8 Ide Usaha Potensial di Desa untuk Tamatan SMA dengan Modal Kecil

Sharing is caring!

Usaha Potensial di Desa ~ Usaha apa yang menjanjikan untuk pemula tamatan SMA dengan modal kecil tetapi minim resiko dan bisa memberikan keuntungan yang besar? Temukan jawabannya di bawah ini!

BisnisHandal.com, Tamatan SMA bisa apa di desa? Mungkin pendapat di atas sudah sangat sering kita dengar karena minimnya lapangan usaha di desa. Karena itu, tidak heran jika banyak pemuda di desa  yang berbondong-bondong ke kota demi mencari kehidupan yang lebih layak.

Padahal dengan pendidikan yang minim, hidup di kota juga tidak kalah kerasnya. Apalagi jika anda tidak memiliki modal yang banyak atau keahlian khusus yang mendukung untuk survive. Maka bisa jadi kehidupan di kota juga tidak akan lebih baik daripada di desa.

Padahal pada saat sekarang ini, dengan semakin berkembangnya pembangunan di desa, maka usaha potensial di desa juga bertambah banyak. Malahan ada usaha potensial yang bisa ditekuni oleh anda yang hanya tamatan SMA dengan modal yang kecil pula.

8 Ide Usaha Potensial di Desa dengan Modal Kecil dan Untung Melimpah

Berikut ini adalah 8 ide usaha potensial di desa yang bisa anda coba dengan modal kecil dan hasilnya juga ternyata sangat menguntungkan.

1. Usaha Warung Angkringan

Usaha warung angkringan adalah ide pertama usaha potensial di desa yang bisa dikerjakan oleh anda yang tamatan SMA dengan modal kecil-kecilan.

Warung angkringan juga termasuk usaha yang minim resiko apabila bisa memperhatikan pemilihan lokasi tempat usaha dan kualitas makanan yang disajikan. Sehingga cocok sebagai usaha menjanjikan untuk pemula.

Untuk menambah daya tarik usaha warung angkringan, anda bisa membuatnya lebih modern, misalnya dengan menambahkan fasilitas WiFi dan dekorasi yang lebih kekinian. Selain membuatnya jadi salah satu usaha unik di desa, warung angkringan dengan tampilan yang kekinian akan membuat para pengunjung betah berlama-lama di sana.

2. Usaha BBM Eceran

usaha di desa sukses

Usaha potensial di desa yang bisa anda coba berikutnya adalah usaha BBM eceran. Berbeda dengan kota-kota besar yang memiliki banyak SPBU, di daerah pedesaan, keberadaan SPBU sangat jarang. Kalaupun ada, jarak tempuh ke SPBU juga cukup jauh.

Oleh karena itu, BBM eceran adalah alternatif yang sangat tepat bagi para pemilik kendaraan bermotor yang sulit menjangkau SPBU.

Untuk memulai usaha BBM eceran, ada 2 pilihan yang bisa anda sesuaikan dengan ketersediaan modal. Anda bisa membuka SPBU mini atau Pertamini jika memiliki modal yang cukup. Tetapi jika modal yang tersedia terbatas, anda bisa menjual BBM eceran yang dikemas dalam botol atau jeriken kecil.

Mengingat semakin bertambahnya jumlah kendaraan roda dua di desa, usaha BBM eceran bisa menjadi peluang usaha di desa berkembang yang cukup potensial.

3. Usaha Jual Pulsa

Saat ini, keberadaan pulsa, baik itu pulsa telekomunikasi maupun pulsa token listrik sudah menjadi kebutuhan pokok dalam setiap rumah tangga. Oleh karena itu, tidak heran jika permintaan akan pulsa selalu saja tinggi, entah itu di perkotaan besar maupun di desa yang sudah terjangkau akses listrik dan telekomunikasi.

Usaha jual pulsa bisa menjadi salah satu ide usaha potensial di desa yang tidak menuntut modal yang besar dan pendidikan atau keahlian yang tinggi untuk menjalankannya.

Anda bisa memulai usaha jual pulsa dengan menyewa kios kecil di pinggir jalan ataupun menjualnya di depan rumah sesuai dengan modal dan pertimbangan strategis lain.

Usaha satu ini juga memiliki tingkat resiko yang cukup rendah karena pulsa akan selalu banyak peminatnya asalkan anda menjualnya sesuai dengan harga pasar.

