7 Rekomendasi Usaha Unik di Desa yang Potensial dan Menjanjikan

Sharing is caring!

Usaha Unik di Desa ~ Apakah anda sedang mencari usaha unik di desa atau usaha rumahan yang lagi trend di desa dan bisa memberikan keuntungan lebih dengan resiko yang kecil? Beberapa ide berikut mungkin bisa menjadi ide bisnis anda.

BisnisHandal.com, Memulai bisnis baru di desa memang susah-susah gampang karena kondisi perekonomian di pedesaan yang berbeda dengan di perkotaan. Berbisnis di perkotaan mungkin lebih mudah mengingat jumlah penduduknya lebih banyak, daya beli masyarakatnya lebih tinggi, dan pola hidupnya lebih konsumtif.

Tetapi di desa, ketiga aspek tersebut sudah barang tentu berbanding terbalik. Oleh karena itu, kita harus jeli mencari ide bisnis baru agar usaha yang akan dibuka nantinya tidak menjadi sia-sia. Apalagi jika membuka usaha di daerah sepi, tentu resikonya juga semakin besar.

Jika anda memulai usaha dengan bertani atau beternak di desa, bukan tidak mungkin anda akan sulit bersaing dengan pebisnis serupa yang sudah jauh berpengalaman dari anda. Oleh karena itu, daripada bersaing secara frontal dengan mereka, akan lebih cerdas jika anda mencari usaha unik yang belum ada di desa. Atau kalaupun ada, masih sedikit pesaingnya.

Usaha yang memiliki keunikan atau yang persaingannya tidak terlau banyak akan jauh lebih mudah daripada usaha yang sudah banyak pesaingnya. Sudah pasti usaha yang banyak pesaingnya, resikonya juga besar. Lalu seperti apa contoh usaha yang unik dan belum banyak pesaingnya tersebut?

7 Usaha Unik di Desa Berkembang yang Menjanjikan

Berikut ini adalah 7 usaha unik di desa yang bisa dijadikan inspirasi usaha kecil-kecilan anda.

1. Bisnis Angkringan “Gaul”

Contoh usaha kecil kecilan

Bisnis angkringan memang saat ini sudah lumayan lazim sebagai peluanga usaha di desa berkembang. Untuk membuatnya menjadi usaha unik di desa agar menarik minat para anak muda, cobalah dengan menambahkan fasilitas WiFi di dalamnya.

Ide lainnya, anda juga bisa menambahkan layar tancap dengan proyektor di salah satu sudutnya. Siaran sepakbola atau Moto GP akan cukup menjadikan warung angkringan anda sebagai tempat tongkrongan favorit para pemuda dan pemudi di desa anda atau bahkan dari desa lain.

2. Bisnis Budidaya Unik di Desa

Usaha kecil yang menjanjikan

Tidak seperti perkotaan yang memiliki lahan yang terbatas, umumnya di desa masih banyak terdapat lahan luas yang bisa dipergunakan dengan efisien. Ketersediaan lahan tersebut bisa anda manfaatkan sebagai ladang usaha unik di desa. Misalnya dengan memanfaatkan lahan yang tersedia menjadi lahan bisnis budidaya unik.

Mengapa harus budidaya unik? Karena bisnis peternakan ayam, bebek, atau budidaya beberapa sayuran atau buah-buahan sudah terlalu umum di desa. Jika usaha anda tidak memiliki keunikan, akan sulit bertahan dari gempuran pemain lama.

Beberapa bisnis budidaya unik yang bisa anda coba dan bisa menjadi usaha kecil yang menjanjikan antara lain budidaya kroto, jangkrik, bekicot, katak lembu, dan sebagainya.

Baca Juga:

3. Usaha makanan ringan unik

Usaha di daerah sepi

Cukup dengan usaha modal 1 juta saja anda sudah bisa membangun bisnis di desa asalkan memiliki ide yang cemerlang. Usaha makanan ringan unik bisa menjadi ide usaha rumahan yang cemerlang dengan melakukan riset terlebih dahulu terhadap ide makanan ringan unik anda tersebut.

