9 Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan, Cepat Laris, dan Menguntungkan

Sharing is caring!

Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan ~ Anda sedang mencari bisnis yang jarang pesaing namun sangat potensial dan menguntungkan? Temukan jawabannya di bawah ini!

BisnisHandal.com, Memilih sebuah usaha yang sanggup untuk bersaing di pasaran memang susah-susah gampang. Ada banyak faktor yang mempengaruhi penerimaan pasar terhadap sebuah produk bisnis. Selain faktor harga dan kualitas produk yang ditawarkan, kebutuhan pasar akan produk tersebut dan tinggi rendahnya kompetitor juga harus dipertimbangkan.

Ada kalanya sebuah bisnis harus kalah dalam persaingan hanya karena tingginya kompetitor untuk produk sejenis yang tidak sebanding dengan permintaan pasar.

Jika sudah demikian, anda bisa tetap nekad bersaing di pasaran atau mengambil jalan yang lebih aman, yaitu mencari ide bisnis lain yang jumlah kompetitornya tidak terlalu banyak, namun tetap dibutuhkan di pasaran.

9 Ide Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan dan Sangat Menguntungkan

Berikut ini adalah beberapa ide usaha yang jarang tapi dibutuhkan dan potensial untuk saat ini.

1. Usaha Toko Obat Herbal

bisnis jarang pesaing

Toko obat herbal adalah salah satu contoh usaha yang jarang tapi dibutuhkan di Indonesia. Meskipun pada kenyataannya, peminat obat-obatan herbal memang tidak sebanyak obat-obatan modern atau resep dokter, namun para peminat obat-obatan herbal tetap saja ada pada saat sekarang ini.

Obat-obatan herbal memang memiliki pangsa pasarnya tersendiri meskipun persaingan dalam pengobatan modern memang bisa ditemui di mana saja.

Apalagi bagi sebagian orang memang lebih tertarik pada obat-obatan herbal yang dirasa bisa menyembuhkan lebih efektif tanpa memiliki efek samping.

2. Usaha Karangan Bunga

Karangan bunga memang bukanlah sesuatu yang akan dicari orang setiap harinya. Usaha yang jarang tapi dibutuhkan satu ini baru akan dicari ketika hendak memberikan ucapan kepada seseorang atau pihak tertentu.

Meskipuun termasuk barang yang jarang dicari orang, tetapi kebutuhan akan karangan bunga tetaplah ada karena akan selalu ada orang yang membutuhkan karangan bunga untuk memberikan ucapan suka maupun duka.

Lagipula, harga karangan bunga di pasaran tidaklah murah dan bisa menjadi salah satu bisnis yang cukup potensial dan menguntungkan.

3. Usaha Jasa Desain Interior

Contoh usaha yang jarang tapi dibutuhkan berikutnya adalah jasa desain interior. Usaha ini sering kali dibutuhkan di kota-kota besar.

Konsumen yang membutuhkan jasa desain interior adalah mereka yang ingin membangun rumah atau gedung dengan konsep tertentu.

Meskipun usaha ini terhitung tidak banyak, tetapi peminatnya tidaklah sedikit. Apalagi jika seorang designer interior sudah memiliki nama, pastik tidak susah untuk mendapatkan konsumen.

4. Usaha Toko Peralatan Bayi

bisnis yang jarang rugi

Keberadaan toko peralatan bayi atau baby shop memang tidak sebanyak distro atau toko fashion orang dewasa. Tetapi menariknya, toko peralatan bayi selalu ramai dikunjungi oleh pembeli ketika akhir pekan atau awal bulan.

Hal ini tidak mengherankan mengingat usaha yang jarang tapi dibutuhkan satu ini memang memiliki pangsa pasar yang spesifik namun akan terus mendapatkan konsumen tetap.

Untuk membuka usaha toko peralatan bayi, usahakan untuk memilih tempat dengan akses yang baik.

Selain itu, usahakan toko anda menjual peralatan bayi yang paling dasar dulu secara lengkap. Dan untuk kelengkapan lainnya bisa menyusul di kemudian hari tergantung dengan selera pasar.