4. Usaha Budidaya Lele

Jika anda tinggal di desa dan ingin mencari usaha yang membutuhkan modal kecil dengan hasil yang lumayan, maka usaha budidaya lele patut untuk diperhitungkan.

Usaha potensial di desa satu ini bukan hanya membutuhkan modal yang cukup kecil, tetapi juga perawatan yang dibutuhkan relatif minim. Apalagi lele adalah binatang yang memiliki daya tahan tubuh yang baik dan bisa hidup dalam kolam atau tambak yang tidak terlalu luas.

Untuk pemasaran hasil panen, anda bisa memasarkannya secara langsung di pasar atau menjualnya pada pedagang warung makan langganan anda.

5. Usaha Makanan Ringan

usaha rumahan yang lagi trend

Makanan ringan adalah salah satu jenis usaha yang bisa bertahan dimana saja dan kapan saja, baik itu di desa maupun di kota. Penggemar makanan ringan juga berasal dari berbagai kalangan tanpa mengenal batasan usia.

Jadi usaha makanan ringan akan sangat cocok menjadi ide usaha potensial di desa anda. Anda tinggal mencari ide makanan ringan apa saja yang cocok dengan target pasar yang anda tuju.

Beberapa makanan ringan unik seperti keripik bayam, keripik aneka buah, dan makanan ringan unik lain juga bisa menjadi pilihan apabila usaha makanan ringan yang umum sudah banyak kompetitornya.

Anda bisa menjual makanan ringan dengan menjualnya secara langsung, menitipkan ke warung, atau menjualnya di sekolahan sesuai dengan strategi penjualan anda nantinya.

6. Usaha Barbershop

Usaha barbershop adalah ide usaha potensial di desa berikutnya yang bisa anda coba dengan modal yang tidak terlalu besar. Biasanya usaha barbershop di desa cenderung banyak peminatnya karena usaha sejenis belum terlalu banyak. Ditambah lagi kebutuhan cukur rambut adalah sangat penting dalam menjaga penampilan.

Peluang usaha di desa berkembang satu ini bisa menjadi usaha yang sangat menjanjikan kedepannya apabila dikelola dengan baik. Untuk memulai usaha satu ini, anda memang membutuhkan tempat usaha dan karyawan.

Tetapi usaha barbershop jika sudah mulai berkembang, maka akan balik modal dalam tempo yang sangat singkat, bahkan dibawah 1 tahun. Kemudian anda tinggal memetik hasilnya saja.

7. Usaha Jasa Les Privat

usaha rumahan makanan ringan

Tidak terkecuali di desa ataupun perkotaan, kebutuhkan akan pendidikan tetap menjadi prioritas bagi para orang tua yang anaknya masih bersekolah. Karena itu, jika anda memiliki keahlian dalam mengajar, usaha jasa les privat bisa menjadi ide usaha potensial di desa yang layak anda coba.

Apalagi usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar. Anda bahkan bisa mengajar anak-anak di ruang tamu atau ruangan khusus dalam rumah tanpa harus membuka tempat kursus di desa.

Yang paling penting adalah kemampuan untuk mentransfer ilmu kepada anak-anak usia sekolah di desa anda. Dengan kemampuan mengajar yang baik, usaha jasa les privat bukan tidak mungkin akan menjadi usaha yang sukses di desa.

8.  Usaha Percetakan

Usaha potensial di desa lainnya yang tidak membutuhkan modal relatif besar yang bisa menjadi ide usaha anda adalah usaha percetakan.

Tidak seperti di kota besar yang bisa dengan mudahnya mencari tempat usaha percetakan di sepanjang jalan, usaha percetakan di desa cenderung sedikit dan jarang ditemui. Oleh karena itu, dengan persaingan yang rendah usaha percetakan bisa menjadi salah satu ide usaha menjanjikan untuk pemula yang bisa anda coba.

Anda bisa memulai usaha percetakan dengan mencari tahu jenis percetakan yang populer di daerah desa anda, misalnya percetakan spanduk, baliho, kartu undangan, dan sebagainya.

Baca Juga:

Semoga ide peluang usaha potensial di desa tersebut bisa membantu anda menemukan usaha yang cocok di desa. [BH/CS]

Tinggalkan komentar