7 Usaha yang Cocok di Desa Pinggir Jalan untuk Pemula dan Anti Gagal

Sharing is caring!

Usaha yang Cocok di Desa Pinggir Jalan ~ Bingung mau usaha apa di pinggir jalan desa? Coba salah satu dari usaha yang anti gagal dengan keuntungan berlumpah berikut ini!

BisnisHandal.com, Pada dasarnya ada banyak sekali ide usaha yang ada di sekitar kita. Tidak terkecuali buat anda yang bermukim di desa.

Meski demikian, tidak semua usaha memang cocok untuk setiap orang. Ada usaha yang memang membutuhkan skill. Ada juga usaha juga yang membutuhkan modal yang sangat besar.

Jadi, anda perlu menimbang dan memilih mana yang kira-kira yang paling cocok sebelum memulai sebuah usaha. Apalagi jika anda memulai usaha tersebut di desa berkembang yang notabenenya tidak memiliki daya beli setinggi orang perkotaan.

7 Ide Usaha yang Cocok di Desa Pinggir Jalan

Berikut ini adalah 7 usaha yang cocok untuk di desa pinggir jalan yang pasti menguntungkan dengan modal yang relatif minim sehingga cocok untuk pemula.

Baca: 15 Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa yang Menjanjikan

1. Usaha Warung Makan

usaha pinggir jalan kampung

Usaha warung makan akan selalu cocok di pinggir jalan, entah di desa ataupun daerah pinggir kota. Karena pada dasarnya usaha warung makan adalah salah satu bisnis yang laku setiap hari.

Untuk memulai usaha warung makan, anda perlu mempertimbangkan beberapa hal. Misalnya jenis usaha, modal, dan kompetitor.

Sebagai contoh, jika anda membuka Warung Tegal yang berdekatan dengan kompetitor sejenis, mungkin saja konsumennya akan terbagi meskipun daerah tersebut sangat ramai. Jadi, anda bisa mencari alternatif lain, misalnya warung makan Padang.

Dengan pemilihan jenis usaha yang baik dan mempertimbangkan modal serta kompetitor, usaha warung makan bisa menjadi usaha di desa yang sangat sukses.

2. Usaha Laundry Kiloan

usaha di desa sukses

Usaha laundry kiloan saat ini memang bisa menjadi pilihan usaha yang sangat baik, apalagi jika anda memiliki lokasi yang baik di pinggir jalan desa berkembang.

Selain tidak membutuhkan lokasi usaha yang luas dan modal yang besar, usaha laundry kiloan juga tidak membutuhkan karyawan yang banyak. Jadi anda bisa menghemat biaya operasional dari usaha ini.

Lebih dari itu semua, profit dari usaha laundry kiloan sangatlah tinggi, bahkan termasuk salah satu usaha dengan masa BEP atau balik modal yang tercepat.

Jadi jangan ragu untuk memilih landry kiloan sebagai salah satu usaha yang menguntungkan di pinggir jalan.

3. Bisnis PPOB/Konter Pulsa

usaha yang baik di pinggir jalan

Ide usaha yang cocok di pinggir jalan desa berkembang berikutnya adalah bisnis konter pulsa atau sekaligus PPOB.

Pada dasarnya usaha PPOB (Payment Point Online Bank) dan konter pulsa bisa saling melengkapi atau digabung keduanya.

Karena sebagai usaha pendamping konter pulsa, PPOB bisa melakukan transaksi pulsa, token listrik, paket data internet, BPJS, PDAM, asuransi, dompet elektronik, sampai tiket pesawat terbang. Dengan demikian, sinergi antara keduanya bisa mendatangkan banyak keuntungan.

Anda tinggal mencari aplikasi PPOB terbaik dan mulai menjalankan kedua usaha yang bisa berasimimalasi untuk melipatgandakan keuntungan ini.

4. Usaha Warung Sembako

usaha di daerah sepi

Sebagai usaha yang cocok di desa pinggir jalan, warung sembako bisa menyediakan banyak sekali barang harian yang cepat laku bagi masyarakat.

Menariknya, usaha warung sembako juga sangat mudah untuk dijalankan, bahkan oleh pemula sekalipun.

Anda bisa membuka warung sembako berdasarkan seberapa besar modal yang ada. Utamakan terlebih dahulu untuk menjual produk-produk yang paling laris seperti beras, minyak goreng, garam, gula, kopi, teh, atau mie instan. Produk-produk lain bisa menyesuaikan nantinya.

5. Usaha Jajanan Kaki Lima

menciptakan peluang usaha di desa

Usaha jajanan kaki lima akan selalu menjadi usaha yang cocok di pinggir jalan, baik di kota besar maupun desa berkembang.

Ada banyak sekali makanan yang laris di pinggir jalan dan bisa menjadi ide usaha kuliner yang sangat menguntungkan. Misalnya nasi goreng, mie tek-tek, siomay, sate, mie ayam, pecel lele, angkringan, dan lain-lain.

Sebelum memulai usaha ini, ada baiknya anda mempertimbangkan besarnya modal dan kompetitor usaha sejenis terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk belajar mencoba resep-resep yang menurut anda paling pas untuk usaha.

6. Jualan Gorengan Pinggir Jalan

inovasi usaha di desa

Tidak ada orang yang tidak menyukai aneka gorengan renyah. Apalagi jika ditemani dengan minuman hangat atau yang menyegarkan.

Usaha gorengan tidak hanya cocok di desa pinggir jalan, tetapi juga sangat potensial karena bisa mendapatkan keuntungan yang tinggi dari modal yang cukup minim.

Usaha ini bahkan bisa bertahan di daerah sepi atau daerah terpencil sekalipun dengan strategi penjualan yang tepat.

7. Usaha Minuman Kekinian

peluang usaha di desa

Sebagai negara tropis yang beriklim panas, aneka minuman selalu bisa menjadi usaha yang cocok di desa pinggir jalan.

Ada banyak sekali resep minuman kekinian yang bisa anda tiru untuk usaha. Carilah dari berbagai jenis minuman tersebut kira-kira mana yang bisa menjadi peluang usaha minuman unik yang menguntungkan untuk usaha.

Selain sangat menguntungkan, usaha minuman kekinian ini juga biasanya tidak membutuhkan modal yang relatif besar. Lagipula harga jualnya yang terjangkau akan sangat menarik minat para pembeli.

Baca: 6 Franchise Thai Tea Termurah dengan Kemitraan di Bawah Rp 5 Juta

Jadi daripada bingung mau usaha apa di desa, anda bisa memulainya dari salah satu dari 7 ide usaha tersebut. Apalagi semuanya memiliki potensi yang baik dengan modal yang cukup minim. [BH/CS]

Tinggalkan komentar