9 Contoh Usaha yang Masih Jarang tapi Menguntungkan dan Dibutuhkan

Sharing is caring!

Usaha yang Masih Jarang tapi Menguntungkan ~ Usaha apa yang paling cocok untuk pemula dan pasti laris? Temukan jawabannya di bawah ini!

BisnisHandal.com, Mau usaha apa saat ini? Mungkin pertanyaan seperti ini selalu akan muncul setiap kali kita akan memulai sebuah usaha. Karena memang untuk memulai sebuah usaha dibutuhkan pertimbangan yang sangat matang agar hasilnya juga menjanjikan.

Apalagi pada saat sekarang ini, dengan tingginya persaingan usaha yang sejenis, membuat kita harus cermat memilih dan memilah mana usaha yang tepat agar tetap bisa bertahan dari banyaknya kompetitor-kompetitor yang setiap saat akan merebut konsumen milik kita.

Salah satu trik yang bisa dipergunakan oleh kita agar bisa tetap survive di tengah persaingan bisnis yang ketat adalah dengan memilih usaha yang masih jarang tapi dibutuhkan.

9 Ide Usaha yang Masih Jarang tapi Menguntungkan untuk Saat Ini

1. Usaha Jasa Desain Taman

Sebagian orang yang tinggal di rumah yang memiliki taman yang cukup luas akan sangat senang apabila taman di rumahnya ini dibuat seindah mungkin.

usaha yang jarang rugi

Untuk ini terkadang orang sampai mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk menyewa jasa seorang yang bisa mendesain taman dengan indah.

Sebagai seorang desainer taman, anda akan menerima bayaran yang cukup tinggi karena sedikitnya pesaing dalam bidang usaha sejenis.

Meski demikian, sebelum memulai usaha yang masih jarang tapi menguntungkan satu ini, pastikan terlebih dahulu anda memiliki kemampuan dan pengalaman dalam mendesain sebuah taman yang indah.

2. Usaha Salon Binatang Peliharaan

Tidak seperti usaha salon buat manusia yang menjamur dan bisa dengan mudah ditemukan di berbagai sudut kota, usaha salon binatang peliharaan justru sangat jarang bisa ditemukan.

Tetapi justru di situ anda bisa mendapatkan potensi besar dari bisnis yang jarang pesaing satu ini.

Selain tarif untuk pet grooming juga cukup tinggi, jika dijalankan di daerah kota besar, usaha yang masih jarang tapi menguntungkan satu ini tidak akan kehilangan pelanggan. Terutama jika dibarengi dengan kualitas pelayanan yang terbaik.

Jadi sebagai bisnis yang masih jarang digeluti, salon binatang peliharan bukanlah pilihan yang buruk untuk anda.

3. Usaha  Laundry Tas dan Sepatu

Ide usaha yang masih jarang tapi menguntungkan lainnya yang bisa dicoba adalah usaha laundry tas dan sepatu.

budidaya yang jarang dilakukan

Bisnis yang masih jarang digeluti satu ini adalah pengembangan dari usaha laundry pakaian yang menjamur dengan target pasar yang lebih spesifik.

Meskipun target pasar untuk usaha laundry tas dan sepatu ini cukup spesifik, namun jika dikelola dengan baik dan terletak pada posisi yang mudah dijangkau, usaha ini punya potensi yang sangat besar.

Apalagi mengingat tas dan sepatu adalah barang umum yang dipunyai hampir setiap orang.

4. Usaha Karangan Bunga

Apakah anda pernah membeli karangan bunga selalu di tempat yang sama karena malas mencari pedagang karangan bunga lain yang letaknya entah dimana?

Ya, itu karena pedagang karangan bunga agak sulit dicari lantaran usaha ini masih sangat jarang peminatnya.

Padahal kalau dijalankan dengan serius, salah satu usaha yang masih jarang tapi menguntungkan ini sangatlah potensial di masa yang akan datang.

