8 Ide Usaha Ternak Modal 300 Ribu yang Menjanjikan di Lahan Sempit

Sharing is caring!

Usaha Ternak Modal 300 Ribu ~ Anda sedang mencari usaha ternak dengan modal 300 an ribu rupiah dan lahan yang sempit? Berikut rekomendasinya!

BisnisHandal.com, Ada banyak ide usaha yang bertebaran di sekitar kita. Hanya saja untuk memulainya perlu pertimbangan dan perencanaan yang matang. Salah satu usaha yang sangat cocok untuk pemula dan tidak menuntut harus memiliki pendidikan tinggi dan atau karyawan yang banyak adalah usaha ternak.

Hanya saja banyak dari kita yang terkadang harus berpikir dua kali untuk mencoba usaha ternak. Karena keterbatasan modal dan lahan masih menjadi hambatan untuk sebagian besar jenis usaha ternak.

Tapi anda tidak perlu khawatir kalau memang memiliki kendala terhadap dua hal tersebut. Karena pada saat ini, sudah banyak usaha ternak yang tidak membutuhkan modal dan lahan yang relatif besar. Cukup hanya dengan modal Rp 300 ribuan dan halaman pekarangan rumah, anda sudah bisa memulai usaha ternak yang menguntungkan berikut ini.

8 Rekomendasi Usaha Ternak Modal 300 Ribu yang Menjanjikan untuk Pemula

Berikut ini adalah 8 ide usaha ternak dengan modal Rp 300 ribuan dan tidak membutuhkan lahan yang luas tetapi tetap menguntungkan dan cocok untuk pemula.

Baca: 11 Usaha Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit dan Modal Kecil

 1. Usaha Ternak Kroto

Ide usaha ternak dengan modal Rp 300 ribuan yang pertama adalah usaha ternak atau budidaya kroto.

ternak modal 1 juta

Kroto merupakan telur dan larva dari semut merah yang menjadi pakan utama burung berkicau. Karena kelangkaannya dan permintaannya yang tinggi, kroto memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran.

Oleh karena itu, tidak heran jika sudah mulai banyak yang membudidayakan kroto karena tingginya keuntungan dari jual beli kroto.

Untuk usaha ternak kroto, anda hanya perlu mempersiapkan rak, toples, dan koloni semut yang harus ada ratunya. Modal yang dibutuhkan untuk usaha ini sangatlah kecil dan bisa menjadi contoh usaha modal kecil untung besar yang sangat potensial saat ini.

2. Usaha Budidaya Ikan Cupang

Beberapa bulan belakangan ini, ikan cupang kembali menjadi primadona lantaran permintaan pasarnya yang melejit.

Ikan cupang tidak hanya bisa menjadi usaha ternak dengan modal 300 ribuan saja, tetapi juga mudah dalam pemeliharaan.

Selain memiliki daya tahan yang baik terhadap penyakit, ikan cupang juga memiliki masa panen yang relatif cepat dan hasil panen yang melimpah.

Maka dari itu, bisnis ikan hias cupang bisa menjadi alternatif usaha ternak yang mudah, murah, dan menguntungkan.

3.  Usaha Ternak Ayam Kampung Kecil-Kecilan

Dengan modal Rp 300 ribu, anda juga bisa memulai usaha ternak ayam kampung kecil-kecilan.

Untuk keperluan kandang, anda bisa membuatnya semi intensif dengan menggunakan menggunakan jaring sebagai pagar untuk menghemat modal. Atau jika anda memang memiliki pekarangan yang luas, maka tidak masalah jika ayam dibiarkan saja berkeliaran mencari makan sendiri.

Dengan modal yang tidak terlalu besar, usaha ternak ayam kampung memiliki risiko yang cukup rendah. Apalagi jika anda betul-betul memperhatikan pakan dan penyakit secara berkala.

