tetap akan bisa bertahan menjadi usaha yang sukses dan menjanjikan. [BH/CS]

Tinggalkan komentar