Tips Memulai Usaha Sembako Modal Rp 5 Juta Untung Berlipat Ganda

Sharing is caring!

Usaha Sembako Modal 5 Juta ~ Punya modal uang terbatas Rp 5 jutaan dan berencana memulai membuka warung sembako agar cepat sukses dan untung berlipat dan semakin berkembang? Coba pakai trik ini!

BisnisHandal.com, Usaha sembako atau warung kelontong adalah bisnis yang sangat potensial dan menguntungkan. Keuntungan usaha warung sembako ini meskipun kecil tapi cukup stabil, tidak perduli berapa pun pesaing yang ada tetap saja ada yang beli.

Hal ini karena sembako menjadi barang harian cepat laku dan dibutuhkan semua orang. Jadi selama anda menjaga harga jualnya tetap kompetitif dengan pasokan barang yang stabl, maka usaha ini bisa dikatakan tidak akan bisa merugi dan terus berkembang.

Untuk memulai usaha sembako memang susah-susah gampang. Anda harus pintar-pintar memanfaatkan modal yang ada agar bisa memulai usaha ini dengan start yang baik.

Baca: Tips Memulai Usaha Warung Kopi Sederhana dengan Modal Kecil

Lalu apa saja yang harus kita lakukan terutama jika anda hanya memiliki modal yang pas-pasan? Misalnya bisnis modal 5 juta untung besar.

Cara Usaha Sembako Modal 5 Juta Untung Berlipat Ganda

Untuk memulai usaha sembako dengan hanya bermodalkan 5 juta saja, anda harus cermat dan hati-hati. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa anda gunakan untuk meminimalisir potensi risiko yang muncul sehingga menguntungkan dan terus berkembang.

1. Memilih dan Mempersiapkan Tempat Usaha

Tempat usaha adalah hal yang terpenting jika anda ingin memulai usaha sembako dengan modal 5 jutaan rupiah.

Usaha Sembako Modal
5 juta dan 2 juta, isi warung sembako modal 1 juta

Sebisa mungkin, anda harus bisa mempersiapkan sebuah tempat usaha dengan modal seminim mungkin. Agar sisa modalnya bisa dimanfaatkan untuk mempersiapkan stok barang dagang dan keperluan lain.

Ada beberapa trik yang bisa dipergunakan untuk menekan biaya tempat usaha seminimal mungkin. Misalnya dengan memulainya dengan warung kecil depan rumah sehingga bisa menghemat modal awal. Jika di rumah tidak memungkinkan, Anda bisa memilih lokasi dengan biaya sewa rendah tetapi tetap berada di lokasi strategis.

Jadi semua persiapan tempat usaha harus dipikirkan dan direncanakan dengan cermat mungkin untuk mendapatkan tempat usaha dengan menekan biaya modal awal.

Baca: 99% Anti Gagal: 10 Usaha yang Cepat Laku dan Menguntungkan Saat Ini

2. Membuat Rincian Modal Usaha Toko Sembako

Rincian modal toko sembako ini harus dibuat setelah anda yakin sudah mendapatkan tempat memuaskan dengan harga yang terbaik.

Setelah mengetahui besarnya biaya untuk toko, baru anda bisa membuat perincian modal untuk keperluan-keperluan lain. Contohnya adalah biaya untuk etalase (display), pemasangan listrik, meja, kursi, alat-alat penunjang, dan tentu saja barang dagangan.

Karena anda akan memulai usaha sembako dengan modal kecil hanya 5 jutaan rupiah, semuanya harus dipikirkan secara matang dan cermat agar tidak ada kendala nantinya.

Berikut contoh rincian rencana anggaran biaya untuk Warung sembako sederhana budget modal awal Rp 5 Juta rupiah dengan asumsi tanpa sewa tempat.

UraianBiaya
A. Inventaris
1. Sewa Tempat0
2. Etalase, Rak, dan Meja Kursi2.000.000
3. Timbangan500.000
B. Perlengkapan Pendukung
1. Kalkulator dan Alat Tulis100.000
2. Toples dan kantong plastik300.000
3. Lain-lain200.000
C. Barang Dagangan
1. Dagangan Sembako2.000.000
2. Dagangan Pendukung750.000
Jumlah Total A+B+C5.850.000
Ilustrasi biaya membuka warung sembako dengan modal awal kisaran 5 Juta

Agar tidak terlalu berat saat memulai usaha sembako sederhana ini, Anda bisa mulai mencicil menyiapkan perlengkapan terlebih dahulu. Sehingga ketika ada budget lebih, bisa anda alokasikan untuk memperbanyak stok dagangan.

Baca : 11 Cara Mendapatkan Modal Usaha yang Paling Mudah dan Realistis

3. Membuat Daftar Isi Warung Sembako Lengkap

Dalam perencanaan membuka usaha sembako dengan modal Rp 5 juta, sangat penting bagi anda untuk membuat daftar isi warung sembako yang paling lengkap menurut anda.

Hal ini bertujuan untuk menentukan prioritas barang dagangan, yang mana kira-kira yang akan menjadi barang dagangan prioritas dan mana yang hanya menjadi barang-barang pendukung.

