7 Ide Usaha Sampingan di Desa untuk Remaja Putri dengan Modal Kecil

Sharing is caring!

Usaha Sampingan di Desa ~ Usaha sampingan di desa apa yang potensial dan menguntungkan dengan modal kecil dengan modal kecil? Simak jawabannya di bawah ini!

BisnisHandal.com, Setelah menamatkan pendidikan, mungkin banyak para remaja putri di desa yang kepikiran untuk membuka usaha sampingan. Hal ini wajar saja mengingat semakin tingginya kebutuhan hidup membuat setiap anggota keluarga merasa punya tangung jawab terhadap keuangan keluarga.

Tetapi dengan semakin banyaknya persaingan di dunia usaha, tentu perlu sangat cermat memilih mana usaha sampingan yang terbaik dan paling tepat. Dengan demikian, usaha tersebut akan berpotensi memberikan keuntungan yang maksimal dengan resiko kerugian yang minim.

7 Usaha Sampingan di Desa yang Potensial untuk Remaja Putri

Berikut ini adalah 7 usaha sampingan di desa yang cocok untuk remaja putri dengan modal yang tidak terlalu besar.

1. Usaha Sampingan Jasa Jahit dan Permak Pakaian

Usaha sampingan di desa pertama yang cocok untuk remaja putri dengan modal kecil adalah usaha jahit dan permak pakaian.

Anda bisa menjalankannya sebagai usaha sampingan di rumah, jadi tidak perlu sewa tempat khusus yang akan memakan banyak biaya. Yang anda perlukan adalah mesin jahit, meja, dan perlengkapan menjahit saja.

Usaha jasa jahit dan permak pakaian di desa cenderung tidak membutuhkan banyak promosi. Anda cukup menempatkan plang papan nama saja di depan rumah. Berikutnya yang akan bekerja adalah promosi dari mulut ke mulut.

Semakin baik hasil jahitan anda maka usaha anda juga akan semakin berkembang dan kebanjiran pelanggan seiring dengan berjalannya waktu.

2. Usaha Sampingan Salon Keliling di Desa

usaha sampingan di rumah

Usaha salon keliling juga bisa dijadikan ide usaha sampingan di desa yang menguntungkan bagi remaja putri.

Salah satu usaha unik di desa ini tidak membutuhkan modal yang besar karena anda tidak membutuhkan tempat usaha tetap yang memakan modal yang tidak sedikit.

Menariknya dengan salon konsep mobile ini, anda bisa mendatangi pelanggan dari rumah ke rumah sehingga pelanggan anda bisa melakukan aktivitas seperti potong rambut, keriting, creambath, atau lainnya dari rumah mereka.

Usaha salon memang membutuhkan keahlian khusus. Jadi sebelum memulai usaha ini, anda harus mengasah keterampilan anda terlebih dahulu dengan mengikuti kursus atau bekerja di salon kecantikan terlebih dahulu.

3. Usaha Sampingan Guru Les Privat di Desa

Jika anda memiliki kemampuan untuk mengajar anak-anak usia sekolah, usaha jasa les privat bisa menjadi ide usaha sampingan di desa yang tepat untuk anda.

Berbeda dengan daerah kota besar dimana untuk kegiatan belajar mengajar les privat, anda harus menyediakan lembaga bimbingan belajar atau tempat les, kebutuhan tempat les di desa cenderung fleksibel.

Anda bisa mengadakan kegiatan belajar mengajar di rumah atau di rumah murid anda sesuai dengan bagaimana kesepakatan nantinya.

Untuk memaksimalkan kegiatan belajar mengajar agar bisa maksimal, anda bisa membatasi jumlah murid untuk sekali pertemuan les privat. Usahakan untuk memberikan pengajaran yang terbaik bagi setiap murid anda maka usaha anda juga akan bertahan dalam waktu yang lama.