4. Usaha Ternak Kelinci

Ide usaha ternak modal 300 ribuan rupiah berikutnya adalah ternak kelinci.

ternak yang mudah dan murah

Kelinci menjadi alternatif usaha ternak yang cukup potensial karena modalnya yang kecil dan tidak membutuhkan lahan yang relatif luas.

Selain itu, pertumbuhan kelinci juga relatif cepat dan memiliki masa panen yang relatif singkat.

Ditambah lagi kelinci adalah salah satu binatang ternak yang mudah dan murah dalam pemeliharaan.

5. Usaha Budidaya Keong Mas

Dulunya keong mas adalah hama yang sangat mengganggu, terutama bagi para petani padi. Keberadaan keong mas kerap dimusnahkan karena bisa memakan tanaman dengan sangat cepat.

Tetapi seiring dengan waktu, kini keong mas malah menjadi sumber makanan yang kaya akan protein, omega 3, 6, dan 9 yang sangat baik untuk tubuh.

Seiring dengan tingginya permintaan, keong mas yang tadinya hama, sekarang sudah mulai dibudidayakan.

Untuk budidaya keong mas sendiri, kebutuhkan modalnya sangat minim karena hanya membutuhkan kolam terpal dan bibit keong mas sendiri. Pakannya juga bisa tumbuhan apa saja yang murah dan mudah didapat.

Jadi untuk usaha ternak modal 300 ribuan rupiah, anda bisa memperoleh keuntungan yang cukup berlimpah dari usaha ternak yang menjanjikan di masa depan satu ini.

Baca: 11 Ternak Paling Cepat Panen dan Menguntungkan Dalam Waktu Singkat

6. Usaha Ternak Lele

Lele adalah ikan air tawar yang banyak dikonsumsi karena selain harganya murah rasa dagingnya juga enak dan kaya akan gizi.

Sebagai usaha, ternak lele cenderung menguntungkan karena membutuhkan modal yang relatif kecil.

Lele memiliki daya tahan yang sangat tinggi terhadap penyakit dan mampu hidup dalam air yang minim oksigen. Dengan demikian, kolam terpal atau drum yang berukuran kecil sekalipun bisa menampung cukup banyak ikan lele.

Dengan masa panen yang super cepat dan permintaan pasar yang stabil, lele bisa menjadi usaha ternak modal 300 ribuan dengan keuntungan yang berlipat ganda.

7. Usaha Ternak Jangkrik

Dulu jangkrik adalah jenis serangga yang sangat mudah untuk dijumpai. Namun seiring perkembangan zaman, habitat tempat hidup jangkrik semakin tergerus.

bisnis budidaya unik

Padahal permintaan pasar untuk jangkrik cukup tinggi karena banyak yang menjadikannya sebagai pakan burung berkicau.

Karena permintaan yang tinggi inilah, banyak yang kemudian menjadikannya sebagai usaha. Apalagi usaha ternak jangkrik ini bisa dijalankan dengan modal 300 ribuan rupiah saja.

8. Usaha Ternak Burung Puyuh

Ide usaha ternak modal 300 ribu rupiah yang terakhir adalah ternak burung puyuh. Burung puyuh bisa dikonsumsi daging maupun telurnya. Harganya juga cukup stabil di pasaran.

Karena memiliki ukuran yang cukup kecil, budidaya burung puyuh tidak memerlukan lahan yang luas. Anda bisa melakukannya dengan membuat kandang dalam pekarangan rumah.

Selain membutuhkan modal yang relatif kecil, masa panen burung puyuh juga terbilang cepat. Selain itu, burung puyuh juga memiliki resistensi yang tinggi terhadap penyakit.

Maka dari itu, usaha ternak burung puyuh sangat cocok untuk menjadi ide usaha sampingan anda.

Baca: 8 Bisnis Budidaya Unik Sebagai Ide Usaha yang Menguntungkan di Desa

Beberapa jenis usaha ternak tadi sangat layak anda coba karena tidak hanya membutuhkan modal yang relatif kecil, tetapi juga bisa menghasilkan keuntungan yang sangat maksimal. [BH/CS]

Tinggalkan komentar