Setelah membuat catatan daftar isi warung sembako secara lengkap, anda bisa memanfaatkan modal yang ada untuk terlebih dahulu berbelanja barang dagangan prioritas terlebih dahulu.

Jika ada modal berlebih, baru anda mengisinya dengan barang-barang slow moving. Akan tetapi usahakan stoknya tidak terlalu banyak, apalagi untuk produk yang memiliki masa kadaluarsa yang cepat.

Baca: 36+ Barang Harian yang Cepat Laku untuk Usaha Baru Toko Kelontong

Tidak masalah jika anda membuka warung sembako sederhana yang berukuran kecil, asalkan barang-barang prioritas yang fast moving harus tersedia.

4. Mencari Distributor Tangan Pertama

Karena anda membuka usaha sembako dengan modal 5 juta, sebisa mungkin untuk mencari distributor tangan pertama. Karena dari distributor tangan pertama inilah anda bisa mendapatkan barang dagangan dengan harga yang paling murah.

Baca ; Apa itu Distribusi? Pengertian Distribusi, Tujuan, dan Saluran Distribusi

Tentu tidak sulit untuk mendapatkan distributor tangan pertama di kota anda. karena sudah pasti informasi soal keberadaan distributor tangan pertama ini diketahui oleh banyak orang.

Nah, setelah menemukan distributor tangan pertama, jangan ragu untuk membuat negosiasi dagang. Karena tidak semua distributor ini mewajibkan pembayaran secara cash.

Ada distributor-distributor tertentu yang memberi kelonggaran pembayaran dengan tempo, misalnya 7 hari, 14 hari, 1 bulan, atau bahkan 3 bulan.

Dengan adanya kelonggaran pembayaran seperti ini, anda memiliki banyak peluang untuk menambah penghematan modal. Sisanya bisa anda alihkan untuk menambah stok lebih banyak barang.

5. Kenali Harga Jual Kompetitor Anda

Dalam memulai usaha warung sembako, mau tidak mau anda akan dihadapkan dengan banyaknya kompetitor usaha sejenis. Yang perlu anda lakukan adalah mengintip harga jual kompetitor anda, terutama untuk produk-produk yang fast moving.

keuntungan paket usaha sembako
sederhana dan warung kecil depan rumah menjadi toko kelontong modal 20 juta

Hal ini sangat penting sehingga anda bisa mengatur strategi dalam memenangkan pasar.

Jika anda menjual barang dengan harga yang lebih tinggi dari kompetitor anda, sudah pasti usaha anda akan menjadi sepi dan sangat sulit berkembang. Hal ini tentu akan berbahaya bagi toko sembako yang baru merintis. Apalagi toko yang modalnya tidak begitu besar.

Prosentase keuntungan dagangan sembako itu sangat kecil, hanya kisaran 7% hingga 12% dari modal belanja awal. Tidak seperti barang dagangan lain yang bisa diatas 15%. Tapi jangan kuatir, karena ini termasuk barang fast moving, Anda bisa mengejar quantity penjualan.

Karena Anda baru memulai usaha dagang sembako, tips nya adalah untuk fokus mencari pelanggan terlebih dahulu. Jangan menjual dagangan sembako anda seperti harga pasaran umumnya.

Jadi, untuk langkah awal anda bisa menjual barang dengan maksimal keuntungan 7% dari harga modal. Tetapi jika itu tidak memungkinkan, juallah sedikit di bawah harga pesaing anda.

Selanjutnya, jika anda sudah mempunyai banyak pelanggan, naik kan harga sedikit demi sedikit. Atau seiring dengan kemajuan toko dan besarnya modal yang anda miliki, anda bisa mencari distributor yang lebih besar dan murah demi menjaga harga jual tetap kompetitif agar dagangan laris pembeli.

6. Membuat Pembukuan Yang Baik

Bagi sebuah warung sembako, apalagi yang skalanya kecil, banyak orang malas membuat pembukuan. Hal tersebut sebetulnya sangatlah salah.

Ketiadaan pembukuan akan membuat pengelola warung susah mengatur uang ke dalam pos-pos pengeluaran yang penting.

Anda harus tahu mana dana yang seharusnya digunakan untuk kebutuhan operasional, mana yang seharusnya dipakai untuk membayar hutang yang jatuh tempo. Dan mana hasil keuntungan bersih yang seharusnya dipergunakan untuk mengembangkan usaha.

Jika tidak ada pembukuan yang jelas, maka antara pendapatan dan pengeluaran akan menjadi kacau dan berantakan. Hal ini akan berimbas pada keterlambatan anda membayar tagihan yang jatuh tempo atau modal yang seharusnya dipergunakan untuk membeli barang dagang malah dipakai untuk keperluan pribadi.

Hal-hal tersebut akan sangat berbahaya, apalagi untuk skala warung kecil yang tidak ditopang dengan modal yang banyak.

Baca: 8 Ide Bisnis Modal 5 Juta Untung Besar, Mudah dan Cocok untuk Pemula

Sebagai salah satu usaha dagang yang menguntungkan, anda tidak perlu cemas untuk memulai usaha sembako, meskipun dengan modal yang terbatas. Dengan mengikuti trik di atas, paling tidak anda sudah berjalan satu langkah di depan dalam memenangkan pasar. [BH/CS]

Tinggalkan komentar