18 Peluang Usaha Sampingan Karyawan Pabrik Paling Menguntungkan

Sharing is caring!

Usaha Sampingan Karyawan Pabrik, BisnisHandal.com ~ Anda sedang mencari usaha sampingan karyawan pabrik yang menguntungkan namun tidak membutuhkan modal besar dan waktu yang banyak? Salah satu dari peluang usaha di bawah ini adalah yang anda cari.

Bekerja sebagai karyawan pabrik memang terkadang sangat melelahkan karena jam kerja yang panjang dan pekerjaan yang selalu sama setiap harinya.

Memang , sebagian karyawan pabrik dengan status karyawan tetap mendapat penghasilan yang lumayan cukup dengan adanya jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, dan beberapa kebijakan menguntungkan lainnya. Namun, ada kalanya sebagai karyawan pabrik, kita hanya berstatus karyawan kontrak atau outsourcing.

Kelamahan dari karyawan kontrak dan outsorcing adalah kita hanya dikontrak selama jangka waktu tertentu untuk bekerja di satu pabrik dengan upah yang telah disepakati sebelumnya.

Terkadang menjadi karyawan kontrak atau outsorcing, kita tidak mendapat tunjangan yang sangat penting sebagai pelengkap income.

Belum lagi ketika kontrak kita habis, tentunya harus mulai dari awal lagi mencari pekerjaan baru.

Karena itu, banyak karyawan pabrik yang berpikir untuk mencari usaha sampingan. Selain untuk menambah penghasilan, usaha sampingan ini akan sangat berguna bila sewaktu-waktu kontrak kita tidak diperpanjang nantinya.

Tidak semua usaha sampingan bisa dilakukan oleh karyawan pabrik karena waktu kerja yang panjang dan melelahkan. Ditambah lagi dengan aturan kerja di pabrik yang lumayan ketat.

Meski demikian, beberapa usaha sampingan berikut sangat cocok untuk karyawan pabrik yang tidak membutuhkan waktu dan tenaga yang besar. Sehingga bisa dikerjakan di sela-sela istirahat, ketika pulang kerja, atau pada saat liburan akhir pekan.

Berikut ini adalah beberapa usaha sampingan karyawan pabrik yang bisa dikerjakan dengan waktu yang fleksibel.

18 Peluang Usaha Sampingan Karyawan Pabrik Paling Menguntungkan Tahun 2019

1. Jual Pulsa

bisnis sampingan karyawan

Menjual pulsa adalah bisnis sampingan karyawan yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja tidak terkecuali oleh karyawan pabrik.

Untuk menjual pulsa, anda hanya perlu mempersiapkan ponsel dan modal berupa saldo pulsa.

Setelahnya, anda sudah memiliki usaha sampingan dengan menjual pulsa.

Ada 2 macam pulsa yang paling banyak dicari orang saat ini, yaitu pulsa telepon dan listrik dimana keduanya sama larisnya dan sama-sama paling banyak dicari orang.

Anda cukup menginformasikan kepada teman-teman terdekat di pabrik bahwa anda menyediakan pulsa, nantinya informasi tersebut akan menyebar sendiri dari mulut ke mulut sehingga anda akan dicari begitu mereka membutuhkan pulsa.

Untuk tahap awal berdagang pulsa, anda tidak perlu stok pulsa terlalu banyak dulu karena nanti bisa menyesuaikan tergantung pada kemampuan anda bisa menjual seberapa banyak pulsa setiap harinya.

2. Usaha Katering

peluang usaha sampingan karyawan

Usaha katering sangat cocok untuk dijalankan sebagai usaha sampingan karyawan pabrik khusus untuk pabrik-pabrik yang tidak menyediakan makan siang bagi karyawannya.

Yang perlu anda lakukan adalah menawarkan katering makan siang ataupun sarapan kepada teman-teman yang ada di pabrik dan mendata mereka.

Nantinya anda tinggal menentukan waktu kapan katering tersebut diantarkan ke pabrik.

