15 Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa yang Menjanjikan

Sharing is caring!

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa ~ Ide usaha sampingan ibu rumah tangga di desa seperti apa yang menjanjikan dan pasti sukses untuk saat ini? Berikut ini adalah ide usaha yang patut dicoba oleh ibu rumah tangga di desa. Beberapa diantaranya adalah peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta yang menguntungkan.

BisnisHandal.com, Yang namanya rezeki terkadang susah untuk diprediksi karena hidup ini seperti roda yang berputar.

Ada kalanya kita mendapat banyak uang sehingga kebutuhan hidup jadi terpenuhi. Namun tidak jarang juga ada masa ketika keuangan berada dalam masa sulit.

Satu hal yang pasti ketika keuangan berada dalam masa sulit adalah perekonomian keluarga jadi terganggu.

Jika pendapatan seorang suami sebagai kepala rumah tangga ternyata tidak mencukupi kebutuhan hidup, maka sang istri terpaksa harus turun tangan membantu. Namun, tidak semua istri bisa melakukan pekerjaan karena terhalangi oleh urusan mengurus anak dan rumah tangga.

Jika sudah begitu, sang istri harus pintar-pintar mencari usaha sampingan, apalagi jika ternyata tinggalnya di desa. Akan makin sulit mencari penghasiltan tambahan tentunya.

Tetapi, dimana ada kemauan, selalu ada jalan.

15 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa Terbaik dan Paling Menjanjikan

Berikut ini ada 15 usaha sampingan yang bisa menjadi inspirasi usaha untuk ibu rumah tangga yang tinggal di desa.

1. Usaha Kue, Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Terpopuler

Resep Kue Ekonomis untuk Jualan

Usaha kue adalah usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang bisa menjadi pilihan terbaik. Dengan modal yang relatif kecil, usaha kue terkadang mampu menjadi penunjang perekonomian rumah tangga.

Bahkan tidak jarang malah menjadi bisnis utama.

Yang harus diperhatikan adalah pilihlah jenis kue yang bisa menyesuaikan antara waktu membuat kue dan waktu mengurus anak atau rumah tangga.

Misalnya, ibu yang masih membutuhkan banyak waktu untuk mengurus anak, hendaknya memilih kue yang simple dan proses pembuatannya tidak membutuhkan banyak waktu.

Sehingga pembagian waktunya bisa tetap terkontrol antara usaha sampingan dengan waktu mengasuh anak.

2. Usaha Sampingan Berdagang Baju

peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta

Menjual pakaian bisa menjadi pilihan bagus untuk usaha sampingan ibu rumah tangga di desa. Apalagi jika berada di desa dengan akses yang sulit menuju kota.

Untuk memulai bisnis ini, anda hanya perlu ke kota dan mencari agen atau distributor pakaian.

Di tahap awal, ambil pakaian yang sekiranya punya ukuran dan model yang paling banyak dipakai oleh masyarakat pada umumnya.

Jangan terlalu banyak stok barang dagang dahulu karena jika tidak laris, perputaran modalnya akan terhambat. Bila usaha sudah maju dan berkembang, barulah perbanyak stok barang dan tetap menyesuaikan selera pasar.

3. Usaha Sampingan Kredit Perabotan Rumah Tangga

bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan

Jika punya modal yang cukup, usaha satu ini memiliki prospek yang sangat bagus di pedesaan. Selain jauhnya letak kota, harga perabotan yang relatif mahal juga membuat sebagian masyarakat di desa terkadang enggan belanja perabotan.

Nah, kredit perabotan rumah tangga adalah solusi yang paling baik untuk ibu rumah tangga yang ingin memiliki perabotan dengan tempo pembayaran yang sedikit lunak.

Sebelum memulai usaha satu ini, terlebih dahulu anda harus menentukan jenis perabotan yang disesuaikan dengan modal usaha anda.

Selanjutnya tentukan harga kredit (yang pastinya lebih mahal daripada penjualan tunai) dan disertai dengan tenor pembayaran yang nantinya akan disetujui kedua belah pihak.

4. Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga dengan Jualan Pulsa

usaha ibu rumah tangga sukses

Saat ini pulsa, baik itu listrik maupun telepon sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang, tidak terkecuali di desa.

Jika anda ibu rumah tangga dengan waktu yang terbatas karena hendak mengasuh anak, tidak ada salahnya mencoba usaha satu ini.

Peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta kebawah ini memiliki waktu kerjanya yang fileksibel. Anda tetap bisa melayani pembeli sambil mengurus anak.

Usaha jualan pulsa juga hampir tidak memiliki potensi kerugian. Karena stok pulsa yang kita beli dari agen biasanya akan selalu habis terjual.

5. Usaha Sampingan Berternak Unggas

usaha sampingan ibu rumah tangga tanpa modal

Jika memiliki lahan yang memadai di rumah, anda bisa berternak ayam atau bebek. Usaha satu ini tidak memerlukan waktu yang panjang dan hasilnya juga lumayan menarik. Sehingga sangat cocok untuk ibu rumah tangga yang ingin usaha sampingan.

Ternak unggas memang cepat menghasilkan, apalagi jika yang dijual adalah telur. Namun terkadang perlu perhatian khusus karena jika sampai terkena wabah penyakit, peternak akan mengalami kerugian yang cukup besar.

Tetapi dengan pengetahuan dan penanganan yang tepat, berternak unggas bisa menjadi bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan.

6. Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga dengan Manjadi Guru Les Privat

bisnis kerajinan tangan

Jika anda memiliki kemampuan mengajar, tidak ada salahnya menjadi guru les privat bagi anak-anak di desa.

Pekerjaan sampingan satu ini selain waktunya yang fleksibel, juga bisa menghasilkan uang yang tidak sedikit.

Malahan, biasanya guru les privat dihargai lebih tinggi daripada guru di sekolah karena hanya fokus menangani beberapa anak.

7. Usaha Sampingan Jasa Jahit/Permak Pakaian

usaha menghasilkan uang tiap hari

Ibu rumah tangga yang punya keahlian menjahit atau permak pakaian bisa memanfaatkan keahliannya ini untuk pekerjaan sampingan yang bisa membantu menopang ekonomi rumah tangga.

Usaha dengan modal yang relatif kecil ini kalau dijalankan secara serius bukan tidak mungkin akan memberikan hasil yang lumayan besar nantinya. Ditambah lagi usaha seperti ini biasanya tidak memerlukan promosi apalagi di desa.

Para konsumen sendiri yang akan memberikan iklan gratis jika mereka puas akan hasil usaha anda.

8. Usaha Sampingan dengan Jual Beli Tanaman Hias atau Florist 

waralaba modal 1 juta

Ingin mencari usaha ibu rumah tangga sukses? Bisa dimulai dengan bisnis tanaman hias atau usaha florist.

Usaha ini juga cocok untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil karena tidak memerlukan banyak waktu. Bisnis tanaman hias juga menjadi ladang bisnis yang menguntungkan.

Jika usaha sudah berkembang, anda juga bisa menambah variasi usaha, misalnya jasa membuat karangan bunga.

9. Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga dengan Jualan Makanan Ringan

peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta

Usaha makanan ringan sangat cocok sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang tidak memiliki keahlian yang cukup untuk bekerja di luar rumah.

Anda tinggal memilih usaha makanan ringan apa yang cocok di daerah tempat tinggal anda membuatnya sendiri ataupun membelinya dari produsen snack.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk pemasaran makanan ringan. Yang paling banyak digunakan saat ini adalah dengan jalan pemasaran online yang bisa menjangkau lebih banyak konsumen.

10. Usaha Sampingan Warung Makan

bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan

Berawal dari usaha sampingan ibu rumah tangga di desa, bukan tidak mungkin usaha warung makan malah jadi bisnis utama keluarga anda nantinya.

Untuk membuka usaha kuliner warung makan, bukan hanya harus memperhatikan rasanya yang enak, namun juga kualitas kebersihan dan pelayanan yang baik. Jika anda serius menghandle usaha ini, prospeknya akan sangat besar ke depannya.

11. Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga dengan Bisnis Kerajinan Tangan

bisnis kerajinan tangan

Dimulai dari hobi, bisnis kerajinan tangan bisa jadi salah satu pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan banyak uang kalau ditekuni dengan serius.

Ada banyak sekali kerajinan tangan yang bisa menjadi ide usaha sampingan ibu rumah tangga di desa. Misalnya tempat tisu, asbak rokok, anyaman, bunga artifisial, gantungan kunci, lampu hias dan masih banyak lagi. Tinggal dipilih mana yang menjadi keahlian anda.

Metode pemasarannya pun beragam. Anda bisa memasarkannya ke kota atau menjualnya dengan sistem online.

12. Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga dengan Menawarkan Jasa Cuci/Laundry

bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan

Jasa cuci pakaian atau usaha laundry juga sangat cocok sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga di desa.

Hanya saja sebelum memulai usaha anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan modalnya terlebih dahulu.

Usaha cuci baju dengan menggunakan tangan memang tidak membutuhkan modal besar, namun banyak waktu dan tenaga yang akan terbuang disini. Berbeda dengan usaha laundry yang tidak membutuhkan banyak tenaga, namun modalnya relatif besar.

Untuk keuntungan, tentu saja laundry jauh lebih menguntungkan daripada jasa cuci baju manual.

13. Usaha Sampingan dengan Membuka Warung Kelontong

usaha ibu rumah tangga sukses

Jika anda ibu rumah tangga yang punya modal dan anaknya sudah beranjak remaja, usaha warung kelontong tidak ada salahnya dicoba.

Warung kelontong bisa menjadi bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan apalagi kalau di desa yang masih memiliki keterbatasan akses ke perkotaan.

Untuk tahap awal, anda cukup menjual sembako, mie instan, dan kopi.

Yang perlu diperhatikan adalah produk yang anda jual semuanya memiliki masa kadaluarsa. Jadi anda harus bijak memilih mana barang yang harus di stok dalam jumlah banyak dan mana yang slow moving.

Jika sudah semakin maju anda bisa menambahkan jenis produk lain yang tentunya disesuaikan dengan selera pasar.

14. Usaha Sampingan dengan Bisnis Katering

usaha sampingan ibu rumah tangga tanpa modal

Usaha katering bisa jadi usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang cukup menjanjikan kalau dikelola dengan baik.

Pertama pilihlah dulu target konsumen yang akan dituju. Apakah itu anak-anak sekolah atau para pekerja yang tidak punya waktu untuk memasak makanan sendiri di rumah.

Setelah itu barunya menentukan jenis menu masakan yang disesuaikan dengan selera konsumen yang dituju tadi. Jika sudah semakin maju, anda bisa coba mengambil pesanan yang lebih besar. Misalnya catering untuk acara selamatan, ulang tahun atau pesta pernikahan.

15. Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa dengan Bertani

Usaha Unik di Desa

Jika anda memiliki lahan yang luas di desa, tidak ada salahnya mencoba bertani.

Anda bisa memilih komoditas pertanian apa yang bisa menyesuaikan dengan waktu anda sebagai ibu rumah tangga tentunya.

Ada banyak sekali pilihan untuk bertani. Anda bisa menanam sayur, cabai, bawang, lengkuas, tomat dan sebagainya.

Atau bisa juga menanam sayur yang jarang ada di pasaran agar bisa menjualnya dengan harga lebih tinggi. Misalnya kubis ungu atau cabe warna warni.

Baca Juga:

Demikianlah tadi 15 usaha yang bisa menjadi inspirasi bagi ibu rumah tangga di desa.

Dalam memilih usaha sampingan hendaknya mempertimbangkan beberapa hal. Hobi atau keahlian, modal dan ketersediaan waktu.

Sehingga anda ibu rumah tangga tidak mengalami kesulitan mengatur waktu antara mencari uang dan mengurus anak. [BH/HT]

Tinggalkan komentar