5. Usaha Sewa Tenda

Tenda biasanya digunakan ketika ada acara seperti pernikahan, ulang tahun, selamatan, duka, dan lain-lain. Oleh karena itu, kebutuhan tenda memang bukanlah sesuatu yang rutin dibutuhkan orang setiap harinya.

Meskipun demikian, kebutuhan tenda sampai kapan pun akan terus ada dan bisa menjadi bisnis yang menguntungkan karena tingkat persaingannya yang rendah.

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan satu ini juga tidak membutuhkan modal yang cukup besar dengan volume usaha yang bisa disesuaikan ketika usaha sudah berjalan.

6. Usaha Jasa Desain Grafis

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan berikutnya adalah jasa desain grafis. Kebutuhan jasa desain grafis memang tidak sebanyak usaha jasa lainnya, tetapi customer yang membutuhkan jasa desain grafis juga akan tetap ada.

Jasa desain grafis juga bisa menjadi usaha yang sangat menguntungkan karena harga sebuah karya desain grafis akan cenderung naik seiring dengan semakin tingginya pangalaman anda di bisnis ini.

Usaha desain grafis juga hanya membutuhkan modal yang relatif kecil, selebihnya tergantung pada skill anda sepenuhnya dalam menjalankan bisnis ini.

7. Usaha Souvenir Pernikahan

peluang bisnis yang ada di indonesia

Pernikahan adalah jahatan besar yang tidak dilakukan orang setiap harinya. Oleh karena itu, bisnis yang berhubungan dengan pernikahan juga tidak sebanyak bisnis lain.

Tetapi anda salah kalau mengira bisnis pernikahan adalah usaha yang kurang potensial atau menguntungkan.

Contohnya usaha souvenir pernikahan yang memang harga per item barangnya murah dan tidak setiap hari ada pesanan. Tetapi meskipun demikian, pesanan souvenir pernikahan selalu dalam jumlah yang cukup besar karena menyesuaikan dengan jumlah tamu yang diundang.

Oleh karena itu, usaha yang jarang tapi dibutuhkan satu ini sangat tepat untuk dijadikan ide bisnis potensial bagi anda.

8. Usaha Jasa MUA (Make Up Artist)

Belakangan ini, dengan semakin dinamisnya trend kecantikan, jasa seorang MUA (make up artist) juga semakin dibutuhkan. Apalagi mereka yang hendak tampil prima di depan banyak orang atau sedang menghadiri acara tertentu.

Karena usaha jasa MUA ini sepenuhnya berdasarkan skill keahlian, maka tidak ada patokan harga yang pasti untuk tarifnya. Anda bisa mematok tarif yang bisa disesuaikan dengan keahlian dan lamanya jam terbang anda berkiprah dalam usaha ini.

Jika anda sudah punya nama dan memiliki jam terbang yang tinggi, maka tarifnya juga akan semakin tinggi.

9. Usaha Jasa Servis Elektronik

Contoh usaha yang jarang tapi dibutuhkan berikutnya adalah jasa servis elektronik. Usaha ini memang cukup jarang ditemui mengingat untuk memulainya memang membutuhkan keahlian tertentu.

Di samping itu juga, usaha jasa servis elektronik memang tidak seramai bisnis pakaian, kuliner, atau toko kelontong.

Tetapi, meskipun termasuk usaha yang tidak umum, pangsa pasar untuk jasa service elektronik akan selalu ada dan termasuk salah satu usaha yang cukup potensial dan menguntungkan.

Jadi, jika anda memiliki keahlian dalam reparasi alat elektronik, tidak ada salahnya mencoba usaha satu ini.

Baca Juga:

Demikianlah tadi 9 ide usaha yang masih jarang digeluti tetapi cukup dibutuhkan dan bisa memberikan keuntungan yang besar bagi anda. Semoga salah satunya bisa menjadi ide usaha anda. [BH/CS]

Tinggalkan komentar