Untuk bisnis ini karena anda hanya punya waktu yang sangat terbatas sebagai karyawan, proses memasak dan menyajikan makanan bisa dilakukan oleh istri/suami, asisten rumah tangga, atau kenalan anda yang berbisnis katering.

Tugas anda hanya mengantarkan saja katering kepada teman anda yang memesan makanan dan menerima uang dari mereka.

Biasanya usaha katering sangat cocok untuk karyawan pabrik dan prospek bisnisnya juga sangat bagus.

Tetapi anda harus ingat bahwa tidak semua pabrik mengizinkan karyawannya membawa makanan dari luar. Jadi bisnis ini hanya bisa dijalankan jika pabrik tempat anda mengizinkan karyawannya membawa makanan dari luar pabrik.

3. Reseller atau Dropshipper

kerja sampingan karyawan shift

Menjadi reseller atau dropshipper produk online seperti pakaian atau aksesoris bisa dilakukan oleh anda yang tidak memiliki banyak waktu karena harus bekerja di pabrik.

Untuk bisnis satu ini anda bisa melakukannya secara online yaitu dengan mencari sebuah toko atau agen yang nantinya akan menjadi pemasok produk yang akan anda jual.

Selanjutnya anda bisa menjadi reseller dengan menawarkan produk tersebut melalu foto ke teman di pabrik atau tetangga rumah anda dengan syarat pre order. Jadi begitu ada pesanan, anda baru menghubungi agen tersebut untuk meminta barang yang akan anda jual.

Atau bisa juga anda menjual produk secara dropship dimana anda cukup membuka toko online di situs jual beli online. Dan jika ada pembeli yang berminat terhadap produk yang anda jual, anda tinggal menghubungi agen atau pemasok dan mereka akan langsung mengirimkan produk tersebut ke konsumen.

Kedua sistem pemasaran ini sangat cocok menjadi usaha sampingan karyawan pabrik dimana bisnis ini tidak perlu menghabiskan banyak waktu. Ditambah lagi bisnis sampingan online ini tidak membutuhkan modal yang besar.

4. Menjadi Youtuber

mitra usaha sampingan karyawan
101 peluang bisnis
contoh usaha sampingan karyawan

Usaha sampingan karyawan pabrik dengan menjadi Youtuber, mengapa tidak?

Membuat konten video dan menguploadnya di situs Youtube bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Baik itu di sela-sela istirahat pekerjaan, ketika pulang kerja maupun pada waktu akhir pekan.

Menjadi Youtuber juga tidak mengharuskan anda untuk mengupload video setiap harinya. Jadi bisa anda lakukan kapanpun jika ada waktu.

Ditambah lagi dengan berkembangnya smartphone saat ini, menjadi Youtuber semakin mudah. Proses pembuatan dan editing video bisa dilakukan di smartphone tanpa harus melalui kamera digital mahal dan komputer canggih.

5. Les Privat

usaha sampingan di rumah

Anda yang memiliki kemampuan akademis baik tidak ada salahnya menjadikan jasa les privat sebagai peluang usaha sampingan karyawan pabrik.

Kegiatan belajar mengajarnya bisa dilakukan di rumah anda ataupun di tempat murid anda.

Untuk waktu les privat bisa dilakukan pada sore atau malam hari setelah anda pulang kerja. Atau bisa juga pada waktu akhir libur akhir pekan.

Hanya saja anda mungkin harus membatasi jumlah murid karena waktu yang anda punya juga terbatas.

6. Joki Game Online

usaha sampingan di desa

Jika anda hobi bermain game online tentunya sudah tahu kalau dalam game online seperti Mobile Legends misalnya, pangkat atau peringkat dalah game online adalah gelar prestisius yang menjadi incaran setiap pemain.

Makin tinggi tier seorang pemain, semakin terpandang dia.

Karena itu tidak heran jika seorang pemain game online sampai harus bersusa payah membayar jasa joki untuk menaikkan tier mereka.

Untuk anda yang jago bermain game online, tidak ada salahnya mencoba jadi joki game online sebagai usaha sampingan karyawan pabrik.

Tentunya akan sangat menyenangkan bisa bermain game sekaligus menghasilkan uang.