4. Usaha Sampingan Blogger Resep Masakan di Desa

Anda yang memiliki hobi memasak dan jago mengkreasikan aneka makanan bisa menyalurkan keahlian anda tersebut sebagai usaha sampingan di desa dengan menjadi blogger resep masakan.

Usaha sampingan ini tidak membutuhkan waktu yang panjang sehingga cocok untuk dijadikan usaha sampingan bagi remaja putri yang memiliki kesibukan lain.

Untuk menjalankan usaha ini, terlebih dahulu anda harus memiliki sebuah blog terlebih dahulu yang bebas dibuat di platform blogspot ataupun wordpress.

Kemudian anda harus rutin membuat artikel mengenai resep-resep makanan dan jika artikel anda sudah lumayan banyak barulah didaftarkan ke Google Adsesnse untuk iklan.

Nantinya anda akan mendapatkan penghasilan dari iklan yang diklik oleh pengunjung blog tersebut.

5. Usaha Sampingan Beternak Ayam Kampung Petelur

usaha rumahan yang lagi trend

Jika anda tinggal di desa dengan pekarangan yang cukup luas, coba pertimbangkan beternak ayam kampung petelur sebagai usaha sampingan di desa.

Beternak ayam kampung relatif lebih mudah daripada ayam ras karena ayam kampung memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik.

Lagipula ayam kampung bisa dibiarkan mencari makan sendiri di daerah pekarangan rumah apabila anda tidak memiliki modal cukup untuk membuatkan kandang untuk mereka.

Untuk tahap awal usaha ini, anda bisa memulainya dari kecil-kecilan dulu dengan memelihara beberapa ekor ayam terlebih dahulu. Seiring berjalannya waktu, jika anda cocok dengan usaha potensial di desa ini dan cukup menghasilkan, barulah usaha anda diperbesar.

6. Usaha Jasa Laundry di Desa

Usaha sampingan di desa bagi remaja putri lain yang bisa anda pertimbangkan adalah usaha jasa laundry.

Untuk memulai usaha ini, anda harus mempersiapkan tempat usaha, mesin cuci, mesin pengering, dan perlengkapan laundry.

Salah satu peluang usaha di desa berkembang ini awalnya memang membutuhkan modal yang lumayan besar, namun semuanya akan cepat tertutupi ketika sudah BEP (Break Even Point).

Untuk mempromosikan usaha ini, anda bisa memanfaatkan bantuan sosial media. Jangan lupa untuk membuat program-program promosi di awal-awal usaha.

Sebagai contoh, anda bisa membuat promosi apabila sudah menggunakan jasa laundry di tempat anda sebanyak total 50 kg pakaian akan mendapatkan 1 kali gratis laundry. Promosi seperti ini juga sangat baik untuk mempertahankan pelanggan.

7. Usaha Sampingan Kerajinan Tas dari Barang Bekas

Banyak tangan-tangan kreatif di desa yang bisa menghasilkan aneka kerajinan yang bernilai jual tinggi jika diberdayakan degan tepat.

Salah satu ide usaha sampingan di desa yang cocok untuk remaja putri adalah usaha kerajinan tas dari barang bekas.

Pemilihan barang bekas sebagai bahan utama kerajinan bukan saja bisa menekan biaya produksi yang kecil untuk mendapatkan keuntungan setinggi-tingginya, tetapi juga bisa membantu meminimalisir sampah yang akan merusak lingkungan.

Ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk kerajinan tas, salah satunya adalah kantong plastik. Tinggal bagaimana kreativitas anda dan karyawan dalam mengkreasikan barang bekas ini menjadi tas cantik yang bernilai tinggi.

Baca Juga:

Demikianlah tadi 7 ide usaha yang potensial untuk remaja putri di desa. Apapun pilihan usaha anda, kerjakanlah dengan tekun dan tidak mudah menyerah untuk masa depan yang lebih baik. [BH/CS]

Tinggalkan komentar