Apalagi jika ada momen-momen tertentu, seperti acara pernikahan, peresmian, atau peristiwa duka, biasanya akan ada banyak yang memesan karangan bunga.

5. Usaha Nasi Tumpeng Karakter

Jika usaha kue ulang tahun sudah terlalu umum, maka anda bisa menjadikan nasi tumpeng karakter sebagai ide usaha yang masih jarang tapi menguntungkan.

usaha yang jarang peminat

Mengapa harus nasi tumpeng karakter?

Karena kue ulang tahun sudah terlalu umum dan persaingannya juga cukup tinggi. Sementara nasi tumpeng yang menjadi alternatif lain dari kue ulang tahun kurang disukai oleh anak-anak karena bentuknya yang monoton.

Maka dari itu, perpaduan antara kue ulang tahun yang memiliki banyak karakter unik dengan nasi tumpeng yang lezat akan menghasilkan alternatif jualan baru yang unik, jarang pesaing, namun tetap laris di pasaran.

6. Usaha Homestay

Jika anda tinggal di daerah dekat pantai atau di daerah pariwisata, maka cobalah membuka usaha homestay sebagai ide usaha yang masih jarang tapi menguntungkan.

Homestay akan selalu diburu oleh turis lokal maupun mancanegara karena selain lebih murah daripada di hotel, juga lebih private karena hanya menampung beberapa orang terdekat mereka saja.

Apalagi kalau homestay tersebut berada di dekat laut dengan akses yang mudah.

Maka homestay ini bisa dikategorikan sebagai salah satu usaha yang jarang rugi.

7. Usaha Sewa Tenda

Usaha sewa tenda bisa menjadi ide usaha yang masih jarang tapi menguntungkan, khususnya di desa-desa berkembang.

Tenda sangat dibutuhkan untuk keperluan berbagai acara, seperti pernikahan, ulang tahun, rapat, acara-acara resmi, dan lain-lain.

Meskipun usaha sewa tenda ini termasuk usaha yang jarang peminat karena konsumennya tidak muncul setiap harinya, namun jangan dulu berkecil hati. Karena dengan branding dan strategi pemasaran yang baik, bisnis jarang pesaing satu ini cenderung akan sangat menguntungkan.

8. Usaha Jasa Editing Foto dan Video

Contoh usaha yang masing jarang tapi menguntungkan beriktunya adalah jasa editing foto dan video.

barang langka tapi dibutuhkan

Belakangan ini, jasa editing foto dan video memang cukup banyak dicari orang lantaran beberapa keperluan yang mengharuskan mereka untuk membuat editing foto atau video.

Misalnya seperti para Youtuber yang membutuhkan seorang yang bisa edit video mereka sebelum akhirnya diunggah ke channel Youtube agar lebih menarik dan memikat para penonton.

Belum lagi banyak masyarakat umum yang membutuhkan seorang yang bisa mengedit foto mereka agar membuatnya jadi lebih menarik.

Jadi, usaha jasa editing foto dan video, meskipun jarang ada, tapi akan selalu diminati.

9. Usaha Jasa Plumbing

Usaha yang masih jarang tapi menguntungkan yang terakhir adalah jasa plumbing.

Seseorang yang menyediakan jasa plumbing diharuskan menguasai segala macam yang berhubungan dengan perpipaan, seperti instalasi berbagai saluran air dan problem solving yang berkaitan dengan perpipaan.

Biasanya jasa seorang plumbing sangat jarang ada peminatnya di Indonesia karena profesinya kurang menentu. Tetapi jika saja anda bisa menekuninya dengan serius dan memberikan hasil kerja yang maksimal, percayalah usaha ini sangat menjanjikan dalam kurun waktu yang tidak terbatas.

Baca Juga:

Jadi, jika anda merasa sulit dalam bersaing dengan usaha-usaha mainstream yang ada, tidak ada salahnya mencoba bisnis yang masih jarang digeluti, tetapi tetap potensial dan menguntungkan.

Tinggalkan komentar