7. Menjadi Blogger

bisnis sampingan online

Menjadi seorang Blogger atau penulis di Blog adalah usaha sampingan karyawan pabrik yang sangat mungkin untuk dilakukan.

Bagaimana tidak, anda tidak dituntut untuk selalu menerbitkan artikel setiap waktu jika tidak ada waktu.

Artikel bisa anda buat pada sela-sela istirahat siang atau pulang kerja pun tidak masalah.

Jika waktu tidak memungkinkan, anda bahkan bisa membuat artikel ketika punya waktu luang saja.

Yang penting artikel yang anda di blog buat harus dimonetisasi dan dipasang iklan. Dan penghasilan anda didapat apabila ada pengunjung blog yang meng-klik iklan pada blog anda.

Semakin ramai pengunjung, maka potensi income anda juga semakin besar.

Maka dari itu, anda harus mengelola blog dengan profesional dan tidak mencontek artikel dari blog lain agar kualitas konten yang anda sajikan tetap terjaga dengan baik.

8. Jual Kue

Resep Kue untuk Jualan 1000 Ekonomis dan Pasti Laris

Usaha menjual kue bisa saja anda lakukan sebagai usaha sampingan karyawan pabrik. Namun karena keterbatasan waktu, mungkin anda tidak harus membuat sendiri kue yang akan diperdagangkan di pabrik.

Bisa saja yang membuat kue tersebut adalah istri/suami anda. Atau bisa juga anda mengambil kue dari tetangga atau kenalan dengan sistem bagi hasil sesuai dengan banyaknya kue yang terjual.

Namun hal yang perlu anda perhatikan adalah jangan sampai usaha jualan kue anda terganjal dengan aturan pabrik.

Ada beberapa pabrik yang sudah menyediakan makanan bagi karyawannya. Sementara ada juga pabrik yang melarang karyawannya untuk berdagang di area pabrik karena dikhawatirkan akan mengganggu kegiatan produksi dan produktivitas karyawan.

Oleh karena itu, sebelum memulai usaha ini, ketahui terlebih dahulu peraturan di pabrik tempat anda bekerja.

9. Jual Kopi

wirausaha modal 10 juta

Seperti jualan kue, anda juga bisa menjual kopi sebagai usaha sampingan karyawan pabrik.

Untuk menjual kopi, anda tidak perlu modal besar karena hanya memerlukan beberapa peralatan seadanya saja.

Pertama anda harus menyediakan termos berisi air panas, gelas, sendok, dan kopi sachet.

Dengan modal yang relatif kecil, biasanya menjual kopi adalah pilihan yang bagus dan akan bisa sangat laris karena para pekerja pabrik akan mencari segelas kopi hangat di sela-sela istirahat mereka.

Namun anda perlu memperhatikan peraturan pabrik seperti halnya berdagang kue tadi karena tidak semua pabrik memperbolehkan karyawannya untuk berdagang makanan di lingkungan pabrik.

10. Jasa Tambal Ban

jenis usaha sampingan bagi pemula

Jika anda karyawan pabrik dan memiliki tempat yang bisa digunakan untuk usaha di pinggir jalan, anda bisa mencoba untuk buka jasa bengkel tambal ban.

Untuk usaha satu ini anda tidak memerlukan modal yang terlalu besar dibandingkan dengan usaha lain.

Anda cukup mempersiapkan tempat usaha, perlengkapan tambal ban termasuk kompressor, ban dalam, ban luar dan beberapa aksesoris kendaraan bermotor juga bisa dijual disana.

Jangan lupa juga untuk merekrut karyawan karena anda tidak mungkin berada di sana setiap waktu.

Anda bisa menerapkan sistem gaji untuk karyawan anda atau bisa juga sistem bagi hasil tergantung bagaimana kesepakatannya nanti.

11. Jual Foto di Instagram

bisnis sampingan karyawan
peluang usaha sampingan karyawan

Jika anda hobi fotografi, menjual foto di Instagram bisa menjadi usaha sampingan karyawan pabrik yang menjanjikan untuk saat ini.