Anda bisa menjual makanan ringan kekinian seperti makaroni goreng, sosis telor, basreng atau bakso goreng, dan sebagainya. Atau beberapa makanan ringan unik seperti keripik singkong dengan aneka varian rasa dan level pedas, keripik nangka, keripik bayam, sampai keripik kulit buah naga bisa menjadi ide bisnis kecil-kecilan anda.

Baca Juga:

4. Desa Wisata

usaha rumahan yang lagi trend

Tahukah anda, dengan usaha pemberdayaan yang tepat dari pemerintah dan aparat desa, sebuah desa bisa disulap menjadi destinasi wisata? Di Indonesia sendiri sudah banyak terdapat desa wisata dengan kekhasan mulai dari bentuk bangunannya, tema, hingga kuliner desa tersebut.

Keberadaan desa wisata otomatis akan mendongkrak perekonomian di desa tersebut. Bukan hanya itu, sebuah desa wisata yang ramai akan memberikan rezeki yang berlipat bagi penduduknya.

Para penduduk bisa berdagang kerajinan hingga makanan kepda para turis. Atau bisa juga dengan berbisnis jasa sewa hostel setelah sebelumnya mengubah rumah menjadi hostel, jasa tour guide, atau bisnis jasa lainnya.

5. Bisnis Kerajinan Hasil Desa

Peluang usaha di desa berkembang

Sebagai negara dengan keberadaan budaya yang sangat kaya dan majemuk, tidak heran apabila mayoritas desa punya kerajinan khas masing-masing. Kerajinan ini sebetulnya bisa dijadikan potensi untuk usaha unik di desa jika dikembangkan dengan baik.

Sebut saja usaha kerajinan tangan seperti tas, tembikar, hiasan dinding, perabotan rumah tangga, sampai kain tenun yang bisa dipasarkan ke dalam dan luar negeri.

Jadi anda jangan ragu untuk menjadikan bisnis kerajinan hasil desa sebagai salah satu usah unik di desa.

6. Bisnis Produk Daur Ulang dari Plastik

Usaha modal 1 juta

Belakangan ini kampanye Go Green sedang digalakkan di seluruh dunia sebagai langkah kecil untuk menyelamatkan bumi dan ekosistem dari pengrusakan lingkungan, terutama oleh bahan plastik. Bahan plastik telah menjadi masalah lingkungan yang sangat serius apabila tidak dicegah sedini mungkin.

Anda bisa mengkampanyekan Go Green sambil menghasilkan uang dengan berbisnis produk daur ulang dari plastik. Dengan sedikit kreativitas, plastik-plastik yang nantinya akan menjadi sampah perusak lingkungan bisa anda daur ulang kembali menjadi produk yang bernilai jual tinggi.

Sebut saja berbagai tas, payung, hingga bunga-bunga cantik dari plastik daur ulang yang bisa dijadikan bisnis di desa anda. Untuk pemasaran, anda bisa menjualnya ke kota ataupun dengan sistem online yang bisa menjangkau pembeli dari seluruh Indonesia.

7. Jualan Minuman Kekinian

Ide usaha rumahan

Minuman kekinian mungkin sudah menjamur di kota-kota besar. Tetapi jika bisnis ini dibawa ke desa, sebetulnya hasilnya juga tidak buruk. Malah sebaliknya, akan menjadi potensi bisnis yang menggiurkan, apalagi sebagai peluang usaha di desa berkembang.

Contoh usaha kecil-kecilan ini ada banyak sekali. Mulai dari minuman kekinian lokal seperti Cappucino Cincau sampai minuman impor seperti Thai Tea dan Mango Thai bisa jadi ide usaha unik di desa anda.

Baca Juga:

Semoga beberapa ide usaha tersebut bisa menjadi inspirasi anda dalam membuka usaha di desa. Sebelum berbisnis, alangkah baiknya kalau anda melakukan riset pasar dan mempertimbangkan modal terlebih dahulu. [BH/HT]

Tinggalkan komentar