Untuk usaha satu ini anda hanya memerlukan kamera dan kemampuan editing foto.

Saat ini sudah tersedia banyak jenis kamera yang bisa dipergunakan untuk fotografi sesuai dengan budget anda. Atau jika anda merasa budget untuk membeli kamera terlalu mahal, tidak masalah karena sekarang sudah tersedia banyak sekali smartphone dengan kualitas kamera yang canggih.

Untuk editing foto, anda juga tidak perlu khawatir jika tidak memiliki komputer karena semuanya juga sudah bisa dikerjakan pada smartphone.

Anda tinggal mengupload foto anda di Instagram dan memerikan watermark pada setiap foto. Jangan lupa juga sertakan keterangan di bio anda bahwa foto tersebut untuk dijual.

12. Penulis Lepas

usaha sampingan di desa

Saat ini ada banyak sekali blog ataupun website yang mencari penulis lepas untuk mengisi konten di situs mereka.

Anda jika punya kemampuan menulis tidak ada salahnya menjadi penulis lepas sebagai usaha sampingan karyawan pabrik.

Untuk tahap awal, anda mungkin dibayar tidak terlalu besar untuk menjadi penulis di blog atau website, namun ketika anda sudah semakin terkenal maka tulisan anda juga akan dihargai lebih tinggi nantinya.

Menjadi penulis lepas juga bisa dilakukan setelah pulang dari pabrik atau ketika ada waktu luang, misalnya libur akhir pekan. Jadi usaha ini sama sekali tidak akan mengganggu profesi anda sebagai karyawan pabrik.

13. Jasa Jahit

bisnis sampingan online

Jika anda memiliki keahlian menjahit atau permak pakaian, jangan ragu untuk membuka usaha sampingan satu ini.

Usaha jasa jahit bisa dilakukan di rumah tanpa harus membuka lapak atau toko karena promosinya bisa dilakukan dari mulut ke mulut.

Waktu untuk mengerjakan atau permak pakaian juga bisa anda lakukan seusai jam pulang kerja atau pada waktu libur akhir pekan saja.

Namun karena ketersediaan waktu, terlebih dahulu anda harus membuat kesepakatan terlebih dahulu kepada konsumen bahwa untuk menyelesaikan pekerjaan yang mereka minta hanya berdasarkan kesanggupan anda dalam membagi waktu. Jadi tidak bisa terburu-buru.

Dengan demikian mereka juga akan maklum atau memesan terlebih dahulu dari jauh-jauh hari agar pesanan mereka bisa selesai dalam waktu yang diinginkan.

14. Jual Makanan Ringan

Usaha Makanan Ringan serba 2000 yang Unik dan sedang Booming

Menjual makanan ringan bisa menjadi usaha sampingan karyawan pabrik yang memiliki prospek yang lumayan bagus.

Karena karyawan pabrik yang sangat banyak, anda tidak perlu khawatir tidak akan laris jika menjual makanan ringan kepada mereka.

Anda bisa menjual makanan ringan yang isi dan harganya juga pas di kantong. Karena jika terlalu mahal atau kemasannya terlalu banyak, akan susah untuk dijual di pabrik.

Misalnya anda bisa menjual makanan ringan serba 2000, makanan ringan serba 5000 atau serba 10.000 dan sebagainya.

Untuk produknya sendiri ada banyak sekali pilihan yang bisa diperdagangkan, misalnya aneka kerupuk, aneka keripik, basreng, berbagai macam stik, atau aneka gorengan lain.

15. MLM

mitra usaha sampingan karyawan

Bisnis MLM (Multi Level Marketing) bisa dikerjakan oleh siapa saja dan biasanya dengan waktu yang fleksibel juga. Sehingga anda yang berprofesi sebagai karyawan pabrik tidak perlu takut menggeluti bisnis ini sebagai usaha sampingan karyawan pabrik.

Biasanya untuk memulai bisnis ini tidak memerlukan modal dalam bentuk uang yang relatif besar. Naum yang perlu modal besar di sini justru semangat dan impian anda.

Jika anda tidak punya semangat yang tinggi dan impian yang besar, bisnis ini akan cepat goyah karena penolakan demi penolakan akan anda terima terutama di awal-awal merekrut downline.

Namun, jika anda pantang menyerah dan mengikuti sistem dari MLM tersebut bukan tidak mungkin anda akan berhasil nantinya.

Apalagi anda bekerja di lingkungan pabrik dimana ada banyak sekali teman yang bisa dijadikan prospek downline anda.

16. Jasa Cuci Motor

bisnis sampingan karyawan

Jika anda memiliki tanah di tepi jalan yang belum digarap, mungkin usaha jasa cuci motor bisa menjadi alternatif yang pas.

Bisnis satu ini tidak membutuhkan modal yang relatif besar karena hanya membutuhkan pompa air, tangki penampung air, kompressor dan peralatan mencuci motor.

Sebagai karyawan pabrik, tentunya anda tidak bisa menjalankan usaha satu ini tanpa karyawan.

Jadi anda harus merekrut beberapa karyawan yang akan bekerja sebagai tukang cuci motor nantinya.

Pada dasarnya pekerjaan ini tidak membutuhkan keahlian khusus, hanya harus telaten dan usahakan untuk memberikan hasil yang memuaskan kepada konsumen.

17. Kerajinan Tangan

peluang usaha sampingan karyawan

Pekerjaan sebagai karyawan pabrik memang menyita waktu dan terkadang sangat memelahkan. Namun anda tetap memiliki waktu luang pada saat pulang kerja. Dan di sebagian pabrik menerapkan akhir pekan sebagai hari libur produksi.

Jika anda memiliki keahlian membuat kerajianan tangan, tetap bisa melakukannya pada saat pulang kerja atau pada saat libur akhir pekan.

Kerajinan tangan tersebut bisa anda jual ke sesama rekan pabrik ataupun secara online nantinya.

Ada banyak sekali kerajinan tangan yang bisa anda buat berdasarkan keahlian dan kebanyakan tidak memerlukan modal yang relatif besar.

Kerajinan tangan seperti lampu hias, pajangan dinding, bunga, perabotan, gantungan kunci dan sebagainya saat ini banyak sekali dicari orang dan bisa menjadi usaha sampingan karyawan pabrik yang memiliki prospek cerah.

18. Kredit Perabotan Rumah Tangga (Furniture)

kerja sampingan karyawan shift

Kredit perabotan rumah adalah jenis usaha yang sangat bisa anda jalankan sebagai karyawan pabrik. Malahan sebagai karyawan pabrik, anda mendapat keuntungan karena banyaknya rekan kerja yang bisa menjadi target market bisnis anda.

Untuk memulai bisnis ini, terlebih dahulu anda harus mencari pemasok atau distributor sebagai mitra usaha sampingan karyawan pabrik seperti anda.

Nah dari distributor tersebut jangan ragu untuk mengajak mereka melakukan kerja sama dimana anda akan mendapatkan fee tertentu jika berhasil mencarikan mereka debitur yang akan membeli produk perabotan rumah tangga dalam bentuk kredit.

Selanjutnya anda tinggal menawarkan produk perabotan atau furniture tersebut ke teman-teman anda di pabrik dan akan mendapatkan fee ketika ada yang mau kredit perabotan atau furniture yang anda tawarkan.

Kredit perabotan rumah tangga nantinya bisa berkembang dari usaha sampingan di rumah menjadi bisnis besar jika dilakoni dengan serius.

Baca juga:

Demikianlah tadi 18 macam usaha sampingan karyawan pabrik yang bisa dijadikan ide untuk usaha sampingan anda sebagai karyawan pabrik. Sebelum memulai usaha, jangan lupa memperhatikan jenis usaha, ketersediaan modal dan ketersediaan waktu.

Jika anda punya keahlian, modal, dan waktu yang cukup jangan ragu untuk terjun ke usaha sampingan tersebut di atas. Selain bisa menambah penghasilan rumah tangga, usaha sampingan tersebut jika sukses malah bisa menjadi bisnis utama anda. [BH/HT]

Tinggalkan komentar